Tuanku Rao

 

“Sepak terjang Harimau Nan Salapan juga dikenal di Daerah Tapanuli Selatan. Masyarakat Tapsel yang pada masa itu mayoritas masih menganut Pagan (semacam animisme), berhasil diislamkan oleh Pongkinangolngolan Sinambela yang bergelar Tuanku Rao, Hamonangan Harahap bergelar Tuanku Tambusai, Mansur Marpaung bergelar Tuanku Asahan, Jatenggar Siregar bergelar Tuanku Ali Sakti dan sejumlah pemuda lain yang belajar agama Islam dan taktik perang kepada Tuangku Nan Renceh di Kamang, Luhak Agam, Minangkabau. ”

Disebut sebagai Harimau Nan Salapan karena jumlah anggotanya delapan orang, yaitu :

(1) – Tuangku Nan Renceh,

(2) – Tuangku Kubu Sanang,

(3) – Tuangku Ladang Laweh,

(4) – Tuangku Padang Lua,

(5) – Tuangku Galuang,

(6) – Tuangku Koto Ambalau,

(7) – Tuangku Pamansingan

(8) – dan Tuangku Haji Miskin.

Menurut DP Asral, seorang pengamat sejarah Minangkabau asal Bukittinggi, gelar tuangku mereka sandang bukan semata karena mereka paham dan mengerti serta mengamalkan ajaran Islam dengan baik. Tetapi lebih disebabkan mereka berani berjuang memimpin pasukan menyerang kaum penjajah. Artinya merekalah orang-orang terkemuka, atau disebut saja sarjana masa itu.

Onggang Parlindungan berkata dalam buku Tuangku Rao, Harimau Nan Salapan, juga dikenal sebagai Presedium Negara Darul Islam Minangkabau pada masanya. Tuangku Nan Renceh mereka tunjuk sebagai Ketua Presedium. Cita-cita Nan Renceh sangat besar. Dia ingin membebaskan Tanah Jawi (Nusantara) ini dari kegelapan Islam dan cengkraman penjajah.

Sebagai langkah awal, Kelompok Delapan ini membuka selimut hitam yang mengatapi Minangkabau. Masyarakat Minang yang pada masa itu terlena dengan kebiasaan bersuka ria, menikmati hidup dengan keramaian judi dan sabung ayam, menjadi sasaran utama untuk dibersihkan.

Sejarah mencatat, usaha pembersihan ini tidak semudah membalik telapak tangan. Sebab, kaum adat yang suka menikmati hidup duniawi, merasa kesenangannya terusik. Karena itu mereka pun mengadakan perlawanan terhadap gerakan kaum putih yang dipimpin Nan Renceh. Berkat ketegasan dan kematangan rencana dari kaum putih ini pula, akhirnya Ranah Minang bisa juga dikuasai kaum ulama.

Selanjutnya, perjuangan Harimau Nan Salapan menghasilkan perdamaian antara kaum adat dan kaum agama di Minangkabau pada tahun 1834. Perdamaian ini pula yang dikenal sebagai Kesepakatan Bukit Marapalam yang membuahkan istilah ABS-SBK (Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabbullah).

Tuangku Nan Renceh sendiri tidak hadir dalam upaya perdamaian ini karena dia gugur dalam pertempuran melawan Belanda di Bukittinggi, 1826.

Sepak terjang Harimau Nan Salapan juga dikenal di Daerah Tapanuli Selatan. Masyarakat Tapsel yang pada masa itu mayoritas masih menganut Pagan (semacam animisme), berhasil diislamkan oleh Pongkinangolngolan Sinambela yang bergelar Tuanku Rao, Hamonangan Harahap bergelar Tuanku Tambusai, Mansur Marpaung bergelar Tuanku Asahan, Jatenggar Siregar bergelar Tuanku Ali Sakti dan sejumlah pemuda lain yang belajar agama Islam dan taktik perang kepada Tuangku Nan Renceh di Kamang, Luhak Agam, Minangkabau.

Jika dicermati, apa yang dilakukan Tuangku Nan Renceh selama perjuangannya, sebagaimana sejarah juga mencatat, tentulah tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Trio Haji yang pulang dari Mekah di akhir abad ke 18. Mereka adalah Haji Piobang, Haji Sumanik dan Haji Miskin. Ketiga orang ini memiliki keahlian masing-masing dalam menanamkan paham Wahabi di Ranah Minang.

Beberapa catatan menyebutkan, Piobang adalah seorang lulusan Universitas Al-Azhar yang sempat menjadi tentara Mesir kemudian bergabung dengan tentara Turki melawan Napoleon. Terakhir Piobang berpangkat kolonel. Haji Sumanik berpanglat mayor, dia kawan Piobang di Al-Azhar yang juga ikut melawan tentara Napoleon. Sedangkan Haji Miskin merupakan seorang berpengetahuan luas tentang Islam, lama mengambara di Jazirah Arab.

Trio Haji inilah yang sejak kepulangan mereka ke kampung halaman, mendampingi Nan Renceh dalam berjuang menegakkan syariat Islam di Ranah Minang. Mereka pula yang membina angkatan perang, serta meletakkan fondasi perjuangan melawan kaum penjajah.

Tentara paderi bentukan Haji Piobang, bukannya tentara kampungan. Tetapi sudah terstruktur rapi hingga ke desa (nagari-nagari). Kepala Nagari merupakan komandan tentara di pedesaan.

Beberapa litelatur mencatat, dalam menegakkan syariat Islam di Minangkabau masa itu, masing-masing Tuangku di daerah kekuasaannya menerapkan sistem lihat batu tapakan (batu yang menjadi injakan terakhir ketika naik ke atas rumah).

Bila dalam pemeriksaan di pagi hari batu ini tidak basah oleh air wuduk shalat subuh, maka orang yang ada di atas rumah itu dianggap tidak Islam. Eksekusi pun dijalankan di tempat. Hukumannya beragam, mulai dari cambukan sampai hukum pancung.

Untuk daerah Luhak Tanah Data, masa itu dikenal ketegasan Taungku Lintau (atau disebut juga Tuangku Alim Tahu). Beliau ini terkenal dengan parajuritnya yang sangat aktif memeriksa batu tapakan setiap pagi di setiap rumah-rumah penduduk. Derap langkah kaki kuda prajurit ini sangat di takuti oleh orang-orang pelanggar syariat agama.

Tapi, semua ini adalah cerita masa lalu. Kini hanya tinggal kenangan. Soal basah atau tidaknya batu tapakan di rumah-rumah penduduk menjelang sembahyang subuh, tidak ada lagi yang akan memeriksa dan mengingatkannya, keculai diri mereka masing-masing.

*A.S. Patimarajo

Sumber Lain: Mangaradja Onggang Parlindungan Siregar, “Pongkinangolngolan Sinambela gelar Tuanku Rao, Terror Agama Islam Mazhab Hambali di Tanah Batak”, Penerbit Tanjung Pengharapan, Jakarta, 1964.

Pongkinagolngolan lahir dari keluarga Dinasti SM Raja. Akibat konflik keluarga dan ganasnya kehidupan animisme saat itu, membuatnya menjadi korban, terdampar sebagai yatim piatu dan menjadi pengembara di berbagai daerah.

Ibu dari Pongkinangolngolan adalah Gana Sinambela, putri dari Singamangaraja IX sedangkan ayahnya adalah Pangeran Gindoporang Sinambela adik dari Singamangaraja IX. Gindoporang dan Singamangaraja IX adalah putra-putra Singamangaraja VIII. Dengan demikian, Pongkinangolngolan adalah anak hasil hubungan gelap antara Putri Gana Sinambela dengan Pamannya, Pangeran Gindoporang Sinambela.

Gana Sinambela sendiri adalah kakak dari Singamangaraja X. Walaupun terlahir sebagai anak di luar nikah, Singamangaraja X sangat mengasihi dan memanjakan keponakannya. Untuk memberikan nama marga, tidak mungkin diberikan marga Sinambela, karena ibunya bermarga Sinambela. Namun nama marga sangat penting bagi orang Batak, sehingga Singamangaraja X mencari jalan keluar untuk masalah ini. Singamangaraja X mempunyai adik perempuan lain, Putri Sere Sinambela, yang menikah dengan Jongga Simorangkir, seorang hulubalang. Dalam suatu upacara adat, secara pro forma Pongkinangolngolan “dijual” kepada Jongga Simorangkir, dan Pongkinangolngolan kini bermarga Simorangkir.

Namun kelahiran di luar nikah ini diketahui oleh 3 orang Datu (tokoh spiritual) yang dipimpin oleh Datu Amantagor Manurung. Mereka meramalkan, bahwa Pongkinangolngolan suatu hari akan membunuh pamannya, Singamangaraja X. Oleh karena itu, Pongkinangolngolan harus dibunuh.

