Minangkabau Adalah Yahudi Indonesia??

Hampir semua orang Minangel percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari dataran tinggi di Sumatera yang dipimpin oleh Raja Alexander Agung atau Izkandar Zulkarnain..

Menurut sejarah Kristen, raja tersebut hidup dari zaman 356 SM sampai 323 SM.

Dia juga dikenal sebagai Raja Alexander III dari Macedonia, seorang pemimpin militer yang paling berhasil sepanjang zaman dan dianggap tidak bisa dikalahkan dalam setiap pertempuran. Di zamannya, dia sudah menguasai kebanyakan daerah yang sudah dikenal.

Ayahnya adalah Philip II yang menyatukan kebanyakan kota di dataran utama Yunani dalam kepemerintahan Macedonian dalam sebuah Negara federasi yang disebut Persatuan Corinth (League of Corinth).

Raja Alexander menguasai daerah-daerah termasuk Anatolia, Syria, Phoenicia, Judea, Gaza, Mesir, Bactria, Mesopotamia (Irak), dan dia memperluas batas-batas imperiumnya sejauh Punjab, India.

Menurut AlQuran, Zulkarnain juga sempat mengunjungi China dan membantu membangun Tembok Besar China.
Alexander menyatukan banyak suku-suku asing ke dalam kesatuan tentaranya, yang akhirnya membuat para cendikiawan menganggap dia sebagai seorang Bapak Penyatuan. Dia juga mendorong pernikahan antara tentaranya dengan suku-suku asing tersebut, dan dia sendiri juga menikahi 2 putri dari suku-suku asing tersebut.

Daerah paling terpopuler yang pernah ia kuasai adalah Alexandria (Mesir) atau dalam bahasa arab Iskandariyah, dinamai sesuai namanya.

Al Quran menyebutkan Raja Alexander dalam beberapa ayat antara lain Al Kahfi 83-89.

Di antara tentaranya, ada beberapa suku Yahudi yang ikut yang dikenal sebagai B’nai Jacob (Anak dari Nabi Yakub).

Hari ini, para keturunannya menyebut diri mereka sebagai orang Minangkabau, yang didapat dari kata-kata generasi mereka sebelumnya “Bainang Ka Yakubu” atau aslinya B’nai Yakub (sesuai lidah generasi pertama).

Selama kunjungan Alexander ke Asia Timur, pernikahan besar-besaran antara tentara Alexander dan suku asli Asia timur terjadi sesuai perintah Alexander, karena China adalah tempat yang sangat damai untuk beristirahat, dan tentu saja, karena raja tidak membawa wanita di dalam tim tentaranya.

Dan hasilnya, pria dari suku Yahudi B’nai Yakub menikah dengan wanita-wanita dari suku di China dan membawa kebudayaan dari masing-masing adat.

Dari Cina, Raja melanjutkan berlayar ke Laut Cina Selatan dan memutari Selat Malaka menuju pantai barat Sumatera.

Beberapa keluarga percampuran Yahudi-China tersebut memutuskan untuk menetap, yang lain mengambil rute lain ke India dari jalur Nepal. Ketika mereka sampai di antara pulau Siberut dan dataran utama Sumatera mereka dapat melihat puncak Gunung Merapi.

Jika anda pergi naik speedboat dari Pelabuhan Ikan Padang, Muara dan pergi ke Pulau Siberut, sekitar 2 jam setelah meninggalkan pulau utama, dengan cuaca yang baik, anda akan bisa melihat Gunung Merapi nun jauh di sana. Kelihatan mistik. Sekitar 4 jam dengan boat dari Padang ke Pulau Siberut.

Merapi adalah sebutan sekarang, kata ini diturunkan dari kata “Marave”, bahasa Aram yang berarti “tempat yang paling tinggi” (ada lagu daerah yang terkenal yang diambil dari cerita kuno yang mengatakan “Sajak Gunuang Marapi sagadang talua itiak”, yang berarti “sejak Gunung Merapi sebesar telur itik”).

Bahasa Aram adalah bahasa ibu dari Bahasa Arab dan Ibrani. Bahasa ini dipercaya sebagai bahasa yang dipakai Nabi Ibrahim as dan tidak diragukan lagi juga dipakai Raja Alexander .

