Rumah Bagonjong Yang Mendunia

Rumah Gadang Nan Sambilan Ruang ….

Rumahgadang, rumah adat masyarakat Minangel, biasanya hanya ditemui di propinsi Sumatra Barat. Kalau rumah bagonjong ini ditemui di luar Sumatra Barat, pastilah rumah itu adalah milik orang Minangel, atau pastilah itu rumah makan padang, yang memang tersebar di seluruh NKRI ini.

Apakah ada rumah bagonjong ini yang dapat ditemui di luar negeri, dan bukan dimiliki oleh orang Minangel??

Cobalah anda search di google dengan kata kunci ‘minang snow’ misalnya, pasti anda akan menemui bahwa ada masyarakat Barat yang ternyata menyukai gaya / design rumah bagonjong ini dan membangun rumah bagonjong ini di tempat kelahiran mereka.

Berikut adalah gambar-gambar yang melukiskan bahwa rumah bagonjong ini SUDAH GO INTERNASIONAL alias sudah mempunyai banyak penggemar.

Ternyata bukan orang Minangel saja yang jatuh hati kepada rumah gonjong ini. Masyarakat Barat pun ternyata juga amat menyukai rumah dengan design yang paling unik di dunia ini.

.

.

.

.

.

.

Gambar-gambar di atas melukiskan bahwa rumah gadang ditemui di Negeri Belanda, dan rumah-rumah gadang itu dimiliki oleh orang Belanda sendiri, bukan milik orang Minangel yang menetap di sana. Dengan begitu kita memahami bahwa orang Belanda menyukai design rumah bagonjong ini.

Dari paparan di atas, kita dapat ambil pemahaman bahwa orang Belanda ternyata suka dengan design rumah gadang milik orang Minangel ini. Ternyata rasa cinta dan takjubnya semua orang Minangel atas rumahgadang bukanlah karena  rumahgadang itu adalah rumah leluhur mereka (orang Minangel), namun karena  ternyata rumah gadang memanglah indah dan megah. Itulah yang membuat orang Belanda / orang luar  negeri menyukai rumah-gadang ini. Terdapatnya rumah bagonjong ini di Negeri Belanda adalah bukti kuat bahwa banyak orang luar Negeri yang suka dengan rumah bagonjong ini.

Kemudian tentunya kita bertanya-tanya. Kalau lah memang benar bahwa  rumahgadang itu indah dan megah, maka mengapa hanya orang Belanda saja yang menyukai design rumahgadang ini sehingga mereka membangunnya di tanah mereka sendiri?

Jawabannya mudah.

Kalau saja orang Perancis, orang Inggris, orang Amerika, orang Canada, dan lain lain banyak yang menetap di Indonesia atau Ranah Minangel secara turun-temurun seperti halnya warga Belanda (pada masa colonial), maka pastilah semua bangsa-bangsa itu juga ‘jatuhcinta’ kepada design rumahgadang ini, dan membangun rumah dengan design tersebut di kampung halaman mereka. Faktanya hanya orang Belanda sajalah yang banyak menetap di Indonesia atau Ranah Minangel ini. Maka akibatnya adalah bahwa hanya orang Belanda sajalah yang jatuh hati kepada design rumahgadang ini.

Logikanya, kalau orang Belanda yang jelas-jelas bule ini menyukai design rumahgadang ini, maka mengapa bangsa bule lain tidak?

5 thoughts on “Rumah Bagonjong Yang Mendunia

  1. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    isi teks dari komen hanyalah pengulangan (copy-pase) dari apa yg telah disampaikan pada thread https://minangel.wordpress.com/2013/05/28/borobudur-adalah-warisan-minangkabau/ — yg mana itu pun penuh dg kata2 kasar dan sumpah serapah.

    karena teks ini hanya berupa pengulangan (itu pun sangat panjang – 23 halaman di ms-word) maka saya menganggap komen ini hanyalah TEBARAN SAMPAH dari orang stress ….. yg ditebarkan di pekarangan orang – perbuatan yg sangat tidak terpuji, tentunya.

    mohon maaf atas deletion ini.

  2. Maaf, kenapa penyebutan Minang jadi “Minangel”?
    /////////////////////////////

    Minangel ~ ini beberapa point untuk hal tsb:

    1. Untuk unik-isasi merk website saya; trademark saya.
    2. Kata MINANG cukup sulit untuk diistilahkan. Sebagai perbandingan, SUNDA menjadi SUNDANESE, JAWA menjadi JAVANESE, BALI menjadi BALINESE. Bagaimana dengan Minang? Apakah menjadi MINAGESE? Minangese dibaca menjadi Minangis. Terlebih kata MINANGKABAU, apakah akan menjadi MINANGKABAUESE (jadi dibaca ‘Minangkabawis’). Tentunya jadi terdengar tidak sedap. Kemudian ditemukan kata MINANGEL. Saya rasa jadi cukup ‘bergaya’.
    3. Kata MINANGEL bisa dikatakan mengambil analogi ISRAEL, di mana kata ISRA (‘berjalan di malam hari’) diberi akhiran EL. Kalau SUNDA menjadi SUNDANESE, maka ISRAEL menjadi ISRAELI (orang Israel). Maka mungkin kelak MINANGEL bisa juga menjadi MINANGELI yang berarti orang Minang atau kebudayaan Minang (kata sifat / adj). Saya sangat antusias sekali dengan adanya artikel yang membahas bahwa kemungkinan persukuan Minangkabau masih mempunyai hubungan darah dengan Nabi Yakub (leluhur Israel).
    4. Kata MINANGEL mengandung kata ANGEL yang berarti MALAIKAT. Mudah2an kata MINANGEL ini juga berarti bahwa persukuan Minangel diramaikan oleh para Malaikat Allah Swt, amin.
    5. Terakhir, nama MINANGEL semoga memenuhi genre berbahasa Barat / Inggris, alias Baratisasi, dibanding kata ‘Minang people’ atau ‘Minang-man’ yang terkesan kaku.

    terima kasih sudah berkunjung.

    • Oh, but make sure people know about that too.
      Takutnya kata “minangel” dianggap memang sebutan baku untuk minang, apalagi oleh orang yang nggak tau sama sekali tentang minang🙂
      Bisa jadi, nanti2 ada anak sekolah/kuliah yang membuat tugas tentang Minangkabau, dan bersumber kesini… lalu ditulis “minangel” di laporan dia. *hehe

      Nice blog anw..
      Boleh tau artikel tentang Minangkabau masih punya hubungan darah dengan israel?
      Terima kasih🙂
      ////////////////

      Minangel ~ silahkan baca di sini,

      https://minangel.wordpress.com/2010/10/21/minangkabau-adalah-yahudi-indonesia/

      terima kasih.

  3. Assalmualaikum buk.
    Kami dari sanggar ukiran tigo sapilin..ingin menawarkan ukiran minangkabau kepada ibu/bapak..contoh motif ukiran bisa ibu lihat di facebook kami..sekiranya ibu berminat. Bisa hubungi kami ke 082388967428
    Termakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s