Sesuai hukum adat, Singamangaraja X terpaksa menjatuhkan hukuman mati atas keponakan yang disayanginya. Namun dia memutuskan, bahwa Pongkinangolngolan tidak dipancung kepalanya, melainkan akan ditenggelamkan di Danau Toba. Dia diikat pada sebatang kayu dan badannya dibebani dengan batu-batu supaya tenggelam.

Di tepi Danau Toba, Singamangaraja X pura-pura melakukan pemeriksaan terakhir, namun dengan menggunakan keris pusaka Gajah Dompak ia melonggarkan tali yang mengikat Pongkinangolngolan, sambil menyelipkan satu kantong kulit berisi mata uang perak ke balik pakaian Pongkinangolngola. Perbuatan ini tidak diketahui oleh para Datu, karena selain tertutup tubuhnya, juga tertutup tubuh Putri Gana Sinambela yang memeluk dan menangisi putra kesayangannya.

Tubuh Pongkonangolngolan yang terikat kayu dibawa dengan rakit ke tengah Danau dan kemudian di buang ke air. Setelah berhasil melepaskan batu-batu dari tubuhnya, dengan berpegangan pada kayu Pongkinangolngolan berhasil mencapai sungai Asahan, di mana kemudian di dekat Narumonda, ia ditolong oleh seorang nelayan, Lintong Marpaung.

Setelah bertahun-tahun berada di daerah Angkola dan Sipirok, Pongkinangolngolan memutuskan untuk pergi ke Minangkabau, karena selalu kuatir suatu hari akan dikenali sebagai orang yang telah dijatuhi hukuman mati oleh Raja Batak.

Access from,
iswank [dot]multiply [dot] com/journal/item/29/Tuanku_Rao
Access date, 23 mar 2011

6 thoughts on “Tuanku Rao

  1. Dikatan: “Sepak terjang Harimau Nan Salapan juga dikenal di Daerah Tapanuli Selatan … ”

    Ini SALAH. Ini adalah Presidium. Karena Tuanku Nan Renceh sendiri menolak hereditary ruler.

    Dikatakan: ” … Tuanku Rao, Hamonangan Harahap bergelar Tuanku Tambusai, Mansur Marpaung bergelar Tuanku Asahan, Jatenggar Siregar bergelar Tuanku Ali Sakti dan sejumlah pemuda lain yang belajar agama Islam dan taktik perang kepada Tuangku Nan Renceh di Kamang, Luhak Agam, Minangkabau. “

    Ini SALAH. Komandan Akademi Militer itu adalah Kolonel Piobang.

  2. ini memang blog ANAK TK YG SOK TAU MENTANG2 DUNIA MAYA DIA PIKIR BSIA SEENAKNYA BERCELOTEH BAGAI ORANG GILA DI PINGGIR JALAN TAPI DASAR ORANG BEBAL DAN TAK TAU MALU TETAP SAJA MENCOBA MENJUNGKIR BALIKKAN FAKTA TAPI SAYA BERDOA SEMOGA SAKIT JIWANYA SEMAKIN PARAH DAN OTAK NYA SEMAKIN KOSONG MELOMPONG BELAKA AKHIRNYA JADI SAMPAH KELUARGANYA HA HA HA HA HA HA HA HA