Di dekat Gunung Merapi, Raja menemukan tempat yang sesuai untuk mengakhiri perjalanan. Dia meminta tentaranya yang menikah untuk memulai membuat tempat yang lebih permanent.

Dalam istilah kuno orang Minang, kata yang berarti memulai untuk membuat tempat perlindungan adalah “taruko” yang ternyata berakar dari bahasa Aram “tarukh” atau “tarack” dalam bahasa Ibrani.

Alexander kemudian wafat di sana dengan damai dan dikuburkan di pemakaman mewah bernama Pariangan (Taman Pharaoh).

Hari ini, pengunjung dapat dengan mudah menemukan kuburan sepanjang 7 meter di sana dan itu diyakini sebagai tempat peristirahatan raja (saya pernah mengunjungi tempat itu tapi tidak memiliki kesempatan untuk secara tepat mengukurnya).

Salah satu istri Alexander, Boendo Kendon (bahasa Aram yang berarti isteri yang tercinta) melahirkan seorang anak satu-satunya yang bernama Than Kendon (bahasa Aram yang berarti Anak tercinta) atau sekarang lebih dikenal sebagai Dang Tuanku.

Sebelum wafat, Alexander mewariskan satu set peraturan yang disebut Tamvo Alam (bahasa Aram yang berarti Kitab Pengakuan) yang menjelaskan adat-adat untuk rakyatnya. Hari ini, orang Minangel masih bersandar kepada buku petunjuk tersebut untuk memecahkan masalah dan kompleksitas yang terjadi di komunitas mereka.

Kitab yang sekarang disebut “tambo” menyebutkan aturan-aturan tertentu yang sangat tegas.
Mengenai matrilinear yang juga sangat umum dipakai oleh bangsa Yahudi sekarang. Aturan matrilinear sekarang disebut sebagai Ad Tho’t, bahasa Aram untuk “kepatuhan” atau Adat.

Adat mengatur bahwa, seluruh barang termasuk harta warisan tidak terbatas hanya tanah saja, rumah dan sawah hanya boleh diberikan kepada wanita saja

Catatan:
Islam datag ke dataran Minangkabau kira-kira pada abad ke 13 dan mendapatkan tentangan keras dari Kaum Adat. Ketika Ajaran Wahabi datang, pada abad ke 18, sebuah kompromi terjadi antara agama dan adat Minangkabau dan dikenal sebagai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (adat bersendi Syariat Islam, Syariat Islam bersendi Al Quran)

Sistem matrilinear masih menyisakan jejak-jejaknya sampai sekarang. Bahkan Sheikh Minangkabauwi, seoran ulama kelahiran Sumatera Barat memutuskan untuk menetap dan menjadi Imam di Masjidil Haram di Mekkah ketimbang kembali ke kampung halamannya untuk menunjukkan ketidaksukaanya terhadap system yang dia sebut kafir.

Untuk menjaga dan menyakinkan Adat benar-benar menjadi pola-pola perilaku kaumnya, Raja Alexander menunjuk penasehatnya yang bernama Raphael (Perpatih) dari suku B’nai Yakub dan Tun Gong (Tumenggung) dari suku China.

Raphael memimpin dan menjaga kepentingan keluarga Carta (Koto) dan Phillip (Piliang) sedangkan Tun Gong memimpin keluarga Bong Ti (Bodi) dan Chan Yah Goh (Chaniago).

Setelah itu, semua keturunan Perpatih dan Tumenggung dianugrahi gelar “Datuk” yang berasal dari nama “Dan Tuanku” yang meninggal di usianya yang cukup muda.

Dilihat dari kesamaan dengan atribut bangsa Yahudi seperti aturan warisan berdasarkan matrilinear dan karakternya yang berbeda dengan rata-rata orang Indonesia kebanyakan, seorang dari suku Minangel tidak jarang diprediksikan sebagai “Bangsa Yahudi Indonesia”

Tapi sayang, kerabatnya di Israel mungkin tidak terlalu senang mendapat berita ini karena fakta menyebutkan bahwa semua orang Minangel adalah umat Muslim

>

Artikel ini aslinya bahasa Inggris dapat dilihat di

http://www.ziddu.com/download/3375466/minangkabauyahudi.txt.html

>>

Access from,

http://komunitasbloggerkuantansingingi.blogspot.com/2009/07/orang-minang-adalah-ketrunan-yahudi.html

Access date,

21 Oktober 2010.

29 thoughts on “Minangkabau Adalah Yahudi Indonesia??

  1. Minangkabau Hebrew Identical Words
    Kamus online kata-kata identik Ibrani – Minangkabau. Gratis!

    One of the world’s largest matriarchies that survives today, Minangkabau, is troubled with ancestral issues which ironically still remain a mystery. Previous findings on archeology and historical evidence are this far insufficient to solve such a big question mark. Some believe that by genealogy and culture Minangkabau roots from Persians while others believe that they came from Mediterranea…

    Go now:
    http://www.hebrew.surau.net

  2. Ikut komentar yah. Iskandar Dzulqarnain adalah seorang tokoh terhormat, raja yang bijak dan diridhoi oleh Allah swt, dan diabadikan kisahnya didalam Al Qur’an. Maka sangat tidak relevan jika tokoh tersebut dinisbatkan kepada Alexander dari Macedonia, karena Alexander tsb mempunyai prilaku menyimpang yaitu homo-seksual, maka tidaklah mungkin orang seperti itu sampai ditinggikan dalam Al-Qur’an. Adapun menurut beberapa pendapat, menyatakan bahwa tokoh Iskandar Dzulkarnaen lebih cocok bila dinisbatkan kepada pendiri kerajaan Persia, yaitu Koresh atau Cyrus Yang Agung. Hal ini didukung oleh perhitungan waktu zaman beliau hidup, luas kerajaan dan yang paling penting Raja Cyrus adalah raja budiman yang telah mempersatukan banyak bangsa. Dan itulah juga kenapa raja Cyrus mengutus putra bungsunya (Dapunta Hyang) untuk berlayar ke nusantara, demi persatuan dan dakwah. Salam

  3. Ntah dima dapek nyo artikel murahan ko de waang nan jaleh bana ko iyo ado kami ko katurunan cino atau dari barat apo ciri2 nyo,ntah ko waang bisa jd urang yahudi nyo.sesuai dngan apa yg di gambar kan di atas kalau memang benar kami suku minang kabau yahudi,berarti sebagian orang dari negeri sembilan dan negeri singa pun begitu…….????

  4. Barang siapa yang telah melakukan penghinaan yang tidak jelas duduk perkara nya dan tidak berdasarkan pada adsar yang jelas dan tunggulah ”azab Allah sangat pedih :”’ bisa jadi orang yang membuat hina orang lain tersebut lebih jelek dan rendah martabatnya dari binatang seperti anjing (tidak punya otak,,hanya bisa mengigit orang,,,tapi dirinya dia tidak tau)

    • Maaf, pak Alhazar …

      sebenarnya, ini hanya masalah perbedaan sudut pandang.

      artikel atau ide yg menyatakan bhw minangel adl keturunan yahudi, berangkat DARI KEBANGGAAN, bukan PENGHINAAN.

      org2 / pihak2 yg menyatakan bhw minangel itu SEKETURUNAN dg bangsa yahudi, mendasarkan teori mereka dari fakta bhw ORANG MINANGEL ADL SUKU UNGGUL, setidaknya terunggul di indonesia.

      coba kita telaah betapa unggulnya org2 minangel di indonesia, juga di dunia ini. pastinya jadi ada pertanyaan, mengapa org2 suku minangel itu HEBAT2???

      mari kita bandingkan dg suku batak. org2 batak INGIN SEKALI DIANGGAP SBG SUKU ISRAEL. mengapa? krn israel diidentikkan dg bangsa jenius.

      terlalu cepat kalo kita mengasosiasikan artikel ini dg PEGHINAAN atas dasar background bhw israel Adl BANGSA PENJAJAH DAN TERKUTUK BERDASARKAN ALQURAN. hal itu memang benar. tapi titik berat dari keseluruhan ide ini adl BETAPA ISRAEL ADL BANGSA UNGGUL.

      kalo bangsa batak dan bangsa2 lain di dunia ini MINTA DIAKUI sbg pecahan bangsa israel (krn kehebatan dan keunggulannya), lantas mengapa artikel ini terdengar bagaikan penghinaan kepada suku minangel?

      terima kasih anda sudah berpartisipasi.