  3. KAMU ASAL TULISLAH SEMAU- MAU JIDAT KAMU TAPI TANGGUNG AKIBATNYA OLEH KAMU DUNIA AKHERAT. MASIH JUGA ORNG PADANG MINANGKABAW INI BANYAK OCEH. BAHASA PALEMBANG KOTA YANG BERUJUNG O ITU KARENA ADA UNSUR JAWA DARI KESULTANAN DEMAK YANG DATANG KEPALEMBANG DENGAN MENDIRIKAN KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM BUKAN DARI BAHASA PADANG. KETURUNAN RADEN PATAH DARI JAWA INI KEPALEMBANG PULANG KAMPUNG KARENA NENEK MOYANGNYA MEMANG ORANG PALEMBANG seperti raden patah, arya damar, ibu raden patah, raden husen. ARYA DAMAR/ ADITYA WARMAN YANG MENAKLUKKAN BALI. SAMPAI SEKARANG JEJAK BAHASA MELAYU RUMPUN PASEMAH MASIH BANYAK YANG TERTINNGAL DIBALI, SEPERTI ADe= ada, juge= juga, au= ya. dan semua kosakata bahasa bali berujung e seperti dase, pance, sapte, mana bahasa padang satupun tidak ada dalam bahasa bali. kalau aditya warman/ arya damar orang padang sebagai penakluk bali pasti ada bahasa padang yang tinggal dalam bahasa bali. begitu juga bahasa jawa masih banyak bahasa rumpun pasemah yang tinggal dalam bahsas jawa sebagai raja selendra dijawa contoh ngalih= pindah, waras= sehat, kakang= kakak, mamang= paman, awak= sedangkan bahsa padang mana satupun tidak ada dalam bahasa jawa khususnya bahasa jawa keraton/ jawa halus. dan yang lebih jelas lagi bahasa prasassti dinasti selendra di sujomerto rembang jawa tengah itu jelas bahasa melayu rumpun pasemah yang menuliskan nama dapunta selendra bini= istri bapangda= ayahnya, nama. mana ada bahasa padang dalam prasasti sujomerto rembang jawa tengah itu. SEMUA KERAJAAN DIPADANG BERASAL DARI PAGARRUYUNG, PAGARRUYUNG DARI DHARMAS RAYA, DHARMASRAYA DARI SERIWIJAYA, SERIWIJAYA DARI RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH ( GUNUNG DEMPO, GUNUNG KABA, PAGAR ALAM, MUSI RAWAS MUSI ULU, MUSI BANYU ASIN, LAHAT, MUARA ENIM, EMPAT LAWANG, OGAN, SEMENDO, KAUR, REJANG, BENGKULU). PERADABAN MEGALIT TERBESAR DIDUNIA ADALAH PERADABAN MEGALIT BUKIT BARISAN RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH. JADI DIMANAPUN DIDUNIA INI PERADABAN BESAR BERASAL DARI PERADABAN BESAR PULA / PERADABAN BESAR AKAN MELAHIRKAN PERADABAN BESAR PULA. PERADABAN BESAR MEGAKIT RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH MELAHIRKAN PERADABAN BESARPULA SEKELAS KERAJAAN SERIWIJAYA. ORANG PADANG SANGAT PANATIK DENGAN KESUKUANNYA TIDAK PERNAH ORANG PADANG BERPERINSIP DIMANA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIT DIJUNJUNG. KAMUORANG PADANG MANA ADA YANG MEMBAUR DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT KALIAN BUAT LANGGAR/ MUSOLAH ORANG PADANG ITULAH PENGAJIAN PENGAJIAN PADANG ITULAH, KAMULIHAT ORANG PADANG DIMALAYSIA ( negeri sembilan ) MEREKA berbahasa padang kalau malaysia yang dijadikan bahasa nasionalnya adalah melayu melake / melayu palembang dari rumpun pasemah) bukan melayu negri sembilan/ padang.jelas prameswara mengatakan orang palembang bukan padang. prameswara ini bangsawan majapahit keturunan seriwijaya dari rana menggala bin raden sotor bin cakra dara, anak dara jingga putri raja dharmasraya. adik dara jingga adalah dara petak istri raden wijaya berputra bernama jaya negara.jaya negara itu orang dharmasraya orang seriwijaya bukan orang padang. padang itu adalah taklukkan dan jajahan. seriwijaya, dharmasraya dan pagarruyung. jadi kalau dipalembang dan bali tidak ada bahasa padang bukan karena padang berperinsip dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung tapi karena memang sedikitpun tidak ada hubungannya dengan padang. Reply putra sumsel says: January 23, 2014 at 7:21 am BUAT KAMU SANG SAYS KAMU GAK BACA DARI ATAS. MAKANYA BACA DARIATAS DIWILAYAH RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH ITU BUKAN HANYA MEMILIKI PERADABAN MEGALIT TERBESAR TAPI JUGA MEMILIKI PERADABAN HINDU BUDAH TERBESAR DI ASIA TENGGARA. DISEPANJANG BUKIT BARISAN PASEMAH ITU TERDAPAT 6600 CANDI HINDU BUDAH BAHKAN ADA BUKIT CANDI YANG BESARNYA JAUH LEBIH BESAR DARI BOROBUDUR. YANG BENTUK BUKIT ITU MENYERUPAI CANDI Awalnya, warga Dusun Tanjungtaring mengabarkan adanya batu yang berukuran besar di atas Bukit Burung Beranting, dan memiliki kemiripan dengan bentuk candi dan patung Budha. Cerita itu kemudian membuat sejumlah wartawan berdatangan untuk melihatnya. Ternyata batu besar yang terlihat itu sangat mirip dengan stupa. Sebab keseluruhan bukit tersebut merupakan batu besar, dari bawah sampai dengan atas bukit. Bukan itu saja, ditemukan juga semacam bentuk tangga yang terbuat dari batu, yang langsung menuju puncak bukit, dan ada lagi sebuah bangunan yang diduga sebagai pintu gerbang masuk dikarenakan memiliki lobang yang cukup untuk dilalui manusia. Akan tetapi kondisinya sudah tertutup reruntuhan batu. Uniknya lagi reruntuhan batu yang diduga sebagai pintu gerbang masuk tersebut memiliki bentuk yang sudah rapi seperti dibuat tangan manusia. “Kemungkinan besar ini memang sangat mirip dengan candi atau semacamnya. Dikarenakan dulu pada awal 1990 pernah terjadi kebakaran hebat, yang menghabiskan seluruh pohon dan semak belukar yang berada di bukit ini. Ketika itu juga nampak jelas sekali, bentuk sebenarnya dari bukit tersebut,” kata Anharudin, warga setempat (31/12/2010). Dengan posisi batu yang nampaknya seperti sudah disusun rapi secara bertingkat-tingkat mengelilingi bukit. Tangga batu menuju puncak pun terlihat secara terang benderang. Sedangkan batu yang berada di atas puncak terlihat putih bersih. Apalagi bukit ini tidak jauh dengan Dusun Rimba Candi, yang selama ini sering dikabarkan adanya candi besar di sana. Kalau benar bukit ini candi maka jauh lebih besar candi ini dari candi Borobudur, jangan lupa candi borobudurpun tertimbun sebelumnya berupa bukit juga. Ariya Tabing ( penasihat Atung Bungsu dari Filipina ) bertanya kepada Atung Bungsu, “Sungai yang mana yang mesti ditera (ditimbang) “Maka dijawab oleh Yang Dipertuan Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu, “Semua tera” (artinya, semua mesti ditimbang). Dari kata-kata jawaban Atung Bungsu “Semua tera” itulah asalnya nama pulau “Sumatera”. “Semua tera”, yang kemudian menjadi “Sumatera”, artinya semua timbang; maksudnya, semua sungai yang ada di sekitar Pulau Seguntang (Bukit Seguntang) mesti ditimbang karena dalam amanat Paduka Yang Mulia Ayahnda Baginda Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu, “di mana sungai yang paling berat timbangannya (paling berat kadar airnya), di situ akan berdiri kerajaan yang paling besar di dunia dan akan termasyhur sampai ke mana-mana.Demi mengikuti amanat itu, berganti-ganti air sungai ditera (=ditimbang) oleh Ariya Tabing atas titah Baginda Yang Mulia Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu. Maka kedapatanlah sungai di Dataran Tinggi Tanah Besemah yang paling berat timbangannya. Sungai itu dinamakan “Sungai Bersama” karena didapat atau ditemukan bersama oleh Baginda Yang Mulia Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu, Ariya Tabing, dan angkatannya. Sungai itu sekarang dikenal dengan nama “Ayik Besemah” (Air Besemah) atau sungai Besemah yang mengalir dari timur Bukit Raje Mendara (Raja Mahendra), melintasi dusun Sarangdale (Karanganyar), Dusun Tebatgunung, dusun Nanding, dan bermuara di Air Lematang atau Sungai Lematang dekat dusun Mingkik dan Dusun Benuwakeling, Kota Pagaralam.Di sekitar Air Besemah bermuara ke Air Lematang dan sungai lematang ini bermuara disungai musi. itulah Baginda Yang Mulia Seri Mapuli Dewa Atung Bungsu membuat dusun-dusun dengan sebutan “Sumbay Paku Jagat Seriwijaya”, semacam “Pasak Bhumi Majapahit”, dalam kerajaan Majapahit Raya. Maka ditanamkanlah batu-tugu (menhir) sebagai peringatan, yaitu “Batu Lancang Putih”, yang dibawa dari puncak Gunung Himalaya. Batu-tugu itu berwarna putih di bagian atasnya dan berwarna merah di bagian bawahnya. Sampai sekarang Batu Lancang Putih itu masih terdapat di dekat Makam Ratu Seri Wijaya, di dekat dusun Benuwakeling, Kota Pagaralam.(Sripo 3.03) Atung Bungsu dipercaya merupakan leluhur dari Rumpun Suku bangsa Besemah (Pasemah) yang melahirkan / menurunkan * Dapunta Hyang Srijayanasa, pendiri Kedatuan Sriwijaya. Di palembang * Dapunta Hyang Selendra, pendiri Wangsa Selendra di Pulau Jawa *Serimat mauli warma dewa raja Seriwijaya di Dharmasraya *Aditya warman/ Arya dammar pendiri Kerajaan pagarruyung * Parameswara, pendiri Kerajaan Malaka di Malaysia semua kerajaan di Indonesia memiliki peradaban budaya megalit, propensi lampung kerajaan sekala berak memiliki budaya megalit di suku tumi tulang bawang memiliki budaya megalit di pugung, kerajan melayu/ jambi/ Sumatra barat memiliki budaya megalit begitu juga riau jawa kutai Kalimantan Sulawesi seluruh kerajaan Indonesia ada budaya megalit, maka mustahil kerajaan eriwijaya/ sumsel tidak ada/ tidak memiliki kebudayaan megalit. maka apa dan dimana lagi peradaban megalit kerajaan seriwijaya kalu bukan diwilayah rumpun pasemah/ besemah. Dan rumpun pasemah adalah peradaban megalait terbesar di asia tgr bahkan terbesar didunia, maka wajar dan sangat masuk akal kalau peradaban besar megalit rumpun pasemah melahirkan peradaban besar pula sekelas kerajaan seriwijaya. Kalau dikatakan peradaban megalit rumpun pasemah tidak berhubungan dengan seriwijaya maka peradaban budaya megalit kerajaan seriwijaya berhubungan dengan apa dan siapa dan dimana? Dengan budaya megalit lampung di sekala berak dan pugung yang jumlahnya tidak ada apa apanya bila dibandingkan dengan peradaban megalit rumpun pasemah, dan juga peradaban megalit sekala berak tulang bawang / pugung lebih jauh dari Palembang daripada wilayah rumpun pasemah. Dan sekala berak/ tulang bawang yepoteh, pugung tidak ada sangkut pautnya dan dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan sungai musi sebagai pusat peradaban seriwijaya. Begitu juga dengan jambi umatra barat riau dll. Sedangkan rumpun pasemah sangat kental dan jelas ada hubungannya dengan sungai musi bahkan dengan seluruh anak anak sungai musi, sebagai ulu sungai musi Rumpun pasemah paling kental hubungannya dengan peradaban sungai musi dan seluruh anak anak sungainya. Rumpun pasemah tidak hanya memiliki peradaban/ budaya megalit saja, tetapi peradaban hindu budah juga sangat banyak diwilayah rumpun pasemah ini. Berdasarkan penelitian dari berbagai pihak para ahli sejarah dan ahli arkeolog diwilayah rumpun suku bangsa pasemah sepanjang bukit barisan sumsel dan Bengkulu terdapat 6600 candi hindu budah jumalah ini adalah jumlah candi hindu budah terbesar di dunia yang berada dalam satu wilayah. Dan rumpun pasemah juga memiliki satu komplek candi terluas di asia tgra yang berad di rimba candi pagar alam sumsel yang bias mencapai 1000 hektar. Di Asia tgra hanya jambi dengan komplek candi muara jambinya dan pagar alam sumsel dengan komplek rimba candinya yang memiliki komplek candi terluas. Kalau komplek candi di jambi adalah sangat jelas milik kerajaan melayu jambi sedangkan komplek candi rimba candi milik kerajaan siapa kalau bukan milik kerajaan seriwijaya sebab berdasarkan seluruh keterangan tidak ada kerajaan dipagar alam semasa kerajaan seriwijaya, karena itulah wilayah kerajaan seriwijaya/ wilayah asal kerajaan seriwijaya. Karena berdasarkan keterangan asing diseriwijaya ada 1000 biksu yang jelas memiliki komplek candi yang sangat luas. Selain itu juga berdasarkan catatan otentik dari luar/ asing pada masa seriwijaya di daerah sekitar seriwijaya disebut kan ada kerajaan moloyo/ melayu yang berada dijambi sekarang dan wilayah kerajan tolang pohwang/ tulang bawang yang berada di lampung. Ketiga kerajaan ini telah disebut oleh catatan asing termasuk It-tsing. Dan berdasarkan catatan asing itu pula diperoleh keterangan letak seriwijaya berada antara kerajaan melayu/ jambi dan kerajaan tolang bawang/ wilayah lampung, termasuk komering, karena komering adalah termasuk wilayah lampung/ tulang bawang. Maka kesimpulannya dimana lagi letak wilayah kerajaan seriwijaya kalau bukan di sumsel dan Bengkulu. Karena sumsel dan Bengkulu terletak antara jambi dan lampung. Karena pada masa kerajaan Seriwijaya diwilayah sumsel dan Bengkulu tidak adalagi kerajaan kareana itulah kerajaan seriwijaya/ wilayah inti kerajaan seriwijaya dan diwilayah ini sejauh ini tidak ada prasasti kutukan kerajaan seriwijaya Dan sejauh ini pula TIDAK ADA prasasti / catatan asing wilayah rumpun pasemah ini di taklukkan/ dihancurkan oleh Seriwijaya. Tetapi wilayah in sangat dihormati oleh seriwijaya dan raja raja keturunan seriwijaya. Mereka selalu berziarah ke gunung dempo pagar alam dan gunung bukit tunjuk dilahat dan bukit serilo lahat. Karena diwilayah ini banyak leluhur seriwijaya/ dinasti selendra dapuntahyang, termasuk kuburan SERIMAULIWARMA DEWA ATUNG BUNGSU DAN KUBURAN PANGLIMA PERANGNYA YANG BERNAMA SERI NURUDDIN YANG BERADA DIMUARA LEMATANG YANG DATANG LEBIH AWAL DARI TUNG BUNGSU DAN KUBURAN PUYANG ARYA TABING YANG DI PERINTAHKAN ATUNG BUNGSU MENIMBANG SUNGAI DI SUMATRA KUBURANNYA JUGA DI PAGAR ALAM. Reply Sang says: January 23, 2014 at 10:16 am Kalo perjalanan hampir satu bulan dari gunung dempo ke palembang yg kira2 lbh kurang 300km sepertinya terlalu lama.. Apa dapunta hyang pelesir dulu ditiap bandar baru ke palembang… Ingat! Ini ekspedisi militer. Biasanya kalo penaklukan dilakukan secepat kilat.. Apalagi memakai sampan.. Tentu lbh cpt lagi.. Makanya jarak segitu dr gunung dempo ke palembang kurang msk akal ditempuh hampir sebulan.. Seminggu seharusnya sdh sampai.. Reply putra sumsel says: January 24, 2014 at 2:35 pm SANG SAYS BODOH KAMU BACA MENGUPAS TUNTAS TENTANG MINANGATAMWAN YANG SUDAH SAYA KOPIKAN DIATAS. MINANGATAMWAN ITU BELUM JELAS APA POSISINYA DAN DIMANA LETAKNYA NGAPA ORANG PADANG DATANG DATANG MENGATAKN MINAGATAMWAN ITU MINANG KABAW. DALAM PRASASTI KEDUKAN BUKIT PALEMBANG ITU DI TULISKAN DAPUNTA MERLEPAS DARI MINANGA TAMWAN TGL 23 APRIL MERLEPAS DARI MINANGA TGL 19 MEI. ARTINYA 27 HARI/ SATU BULAN dari nayik perahu sampai merlepas dari minangatamwan. Tempat DH nayik perahu tgl 23 april itulah asal seriwijaya bukan minagatamwan bodoh. karena DH merlepas dari minangatamwan tgl 19 mei. DALAM PRASAATI KEDUKAN BUKIT TIDAK PERNAHDIKATAKAN DARI MINAGATAMWAN LANGSUNG KEPALEMBANG. tapi dikatakan selepas/ merlepas dari minangatamwan tgl 19 mei 683M itu datang dipalembang itu tgl 16 juni 683M. / 27 hari/ satubulan. Dari minagatamwan itu DH PULANGDULU KESERIWIJAYA. SEBAB SERIWIJAYA SEBELUM TAHUN 683 ITU SUDAH BERADA DI SERIWIJAYA DAN SUDAH DISEBUT SERIWIJAYA BUKAN MINAGATAMWAN. OKELAH KATA ANDA DARI ULU MUSI kEPALEMBANG SATU MINGGU/ 7 HARI. TAPI SELEPAS DARIMINAGATAMWAN ITU DH pulang dulu keseriwijaya masuk akal 20 hari DH dan pasukkannya pulang dari minangatamwan dan menyiapkan pasukkan besarnya diulu sungai musi yang berjumlah dua laksa / 200 ribu pasukkan baru kemudian berlayar kepalembang sekitar 6 hari pas 26 hari. Dan kamu padang lewat mana berlayar dari sumatra barat bisa ke tepi sungaimusi palembang . lewat jambi. Lebih dekat jambi kepalembang daripada gunugn dempo/ ulu sungai musi kepalembang jaman dulu dari jambi kepalembang berperhu paling 4 hari sampai . sedangkan padang atas dasar apa mengatakan minagatamwan itu adalh padang dan mengatakan sekaligus minangatamwan itu seriwijaya/ asal seriwijaya.tidak ada stupun yang mengatakan minangatamwan