  5. Apakah pernah ada test DNA dan membandingkannya dengan bangsa Israel?

    Kemudian apakah budaya matrilineal ada di jaman Alexander?

    Memang kuburnya di Alexandria, Mesir tidak ada jenasahnya. Mungkin dipindahkan. Bagaimana dengan catatan sejarahnya?

    Kemungkinan itu ada, tapi mengenai sampai ke Cina? Di kota mana? Mengingat sekitar tahun 300 SM adalah jaman tiga negara, perang sedang berlangsung di mana2. Kalau sampai ke sana dan ada kemungkinan ingin menguasai Cina, kenapa tidak ada catatan sejarahnya? Akhirnya tahun 200 SM Cina disatukan oleh Qin Shi Huangdi.

  6. judul artikel anda sngat rasis broo… minang kabau adalah yahudinya indonesia…. mungkinkah kami bangga di katakan yahudi indonesia???????? gila

  7. ini memang blog orang SAKIT JIWA dan TIDAK JELAS tukang ADU DOMBA kemaren merekayasa sejarah minangkabau sehingga berbenturan dengan sumtra selatan skrang BERETORIKA menyudutkan orang MINANG hai saudara2 dari minangkabau awak oaralu agiah pelajran urang co iko meraso paling pandai surang HATI HATI JO mode PENGHIANAT CO IKO

  8. The Minangel komen kau di sini pakai bahasa MINANG kalau kau betul2 pandai berbahasa minang kalau kau tidak bisa bahasa minang tidak USAH KAU mengaku2 sok tau tentang MINANGKABAU jaan bantuak baruak boru dapek mainan DASAR BANGANG!!!
    ———–

    Minangel – mengapa saya harus berkomen dalam bahasa minang? blog ini saya sampaikan dalam bahasa indonesia supaya dapat dimengerti oleh seluruh orang indonesia.

    terima kasih.

  9. waang mangecek an maslah urang awak bantuak lah mangarati bana ko waang urang awak patuik lah waang mangecek minang nak jaleh lo jo urang awak di siko

  10. ORANG PADANG NGAKU NGAKU KETURUNAN ALEXANDER THE GREAT KING OF MACEDONIA MANA PERNAH ORANG YUNANI MENGATAKAN ITU. TAPI SUMSEL DUTA BESAR YUNANI SENDIRI YANG MENGATAKAN SUMSEL BERSAUDARA DENGAN YUNANI PADA WAKTU BERKUNJUNG KEPAGAR ALAM. DAN ITU DITINDAK LANJUTI SAMPAI KE RAJA YUNANI DAN KETURUNAN SULTAN Palembang DS.
    itu berdasarkan tes DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban yunani.
    begitu juga dengan korea. orang korea sendiri yang melakukan penelitian oleh para ahli dari korea mengatakan nenek moyang korea berasal dari sumsel berdasarkan DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban korea. raja raja korea, presiden- peresiden korea KIM- JUNG- IL adalah keturunan sumsel.
    seluruh peradaban dunia ada disumsel
    ini buktinya.

    1. DIWILAYAH INI BANYAK DITEMUKAN PERADABAN DARI SELURUH DUNIA, MULAI DARI PERADABAN/ARCA PERADABAN KERAJAAN ROMAWI DAN YUNANI KUNO/ EROPA, CINA/ ASIA TIMUR, TIMUR TENGAH, INDIA, AFRIKA, BAHKAN PERADABAN ARCA ARCA INCA DAN MAYA DIBENUA AMERIKA DITEMUKAN DI PAGAR ALAM SUMSEL DAN WILAYAH WILAYAH RUMPUN PASEMAH LAINNYA.
    ORANG ORANG PASEMAH ADALAH ORANG ORANG JEME DUCUNG, JEME NUK, JEME REBIKE, JEME SEBAKAS,

    SUMSEL Kota Internasional Purba di Nusantara

    Kota Internasional Purbakala…

    Di wilayah sekitar Gunung Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai daerah Besemah, ditemukan berbagai benda arkeologi.

    Dari temuan-temuan arkeologis menunjukkan wilayah ini, ribuan tahun yang silam telah didiami manusia dari berbagai ras di dunia.