itu adalah minangkabaw. itu cuman akal akalan kamu orang padang saja. LAGIPULA BELUM TENTU MINANGATAMWAN ITU MINANGKABAW. BISA JADI MINANGA KOMERING ATAU BINANGA SUMUT ATAU ATAU MINAGA RIAMKANAN RIAM KIRI RIAU ATAU JAMBI ATAU BAHKAN MINAGA BUGIS SULAWESI SANA. KARENA DISANA ADA JUGA MINANGA. KALAU TERNYATA MINANGATAMWAN ITU TERNYATA BUKAN MINANG KABAW kamu padang mau apa MAKA DH NAYIK PERAHU DARI SUMATRA BARAT ITU LEWAT MANA SAMPAI KEPALEMBANG. PUNYA OTAK GAK KAMU ORANG PADANG GAK ADA AKSES PELAYARAN DARI SUMATRA BARAT KEPALEMBANG. MANA ADA SUNGAI DARI SUMATRA BARAT KEPALEMBANG DASAR GAK PUNYA OTAK. BISANYA CUMAN OTAK LICIK DAN CULAS SAJA. KALAU RUMPUN PASEMAH JIKA ANDAI MINANGATAMWAN ITU JAMBI ATAU PADANG ATAU RIAU SUMUT MAKA DH NAYIK PERAHU LEWAT SUNGAI RAWAS BISA KE JAMBI DAN SETRUSNYA. KALAU TERNYATA MINAGATAMWAN ITU MINAGA KOMERING RUMPUN PASEMAH NAYIK PERAHU LEWAT SUNGAI OGAN. ATAU JIKA MINAGATAMWAN ITU MINANGA SULAWESI MAKA dh NAYIK PERAHU DISUNGAI MUSI LEWAT SELAT BANGKA LAH KAMU PADANG LEWAT MANA DASAR GAK PUNYA OTAK. KAMU ORANG PADANG KATAKAN SUMSEL BANYAK DITEMUKAN BUKTI TAPI TIDAK OTOMATIS SUMSEL SEBAGAI ASAL SERIWIJAYA. MAKA LOGIKA AKL SEHAT NYA SEKALIPUN SUMSEL BANYAK BUKTI TIDAK OTOMATIS SERIWIJAYA ITU BUKAN BERASAL DARI SUMSEL ITU SENDIRI TEPATNYA DI DAERAH PEGUNUNGANNYA. DAN KAMU PADANG TIDAK ADA BUKTI SAMA SEKALI SEBAGAI ASAL SERIWIJAYA MENGATAKAN ADALAH ASAL SERIWIJAYA. MAKA LOGIKANYA ANDA MINANGKABAW PADANG YANG TIDAK ADA BUKTI SAMA SEKALI SEBAGAI ASAL SERIWIJAYA TIDAK OTOMATIS MINANG KABAW/ PADANG SEBAGAI ASAL SERIWIJAYA PADANG / SUMBAR/ MINANG MENGKLAIM SERIWIJAYA ITU SEBENARNYA KETARA BODOH KARENA HAL ITU OTOMATIS MENGAKUI KALAU MINANG KABAW/ SUMBAR/ PADANG ITU ADALAH WILAYA SERIWIJAYA ARTINYA MENGAKUI KEKUASAAN SERIWIJAYA ATAS SUMATREA BARAT. SEMAKIN BANYAK YANG MENGKLAIM SERIWIJAYA MAKA SEMAKIN LUAS PULA WILAYAH SERIWIJAYA ITU.SESUNGGUHNYA. SAYA MENANTIKAN KLAIM DARI WILAYAH2 LAIN.DAN SAYA SENANG ITU KARENA SERIWIJAYA ITU BERARTI MEMANG LUAS. SATU SATUNYA ALASAN KAMU PADANG ITU HANYALAH KATA MINANGATAMWAN ITU SAJA YANG KALIAN ISTILAHKAN DENGAN ISTILAH PADANG MINANG KABAW YANG MEMBUAT KAMU PADANG BERKOWAR KOWAR SEBAGAI ASAL SERIWIJAYA. PAHAM GAK KAMU APA POSISI KEDUDUKAN MINAGATAMWAN ITU DALAM SERIWIJAYA. LAGIPULA DALAM PRASASTI ITU ADALAH MINANGATAMWAN BUKAN MINANGKABAW. Dan buat kamu minagel tentang utusn kecina tahun 664M itu adalah kerajaan melayu orang cina menyebutnya mo-lo-ye/ mo-lo-yo. Bukan minangatamwan tidak ada minangatamwan. Dan moloyo letaknya dijambi bukan padang. Tidak ada sedikitpun hubungannya dengan padang apalagi dengan minang kabaw. Tapi kalau kamukatakan minangatamwan itu adalah kerajaan melayu kamu sama dengan meludahi muka kamu sendiri. Terimakasih minagel kamu telah memperjelas kalau minangatamwan itu adalah kerajaan melayu. Artinya jelas sudah sekarang minangatamwan itu adalah taklukkan seriwijaya. Karena ada prasatinya di karang berahi jambi dan seluruh berita luar mengatakan baik itu cina, arab kalau kerajaan melayu itu telah ditaklukkan seriwijaya bersama kedah dan tulang bawang. Itsing juga mengatakan melayu, kedah, seriwijaya, tulang bawang, yang kemudian kedah, melayu, tulang bawang teah menjadi wilayah seriwijaya. Dan di sumsel mulai dari lahat ulu sungai musi sampai muara itu banyak ditemukan posil- posil perahhu zaman kerajaan seriwijaya. Sedngkan disumatra barat tidak ada dan di musibanyu asin ditemukan harta kerajaan seriwijaya yang jumlahnya sangat banyak berupa emas dan mutiara. Kenapa kamu padang marah tersinggung ketika orang sumsel angkat bicara dan mematahkan hayalan kamu orang padang itu yang mengatakan DH orang padanglah, seriwijaya orang padang / minangkabawlah, dapunta selendra orang padang/ minangkabawlah, candi borobudur warisan minagel lah. Kamu mikir gak bagaimana orang sumsel . tulisan kamu itu sama dengan menginjak kepala orang sumsel. Ketika orang sumsel membantahnya kenapa kamu kebakaran jenggot. Kamu padang itulah yang memulai duluan yang menyebar pitnah duluan. Berani menulis sesuatu berani bertanggung jawab siap menerima resiko dan konsekuensi dengan tulisan kamu itu. Orang sekarang cerdas semua berpikiran keritis semua. Kalau gak mau nanggung resiko gak usah banyak tingkah. Kamu pikir gak, bagaimana perasaan orang 2 sumsel dengan tulisan kamu itu. Dan kamu harus siap nanggung resiko bantahan dari orang sumsel yang lebih keras lagi. Kamu pikir sederhana tulisan kamu itu, besar dampaknya saudara bagi kamu orang padang sendiri kamu siap siap saja orang padang menuai badai. Berani menabur angin harus siap menuai badai berani bermain api harus siap terbakar, berani bermain pedang harus siap terluka. Kamu lihat dan dengar saja bagaimana padang kedepan bagaimana hubungan orang sumsel dan sumbar kedepan. SERIWIJAYA ITU SUDAH JELAS BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL ITULAH. SUMSEL ITU LUAS. LUAS SUMSEL ITU DUAKALI LEBIH SUMBAR Reply putra sumsel says: January 24, 2014 at 2:41 pm saya ralat dapunta naik di perahu tgl 23 april. tempt dapunta nik di perahu tgl 23 april itulah asal seriwijaya bukan minangatamwan karena baru berlepas dari minanga tgl 19 juni. Reply putra sumsel says: January 24, 2014 at 6:25 pm SAYA RALAT LAGI. DH BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN TGL 19 MEI ( SATU BULAN ) DARI PERTAMA NAIK PERAHU YAKNI TGL 23 APRIL. ARTINYA MEMAKAN WAKTU SATUBULAN PERJALANAN DH DARI SERIWIJAYA KE MINAGNGATAMWAN DAN SEKALI GUS MENAKLUKKAN MINAGATAMWAN ITU, KEMUDIAN BARU BERLEPAS DARI MINANGA TGL 19 MEI. DARIMINANGA DATANG DIPALEMBANG TGL 16 JUNI 682M 27 HARI ARTINYA DARI PENAKLUKAN MINANGATAMWAN PULANG DULU KEWILAYAH ASAL SERIWIJAYA DAN MENYIAPKAN PASUKKAN BESAR SEBESAR DUA LAKSA SESUAI MEMAKAN WAKTU 20 HARI KEMUDIAN BARU MENDATANGI PALEMBANG MEMAKAN WAKTU 6 HARI. MAKA PAS 26/ 27 HARI. LEBIH JELASNYA INI SAYA KOPIKAN LAGI ISI PRASASTI KEDUKAN BUKIT DIPALEMBANG ITU 1 Swasti, sri. Sakawarsatita 604 ekadasi su- 2 klapaksa wulan Waisakha Dapunta Hyang naik di 3 samwau mangalap siddhayatra. Di saptami suklapaksa 4 wulan Jyestha Dapunta Hyang marlapas dari Minanga 5 tamwan mamawa yang wala dua laksa dangan kosa 6 dua ratus cara di samwau, dangan jalan sariwu 7 telu ratus sapulu dua wanyaknya, datang di Mukha Upang 8 sukhacitta. Di pancami suklapaksa wulan Asada 9 laghu mudita datang marwuat wanua ….. 10 Sriwijaya jayasiddhayatra subhiksa Terjemahan dalam bahasa Indonesia modern: 1 Bahagia, sukses. Tahun Saka berlalu 604 hari kesebelas 2 paroterang bulan Waisaka Dapunta Hyang naik di 3 perahu melakukan perjalanan. Di hari ketujuh paroterang 4 bulan Jesta Dapunta Hyang berlepas dari Minanga 5 tambahan membawa balatentara dua laksa dengan perbekalan 6 dua ratus koli di perahu, dengan berjalan seribu 7 tiga ratus dua belas banyaknya, datang di Muka Upang 8 sukacita. Di hari kelima paroterang bulan Asada 9 lega gembira datang membuat wanua ….. 10 Perjalanan jaya Sriwijaya berlangsung sempurna a. DAPUNTA PERTAMA NAIK DIPERAHU ITU PARO TERANG BULAN WAISAK ( 23 APRIL) INILAH ASAL SERIWIJAYA. b. DAPUNTA BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN DIHARI KETUJUH PAROTERANG BULAN JESTA (19 MEI) ARTINYA MINANGATAMWAN ITU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKKAN SERIWIJAYA. c. datang dimuka upang dihari kelima paroterang bulan Asada ( 16 juni.) jadi jelas minangatamwan itu bukanlah tempat pertama dapunta naik perahu. Reply putra sumsel says: January 24, 2014 at 6:47 pm SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG BERASAL DARI PAGARRUYUNG PAGARRUYUNG BERASAL DARI DHARMASRAYA DHARMASRAYA BERASAL DARI SERIWIJAYA SERIWIJAYA BERASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH ( SUMSEL BENGKULU) JADI KESIMPULANNYA SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG/ MINANG KABAW/ SUMATRA BARAT BER ASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PAEMAH ( SUMSEL BENGKULU). PADANG ITU ANAK KEMAREN SORE GAK USAH BANYAK TINGKAH. RUMPUN SUKU BANGSA PAEMAH YANG PALING TUA. GAK PERCAYA BUKTIKAN DENGAN TES LABORATORIUM TES DARAH DNA. DARAH SIAPA YANG PALING TUA, DARAH SIAPA YANG PALING KENTAL DAN DARAH SIAPA YANG LEBIH BERAT Reply KAMU ORANG PADANG ITU MELAYU MUDA KAMI MELAYU TUA. Reply putra sumsel says: January 24, 2014 at 7:12 pm SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG BERASAL DARI PAGARRUYUNG PAGARRUYUNG BERASAL DARI DHARMASRAYA DHARMASRAYA BERASAL DARI SERIWIJAYA SERIWIJAYA BERASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH ( SUMSEL BENGKULU) JADI KESIMPULANNYA SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG/ MINANG KABAW/ SUMATRA BARAT BER ASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PAEMAH ( SUMSEL BENGKULU). PADANG ITU ANAK KEMAREN SORE GAK USAH BANYAK TINGKAH. RUMPUN SUKU BANGSA PAEMAH YANG PALING TUA. GAK PERCAYA BUKTIKAN DENGAN TES LABORATORIUM TES DARAH DNA. DARAH SIAPA YANG PALING TUA, DARAH SIAPA YANG PALING KENTAL DAN DARAH SIAPA YANG LEBIH BERAT Reply Reply putra sumsel says: January 25, 2014 at 1:21 am Tentang i5 negeri jajahan dharmas raya itu yang termasuk sunda, serilangka, kamboja itu yang menaklukkan orang orang seriwijaya ( orang sumsel dan bengkulu) bukan orang minangkabaw/ padang yang menaklukkan. mana pernah padang menyerang sunda apalagi serilangka. tetapi yang menyerang sunda dan serilangka itu adalah seriwijaya. orang padang mana berani menyerang jawa kalian padang perang saja tidak berani dengan jawa hanya dengan adu kerbaw yang penuh dengan kelicikan dan sangat memalukan. bikin malu orang sumatera aja. Adapun palembang dimasukkan ke dharmasraya karena palembang sudah bukan lagi ibukota seriwijaya/ sudah ditinggalkan seriwijaya karena seriwijaya mendapat serangan dari rajendra kola dewa dari india. jadi wajar palembang sebagai bekas ibukota seriwijaya ketika dipindahkan ke dharmasraya dimasukkan kewilayah dharmasraya. karena sangsapurba raja pertama dharmasraya itu adalah raja seriwijaya keturunan dapuntahyang serijaya naga. yang menyingkir ke dharmas raya pasca serangan dari cola india. buktinya seluruh keterangan luar baik cina india, nepal, arab semua mengatakan sanfotsi itu seriwijaya. padahal anfotsi itu adalah dharmasraya. karena apa karena memang Dharmas raya/ san- fo-si itu adalah seriwijaya atau berasal dari seriwijaya. jadi otomatis wilayah wilayah seriwijaya akhir sebelum pindah kedharmasraya dimasukkan lagi kedharmasraya oleh raja- rajanya. karena memang raja2 dharmasraya berasal dari seriwijaya. dan seriwijaya itu berasal dari rumpun suku bangsa pasemah ( yang mendiami wilayah sumsel dan bengkulu) Balas putra sumsel berkata: Komentar Anda sedang menunggu moderasi. 25/01/2014 pukul 07:14 Dan dalam 15 negeri wilayah dharmas raya/ sanfosi itu tidak pernah dimasukkan/ disebut seriwijaya. karena itulah seriwijaya. sekali lagi tentang palembang kenapa dimasukkan karena palembang bukan lagi pusat seriwijaya karena telah ditinggalkan jadi wajar dan harus dimasukkan kedalam seriwjaya baru/ sanfosi/ dharmasraya. jadi palembang bukan lagi seriwijaya melainkan dharmasraya. adapun pamalayu kertanegara itu bukan perang dengan dharmasraya. tetapi misi persahabatan dalam rangka menggalang persekutuan dalam menghadapi perang dengan cina mongol kubilaikhan. dan dua putri dharmasraya yang bernama dara petak dan dara jingga itu bukan sebagai taklukan tetapi sebagai persahabatan. adapun palembang pada waktu itu telah menjadi sarang bajak laut cina. mana berani kerta negara kepalembang yang nota bene orang cina sedangkan misi kertanegara adalah untuk menghadapi perang dengan cina dengan raja besar nya dari dinasti yuan yaitu kubilaikhan. Reply Sang says: January 25, 2014 at 4:36 pm Kamu skali2 jalan2 ke kab.50 kota dan tanah datar sumbar. Disana juga byk skali menhir kebudayaan megalithik. Menghadapnya menhir itu ke gunung talang.. Kebudayaan purba sdh ada jaman dulu di minangkabau.. Ttg kemungkinan adanya ekspdisi dr minang ke palembang mmg bisa ditrma akal logis.. Krena apa? Byk sungai dr pedalaman sumbar yg mengarah ke sumatera timur contoh sungai batang hari, sungai kuantan, sungai kampar.. Malah di hulu sungai kampar ada candi buddha yaitu candi muara takus yg adalah candi buddha paling besar yg pernah ada di sumatera.. Berkemungkinan awal ekspedisi dapunta itu adalah dr titik ini yaitu candi muara takus dgn membawa juga byk ahli2 spirituil buddha ke palembang. Hulu sungai kampar adlh pedalaman minang masa dulu.. Dan satu hal lagi untuk menunjang ekspedisi perlu didukung logistik besar.. Minang masa dulu kaya akan kandungan emas, tanah subur penuh hasil bumi dan tentu ditunjang balatentara yg kuat dan trampil bertempur.. Ketahuilah sejak dulu minang dikenal sebagai asal usul dari ilmu beladiri di nusantara.. Jadi dgn segala faktor penunjang ini ada kemungkinan memang bahwa dapunta hyang adalah seorang asal tanah minang yg merantau dgn para pembeladiri handal diikuti banyak ahli spirituil buddha. Reply putra sumsel says: January 25, 2014 at 9:23 pm Saya tau 50 kota tu saya katakan semua propensi semua kerajaan ada peradaban megalait tapi peradaban megalit rumpun pasemah yang terlengkap dan terbesar didunia, peradaaban megalit minangkabaw itu tidak ada apa apanya hanya seujung kuku peradaban megalit rumpun pasemah. tidakmungkin peradaban megalit minangkabaw itu yang melahirkan seriwijaya.peradaban kami jauh lebih besar dari perdaban kalian padang/ minangkabaw. kamu cuman ngandalin riau aja sebagai akses pelayaran menuju palembang lewat sungai kampar. sungai kampar itu bermuara di laut, terus pasukan darat seriwijaya lewatmana. bodoh kamu ini punya otak enggak.pasukkan seriwijaya itu ada yang naik perahu ada yang berjalan lewat darat.mereka itu sejalan/ searah antara yang berperahu dan berjalan menuju palembang. dan riau itu adalah melayu riau bukan orang padang/ orang minang. bahasa melayu riau itu hampirsama dengan bahasa indonesia sangat berbeda jauh dengan bahasa minang kabaw. yang ditulis oleh sebagian kecil ahli sejarah tentang minangatamwan itu adalah pertemuan dua sungai kampar kiri dan kampar kanan muar takus itu bukan minang kabaw, kamu padang aja yang ngarang2 mengngatakan minangatamwan itu minangkabaw. disumatera yang paling penakut adalah orang padang.beraninya cuman main akal bulus saja adu kerbaw aja yang kamu bisa. kalau ada sumatera barat yang berani dan keras itu adalh keturunan pagarruyung yang artinya keturunan dharmasa raya yang artinya keturunan seriwijaya yang artinya keturunan rumpun pasemah.. kwalat kamu padang minang mengutik utik sumsel. kamu nggaca dulu Allah jadikan darimana asalkamu itu Reply Sang says: January 26, 2014 at 6:40 am Sekedar ilustrasi: sarang lanun di bangka belitung itu di abad ke 17m dibersihkan orang2 minangkabau kerjasama dgn johor. Ini wilayah dekat pelembang. Tapi kesultanan palembang tidak berkutik terhadap lanun dan bajak laut. Kepercayaan animisme bersih dibumi lampung dan berdirilah kepaksian skala brak bercorak islam, ini andil orang minang juga. Sebagian daerah batak berhasil diislamkan masa paderi, ini upaya keras orang minang juga. Berdirinya kerajaan siak sri indrapura yang kuat di sumatra timur adalah juga berkat petarung asal minangkabaujuga. Parameswara bukannya bertarung gagah berani dikampung halaman, tapi