    Temuan-temuan itu, antara lain :

    1. Pada seni pahat Besemah muncul gejalah pengaruh budaya Eropa (yunani) seperti dalam pahatan (goresan)di situs megalitik Tegurwangi Lame terdapat figur tokoh-tokoh yang di gambarkan dengan tutup kepala yang berumbai-rumbai dan hiasan dalam bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai perlengkapan pakaian serdadu Romawi.

    2. Pada arca –arca megalit Besemah di Pulaupagung (Sekendal ),Tajungsiri, Muaradue gumay ulu, dan lain- lain tertdapat pahatan yang menggambarkan pakaian ponco yang di gunakan oleh suku-suku bangsa di Amerika.Sementara pada bagian kaki, ada pahatan–pahatan yang menggambarkan penutup kaki yang oleh R.P Soejono dikatakan kaos kaki

    3. Arca-arca megalitik di Besemah banyak yang digambarkan mengenakan pelengkap pakaian, seperti adanya pahatan nekara perunggu, belati atau pedang. Pahatan ini menggambarkan alat-alat kelengkapan hidup yang pada awalnya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di daerah Dong-son, Vietnam (Soejono, 1982-1983;Gildern, 1945).

    4. Adanya pengaruh luar khususnya dari segi bentuk tubuh (fisik) arca-arca megalitik, yang seolah-olah menggambarkan bentuk prototif orang Negro, dengan ciri-ciri hidung pesek dan bibir tebal. Dalam temuan terakhir di situs Kute-ghaye, ada arca yang dipahatkan berambut keriting yang digambarkan dengan bentuk melingkar.

    Selain itu, dalam masyarakat Besemah ada tentang keberadaan berbagai ras, yang pernah mendiami wilayah itu, yang diyakini sebagai leluhur mereka, yaitu :

    Jeme Kam-kam, jeme Nik dan jeme Nuk, jeme Ducung, jeme Aking,dan jeme Rebakau, jeme Sebakas ; jeme Rejang dan jeme Berige.

    Dengan ciri secara fisik :

    1. Jeme Nik dan jeme Nuk memiliki badan yang tinggi besar, hidung
    mancung, dan kulit putih kemerahan rambut pirang ( orang eropa dan orang benua Amerika)

    2. Jeme Ducung perawakan tubuknya kecil, pendek tetapi memiliki kelincahan. ( orng aborigin/ australia)

    3. Jeme Aking juga tinggi besar, kekar, kulitnya merah keputihan, dan memiliki pendirian yang keras. (timur tengah/ arab, persia, turki)

    4. Jeme Rebakau berperawakan sedang ( asia/ cina, taiwan, jepang dan korea)

    5. Jeme Sebakas postur tubuhnya seperti orang-orang Melayu sekarang. Demikian pula jeme Rejang dan jeme Berige tidak jauh beda dengan jeme Sebakas. ( asia tenggara)
    6. jeme keling ciri perawakan itam rambut keriting (tamil dan negro)
    banyak sekali orang pasemah yang seperti bulek/ eropa / belanda inggris portogis dll itu bukan kareana mereka ketturunan belanda/ eropa lainnya tapi asli orang sumsel dari keturunan jeme nik dan jeme nuk, yang puluhan ribu tahun Sebelum Masehi sudah menempati wilayah rumpun pasemah sumsel
    KALAU TEORI BENUA HILANG ATLANTIS ITU ADA DAN PERADABAN DUNIA BERASAL DARI ATLANTIS SEMUA MAKA SUMSEL LAH TEMPATNYA.

  11. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    isi teks dari komen hanyalah pengulangan (copy-pase) dari apa yg telah disampaikan pada thread https://minangel.wordpress.com/2013/05/28/borobudur-adalah-warisan-minangkabau/ — yg mana itu pun penuh dg kata2 kasar dan sumpah serapah.

    karena teks ini hanya berupa pengulangan (itu pun sangat panjang – 23 halaman di ms-word) maka saya menganggap komen ini hanyalah TEBARAN SAMPAH dari orang stress ….. yg ditebarkan di pekarangan orang – perbuatan yg sangat tidak terpuji, tentunya.

    mohon maaf atas deletion ini.