malahan melarikan diri ke malaka.. Berani siapa masa dulu hayoo? Reply putra sumsel says: January 26, 2014 at 9:52 pm Anda itu bicara abad ke 16/ 17 pada masa kesultanan palembang darussalam . oke kalau mau bicara zaman palembang darussalam . yang menumpas bajak laut dilampung adalah kesultanan palembang DS. yang menumpas bajak aut di jambi di bangka belitung itu kesultanan palembang DS yang menumpas bajak laut di p bangka itu kesultanan palembang DS. palak kamu kesultanan palembang tidak berkutik dengan bajak laut. para bajak laut cina itu mereka itu adalah abdi/ tentara kesultanan palembang DS.mereka itu telah berasimilasi dengan orang orang sumsel beranak pinak dengan orang kayu agung/ ogan komering ilir dan sekayu / musi banyu asin. mereka itu dalah orang islam yang terbentuk oleh komunitas muslim tiong hoa laksamana chenho. orang sumsel juga menyebarkan islam di mindanau philipina menyebarkan islam sulawesi utara dan kep maluku. kamu baca sejarah islamisasi dimindanau philipina itu. prameswara lari kemalaka itu bukan karena takut tapi krena strategi. prameswara itu adalh bangsawan majapahit keturunan seriwijaya. prameswara lari ke malaka itu kareana habis berperang dengan wikramawardana raja majapahit dalam perang pragrek antra wikramawardana melawan brewirabumi dan prameswara. brewirabumi tewas sedangkan prameswara tidak. ribuan orang orang majapahit dibunuh oleh prameswara daam perang paragrek itu. sungguhpun majapahit wikramawardana menang tapi majapahit goncang dan diambang kehancuran. sebelum orang orang prameswara kemalaka itu mereka terlebih dahulu membunuh gubernur siyam yang berkuasa ditumasik/ singapura sekarang. riau padang itu dihancurkan oleh melaka dan menjadi wilayah melaka. raden fatah raden husen arya damar/aditya warman adalah orang sumsel yang datang kejawa dalam rangka misikhusus untuk mendirikan kerajaan islam / kesultanan islam dijawa yang berhasil mendirikan kesultana demak. seluruh prasastimelayu surat ulu bumi melayu menegaskan raja raja melayu berasal dari PALEMBANG SEMUA. Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 2:04 am KAMU MINAGEL SOMBONG SEKALI MENGATAKAN MINANG KABAW PALING UNGGUL DAN MENGATAKAN RUMPUN PASEMAH TIDAK ADA APA APANYA TIDAK PERNAH MEMBUAT PRESTASI TIBA TIBAMENGKLAIM KERAJAAN BESAR SRIWIJAYA YANG BISANYA CUMAN NGABISIN NASI SEBAKUL ANDA PADANG ITU BUKANLAH KARENA UNGGUL DAN HEBAT TETPI KARENA LICIK. KAMU ASAL KLAIM SAJA SEMUA KAMU DULUAN YANG MENGKLAIM SEMUA TOKOH ADALAH ORANG MINANG. ORANG PADANG MENGATAKAN TAUPIK KEMAS ORANG MINANG ITU IBUNYA ORANG MINANG KABAW. BAPAKNYA ORANG SUMSEL ORANG MUARA ENIM(RUMPUN BESEMAH) KAMPUNGNYA DI UJANMAS MUARA ENIM SANA, MEGAWATI KATA ORANG PADANG ADALAH ORANG PADANG. PALAK BAPAK KAMU PADANG MEGAWATI ORANG PADANG DARIMANA . MEGAWATI ITU ORANG BENGKULU( RUMPUN BESEMAH) -JAWA-BALI. DAN SEKARANG INI ADA 8 JENDRAL AKTIP DARI PAGARALAM (RUMPUN BESEMAH) 8 JENDRAL ITU DARI PAGAR ALAM SEMUAU BELUM DARI LAHAT, BELUM BELUM DARI OGAN BELUM DARI LUBUK LINGGAU BELUM DARI WILAYAH WILAYAH SUMSEL DAN BENGKULU LAINNYA. KAPOLRI TAHUN 1971-1974 MOHAMMAD HASAN/ HASAN BELADe. ORANG BESEMAH jendral makmunmurod dari ogan baturaja rumpun besemah, laksa agung basri arip orang tanjung enim rumpun besemah, emil salim itu orang lahat campurn minangkabaw dengan lahat besemah. susno aji orang pagar alam rumpun besemah, kontol kamu orang rumpun besemah / sumsel bengkulu gak ada apa apanya gak ada prestasi cuman padang itulah. hatta rajasa orang ogan komering ilir orang sumsel juga, KAMU JANGAN ASAL SAJA BICARA BABI MINANGEL CINCANG ORANG NANTI KAMU. Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 2:23 am JUTAAN ORANG SUMSEL DAN BENGKULU YANG MENJADI MANUSIA UNGGUL YANG PEGANG KENDALI INDONESIA SEKARANG INI ORANG JAWA DAN SUMSEL Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 3:49 am KAMI ORANG SUMSEL DAN BENGKULU YANG MENJADI MANUSIA UNGGUL MANUSIA HEBAT MANUIA ULUNG TERSEBAR DISELURUH PLOSOK SUMSEL DAN BENGKULU TIDAK HANYA SATU TITIK SAJA TAPI DISETIAP PLOSOK SUMSEL BENGKULU MELAHIRKAN MANUSIA MANUSIA UNGGUL. KALAU PADANG YANG JADI ORANG ITU HANYA DIBUKIT TINGGI SAJA SELEBIHNYA/ SELAIN BUKIT TINGGI ORANG PADANG TIDAK LEBIH HANYA SEBAGAI TUKANG PEDAGANG KAKAILIMA SAJA TUKANG DAGANG KAIN KELILING SAJA JADI BUDAK SAJA. Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 5:24 am KAMU ORANG PADANG JANGAN ASAL CEPLOS SAJA KAYAK TAYI MENGATAKAN ORANG BESEMAH GAK ADA APA APANYA GAK ADA YANG JADI ORANG, GAK PERNAH MEMBUAT PERSTASI, SEMUA ORANG HEBAT ORANG PADANG SEMUA. MULUTKAMU ORANG PADANG ITU MAU DIROBEK DULU BARU TAU KAMU. SEKALI LAGI SEKARNG INI YANG PEGANG KENDALI INDONESIA ORANG JAWA DAN SUMSEL. PADANG ITU SEKARANG GAK ADA TAI TAINYA. Reply Sang says: January 27, 2014 at 11:00 am Kalo begitu logikanya, berarti kerajaan Palembang Darussalam adalah kerajaan bajak laut, sbb tentaranya perompak semua dilaut.. Katanya kerajaan islam kok rangkap jadi bajak laut juga.. Yang logis kalo berargumen……. Sejarah Islamisasi di bangka belitung malah andil dari johor, minangkabau, banten dan banjar. Coba aja gooooogle sndiri……. Ini blum kalo bicara sejarah kerajaan Palembang sendiri yg inisiatif pendirian asal dari orang2 jawa.. Mana orang2 pasemah yg katanya berani dan jago bikin kedatuan? Kok orang jawa yg buat kerajaan di palembang?……. Blum lagi kalo bicara masaalah perang.. Perang di palembang masa sultan Mahmud Badaruddin thn 1821 smpai 1825.. Perang paderi di minangkabau 1821 hingga 1845.. Benteng bonjol baru bisa direbut thn 1837 dan perang masih lanjut dgn skala sedang hingga 1845. Pertempuran dipasemah thn 1850an blum masuk kategori perang besar.. Msh masuk kategori perang sektoral yaitu wilayah pagaralam sekitarnya. Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 4:52 pm lah kamu orang padang. semua kerajaan dipadang yang mendirikan orang sumsel semua. baik itu pagarruyung dharmas raya. kalau tentang orang dari jawa yang mendirikan kesultanan palembang DS ya gantian kami orang sumsel juga pernah mendirikan kerajaan selendra dijawa, pernah mendirikan kerajaan demak. lagi pula orang dari jawa itu masih keturunan orang orang sumsel semua dari raden patah dari raden husen dari arya damar/ aditya warman. gak ada yang abadi didunia ini semua silih berganti. kamu lihat mongol sekarang bandingkan dengan mongol jaman dulu. kamulihat macedonia sekarang dengan macedonia alexander the great, kamulihat turki sekarang dengan turki usmani dulu, kamu lihat baghdat sekarang dengan baghdat abbasiyah dulu kamu lihat damaskus sekarang dengan damaskus bani umayyah dulu kamu lihat belanda sekarng dengan belanda zaman hindia belanda dulu, kamu lihat sepanyol sekarang dengan sepanyol dulu, kamu lihat portugal sekarang dengan portugal dulu. jangan saudara mengatakan hanya saudara sendiri paling hebat jangan saudara memandang rendah orang lain belum tentu saudara orang yang mengolok-olok itu jauh lebih mulia jauh lebih hebat dari orang yang diolok2. lihat dayak sekarang. jangan mereka dipandang sebelah mata orang dayak yang pertama mengenal hidup bernegara secara resmi dengan kerajaan tertua di indonesia dengan kerajaan kutainya orang banten mereka pernah berjaya dari mereka semua raja raja dan kerajaan dijawa. dan orang yang hebat sekarang belum tentu masa lalu sejarahnya gilang gemilang. malaysia sekarang sangat maju dalam segala bidang bukan berarti malaysia dulu hebat betul. korea sekarang maju bukan berarti sejarah korea hebat, kamu orang padang hebat bukan berarti seriwijaya itu dari kamu orang padang. tentang perang paderi bukan berarti orang padang adalah asal seriwijaya indonesia