  12. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    isi teks dari komen hanyalah pengulangan (copy-pase) dari apa yg telah disampaikan pada thread https://minangel.wordpress.com/2013/05/28/borobudur-adalah-warisan-minangkabau/ — yg mana itu pun penuh dg kata2 kasar dan sumpah serapah.

    karena teks ini hanya berupa pengulangan (itu pun sangat panjang – 23 halaman di ms-word) maka saya menganggap komen ini hanyalah TEBARAN SAMPAH dari orang stress ….. yg ditebarkan di pekarangan orang – perbuatan yg sangat tidak terpuji, tentunya.

    mohon maaf atas deletion ini.

  13. Fakta urang minang keturunan yahudi.
    *Minang kabau berlambang kerbau hewan yg bertanduk (dlm yahudi mereka memuja setan yg bertanduk) yg didasarkan sebuah filosofi hidup seekor kerbau hewan yg tdk pernah tersesat di hutan belantara (artinya org minang akan hidup dimana saja) dan kerbau bermanfaat dari segi tenaga dan fisik nya.
    *Orang minang lah suku di Indonesia yg mengenal sistem paceklik ini fakta terlihat dari rumah gadang yg mempunyai rangkiang sebagai tempat penyimpanan beras dan arti nya suku minang sgt pandai dlm perhitungan. hanya yahudi yg mengenal sistem paceklik dari dahulu nya.

    *Sistem kekerabatan matrilinial yg digunakan orang minang adalah sebuah sistem yg ada di Indonesia (minang), Negeri sembilan, dan afrika ‘lupa ane nama kota nya’. sistem ini juga dianut oleh yahudi.

    *Orang minang mempunyai pemikiran yg cerdas, sama dgn yahudi di dlm al-qur’an juga d jelaskan bangsa yahudi diberkati allah dgn kejeniusan maka dari itu mereka tdk akan terkalahkan sampai akir jaman.

    Tapi semua tadi memang banyak ditemukan segelintir kesamaan, setelah mengenal islam, minang sangat percaya dgn islam karena semua pemikirannya ada tersusun rapi dalam al-qur’an seperti semboyan “alam takambang jadi guru”. allah juga menuntun manusia belajar dari alam. Dan keislaman suku minang terlihat bahwa fakta orang minang tdk atheis seperti yahudi tapi berdasar dari islam dgn keturunan islam sampai saat ini.

    Dan untuk statement yg menyatakan dapunta hyang (atau sia-lah namo paja tu) dari besemah penggagas sriwijaya yg berkuasa hingga ke afrika, itu bohong. Fakta di madagaskar itu menganut matrilineal, dan mereka mengenal bahasa melayu dan sayang nya palembang bukan penganut matrilineal.

    So untuak dunsanak ambo sasamo minang indak usah takuik, yg pantiang tuhan kito allah pegangan kito al-quran, jadi indak usah rusuah kalo kita disamakan dgn yahudi karena kecerdasan anugrah dari tuhan; tinggal kita belajarlah bersyukur.
    Wasalam

  14. Anggap se HOAX, suatu metode dalam mengadu domba hampir dapat ditemukan di seluruh dunia, yang berasal dari orang2 yang tidak eksis dalam sistem pemerintahan formal, banyak teori yang digulirkan dan kembali kita ke sisi ADAM adalah cikal bakal anak manusia sampai sekarang, dan yang paling mulia adalah yang paling bertaqwa. Nah, marilah kita tidur menyambut mimpi esok hari yang cerah.

  15. MIANANGKABAW ITU BERASAL DARI MELAYU RIAU. GAK ADA MINANGKABAW YANG ADA MELAYU RIAU DARI RIAU MASUK KEPEDALAMAN SUMATERA BARAT.
    SEDANGKAN RAJA RAJA MELAYU BERDASARKAN PAKTA SEJARAH PUSAKA TANA MELAYU BERASAL DARI PALEMBANG SUMSEL

  16. NAMA RIAU ITU BARU TAPI ORANG RIAU MENYEBUT DIRINYA ORANG MELAYU TITIK. SEDANGKAN MELAYU SUDAH LAMA ADA. RIAU ADALAH MELAYU BUKAN MELAYU MINANG. SEDANGKAN ORANG MINANG MENYEBUT DIRINYA ADALAH MELAYU MINANG. ARTINYA MINANG ITU MELAYU DAN MELAYU BUKAN MINANG.
    KARENA NENEK MOYANG MELAYU ITU KERIAU DULU BARU KEMINANG, JADI YANG ADA MELAYU.

    MINANG DAN RIAU ITU ADALAH ISTILAH BARU. YANG ADA MELAYU BUKAN MINANG.

    • Pd dasar nya org indonesia kecuali papua adlh keturunan melayu, asal muasal nya dari dataran asia selatan, sebagian sumatra bgn barat juga ada intervensi dari india, arab dan persia, shg org aceh ada yg mirip india, arab dan org mandahiling tapsel banyak yg mirip persia. Begitu juga org minang yg di sebelah bukit barisan kebanyakan dari melayu dan mrk masuk ke minang melalui sungai2 kampar, indragiri dan masuk ke minang melalui batang sinamar, krn zaman dulu tdk ada jln darat, yg ada hanya jln melalui sungai. Sementara riau itu baru di buka dlm 2 abad belakangan ini krn zaman dulu kehidupan org2 melayu hanya di pinggir2 sungai. Sementara daratan riau sekarang di kembangkan oleh perantau2 dari barat sumatra yaitu minang dan setelah kemerdekaan di kembangkan oleh org jawa yg di transmigrasi ke riau.

  17. saya tdk permasalahkan apabila memang ada secara keterkaitan genealogis saya sbgai keturunan minang dgn bani yakub/yisrail, krn saya sendiri pun puya keyakinan keterkaitan genealogis dgn 3 kakek kita ham, shem dan jafeth merujuk beberapa teori kajian genealogy, tp yg menjadi concern saya dalam hal ini adalah usaha mengkaburkan fakta tentang dhulqarnayn dgn alexander dari macedonia yg merupakan kekeliruan, setidaknya dari sisi personal dan latar waktunya….ada byk sekali kesamaan legenda tentang pria/raja agung yg saleh ini dalam berbagai tradisi, dari tradisi aram sampai ke persia….yg dirujuk bangsa minang adalah dhulqarnayn yg dikisahkan dalam surah al kahf, jgn lah terjebak dgn penamaan iskandar zulkarnain dgn dhulqarnyn (diyakini pula dhulqarnayn hanyalah sebuah gelar dari raja agung ini). iskandar zulkarnain adalah nama lain alexander dari macedonia dlm kisah romance of alexander yg coba disamakan dgn kisah legenda dhulqarnyn…..coba dikaji surah al kahf setidaknya dari kisah dlm surat itu tetnang dhulqarnyn adakah kesamaan fatka dgn alexander III dari macedonia?
    siapapun kita tetap berasal dari 3 kakek ham shem jafeth dari nuh dari idris dari sis dari Adam AS, mengenai keunggulan, potensi serta kualitas hidu[ berbail lg pd usaha serta amalan selama di dunia
    salam

  18. Org minang memang lgh hebat..dri otak n kelicikan_@ aja dgh kelihatan…injit2 semut siapa sakit naik keatas..tu pepatah minang eank setau aq aja..
    Klu benar org minang adalgh keturunan dri israel tu aq trima..karena israel moyang_@ nabi yakub..nabi yakub tupun kn dri adam jg asal usul_@..qta trima semua tu..berarti eank tertulis dalam alquran..israel akan dikalahan dgn tentara2 dri timur..eank mengalahkan dia itu ea drah dia sendiri jg..israel bakaln kalah ditumpas dgn muslim2 orng minang..atas pertolongan allah swt..merdeka minang…..

  19. Ougkhhh ea maaf tu blog_@ salah…bkn minangel adalah yahudi indonesia..tpi minangel boombardir indoneisia…alat kuasa indonesia..klu mo buat blog..buat minangel asal usul dri israel..gkpp jg tu..ato asal usul minangel dri raja trkuat didunia..agkh gkpp jg tu.🙂

  20. Boleh percaya boleh tidak…tak perlu risau…israili or ismaili asal dr adam sorang…kerana abraham punya 2 istri hagar n sarai…ape beda???manusia dinilai dr ketaqwaan…bukan dari mashab…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s