ini perang besar adalah aceh bukan berarti orang aceh sebagai asal seriwijaya. orang jawa paling hebat sekarang bukan berarti seriwijaya berasal dari jawa. apalagi kamu padang sekarang yang gak ada apa apanya. jangan dikira orang padang tiada cela yang kalian katakan orang orang hebat itu mereka semuaitu adalah pengkhianat pemberontak PRRI rusak nama sumatra dlam sejarh indonesia gara gara orang padang para pengkhianat para pemberontak PRRI. tentang raden patah yang sebenarnya adlah ibunya adalah putri campa keturunan cina yang masih keturunan sayyid. dan ayahnya adlah sultan campa yang juga sayyid. bukan orang jawa sebenarnya raden fatah itu kemudian ibunya menikah dengan aryadamar raja palembang dan adik raden patah satu ibu adalah rden husen.mereka ini sebenarnya bukan orang jawa. jadi mereka keturunan raden fatah dan raden husen dari jawa itu kepalembang pulang kenegerileluhurnya krena nenekmoyangnya memang orang sumsel..kesultanan palembang DS itu adalah kesultanan melayu bukan kesultanan jawa . kesultanan Palembang DS adalah kelanjutan demak ia betul. Reply putra sumsel says: January 27, 2014 at 6:14 pm bukan orng sumatera barat saja yang perang dengan belanda semua propensi diindonesia melakukan perang denganbelanda. tentang perang disumsel bukan cuman orang pagar alam saja. tapi semua orang sumsel melakukan perlawanan selama 50 tahun bahkan orang kaur, rejang/ bengkulu juga ikut terlibat dalam perlawanan sumsel terhadap hindia belanda diabad 19 itu. tahun 1828 orang orang sumsel melakukan serangan ke palembang sebagai markas besar hindia belanda di sumbagsel. tentang catatan perang di sumsel yang anda katakan perang kecil hanya dipagaralam saja kita lihat saja catatan dibelanda bagaimana perang disumsel itu. kalau kata kalian orang padang perang paling hebat disumatera barat kita lihat juga catatan dibelanda. bagaimana keadaan perang paderi itu. Reply Sang says: January 29, 2014 at 8:20 am Sebetulnya sy ngak yakin jg kalo borobudur dibangun orang minang.. Sdr.minangel agak berlebihan tanpa data2 kuat.. Borobudur hasil karya orang jawa kerjasama dgn sriwijaya. Wangsa syailendra jg sy ragukan dr minang. Tapi yg sy rasa bisa dipertimbangkan adlh bahwa sriwijaya didirikan orang2 dr kawasan sumatra tengah bisa dipahami. Kenapa? Harus dilihat jg karakter dan keahlian si pelaku sejarah. Bahasanya melayu, agama buddha, tentara banyak, ahli pertempuran, mental petualang/perantau, kaya emas, maritim, ahli dagang antar pulau, otonomi luas, ahli politik, kesemua ini ada dalam karakter sriwijaya.. Trus trg sy katakan bahwa orang palembang tidak cukup punya karakter itu. Orang minang sdh berpola perantau dn penjelajah berabad2 lalu, mampu berperang lama( perang dgn siapa sj termsk dgn pihak asing, baik di aceh, batak, jambi, lampung, semenanjung malaysia hingga sulu filippina), jg mental bisnis dr dulu dan suka berpolitik atau bersiasat……. Malah Sumsel masa perang kemerdekaan thn 1945 dikomandoi AK.GANI yg orang minang asal bukittinggi…… Kmgknan bisa jadi dapunta hyang asal dari wilayah minang, tapi diteruskan oleh wangsa syailendra yg asal pribumi sumsel… Masa islam di mekkah dipegang suku quraisy tapi dilanjutkan dinasty muawiyyah di syria lalu abassiyah di irak……. Kemungkinan ini yg berlaku jg di sriwijaya. Dibangun oleh seorang petualang asal sumatera tengah tapi dilanjutkan dinasty palembang….. Indonesia turut dibangun orang minang, tapi skrg kami orang minang di era sekarang dipinggirkan penguasa……. PDRI (PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA) pernah ada di minangkabau tapi disepelekan soekarno maka kami angkat senjata trhdp pemerintahan yg tidak tahu bertrima ksh sama tentara RI yg telah berjuang hidup mati di minangkabau untuk mempertahankan eksistensi negara. Reply putra sumsel says: January 30, 2014 at 12:47 am orang orang sukses dibumi sumsel dari luar sumsel banyak orang minang orang batak orang jawa orang arab dll AK gani Memang orang minang kaba jendral nasution pernah juga dipalembang aulia pohan dari batak . tapi bukan serta merta seriwijaya DH dari btak atau dari minangkabaw atau dari jawa atau dari bugis atau dari arab kawan. tentang DH dan asal usul seriwijaya itu berdasarkan fakta sejarah bukti sejarah isi prasasti bukti pisik bukti bahasa dan budaya catatan asing peradaban yang kuat dan besar sebagai komunitas pendukung DH dan 2 laksa pasukkannya. semua menunjukan DH dan seriwijaya memang berasal dari sumsel itulah. kunci seriwijaya berasal dari sumsel yang sulit sekali dibantah adalah prasasti kedukan bukit yang menegaskan DH membawa pasukan naik perahu dan berjalan hanya orang sumsel yang bisa melakukan itu untuk mendatangi palembang dengan berperahu dan berjalan. itu kunci yang yang tidk bisa dibantah oleh pihak manapun. seriwijaya sudah ada sebelum 683 M. dan sudah disebut seriwijaya bukan minangatamwan. itu juga adalah kunci kalau seriwijaya itu berasal dari sumsel Ada keterangan tentang kerajaan kedah, moloyo/ melayu tua jambi, seriwijaya dan tulang bawang. kemudian kedah, melayu tulang bawang telah menjadi seriwijaya. letak seriwijaya berada ditengah tengah antara kerajaan melayu/ jambi dan kerajaan tulang bawang/ lampung.maka sumsel itulah seriwijaya itu. ini juga kunci kalau seriwijaya itu dari sumsel ini tidak terbantahkan oleh siapapun bukti pisik disumsel ada komplek istana candi, dua laksa pasukkan itu banyak komunitas besar . tidak mungkin komunitas lain punya pasukaan dua laksa/ 200.000 ditahun 683M berdasarkan peradaban2 dmasa itu. hanya sumsel yang mampu menghimpun pasukkan sebanyak itu padamasa itu berdasarkan peradaban2 di sumsel sebagai pemegang peradaban megalit terbesar didunia. Ini juga kunci kenyataan kalau seriwijaya itu memang berasal dari sumsel. hanya sumsel yang melakukan penaklukkan seriwijaya secara teratur dan masuk akal maksud saya berurutan waktu dan tempat2 yang ditaklukkan seriwijaya itu p. bangka, lampung, jawa kan urutan tempat itu kemudian kalimantan kedah perlak kemudian barus batk, serilangka. kalau yanglain tidak mungkin karena acak acakan dan tidak masuk akal contoh kalau seriwijaya itu diriau tahun 683 itu tidak mungkin menaklukkan palembang karena pasti melalui kerajaan/ wilayah kerajaan kedah, semenanjung malayu malaysia, melayu jambi, kerajaan bangka, pasti dihadang dulu oleh kerajaan kerajaan itu. palagi yang berjalan asal lewat aja wilayah kerajaan orang pasti dhancurkan orang. sebelum menaklukkan palembang seriwijaya harus menaklukkan kedah jambi dan bangka dulu. Ditahun sebelum 683 kedah belummenjadi wilayah seriwijaya artinya belum takluk jambi/ melayu juga belum bangka juga belum jadi wilayah seriwijaya. atas pertimbangan apa orang minangkabaw langsung menuju palembang untuk ditaklukkan seharusnya kedah dulu jambi dulu bangka dulu baru bisa kepalembang. jambi dan kedah lebih strategis dari segi pelayaran perdagangan dll daripada palembang. Ngapain orang minangkabaw bawa pasukkan raksasa dualaksa langsung menaklukkan palembang sedangkan kedah melayu jambi, bangka dilangkahi saja. Kalai merantau itu peroranga seorang dua orang kalau bawa pasukkan dua laksa itu bukan merantau tapi pindah atau ekspedisi atau serangan. Karakter orang sumsel itu adalah keras, petualang, tukang, pembuat senjata. petarung pedagang/ pengelola hasil bumi kopi, lada, cengkeh, beras, hasil hasil pertanian. orang padang jagok dagang pakayan tapi tidak bidang hasil bumi/ pertanian. orang sumsel yang jagok perdagangan hasil bumi/ pertanian. orang2 sumsel malang melintang bertarung berperang. dimelaka keturunan sumsel malang melintang perang dengan portugis inggris dari melaka ke bintan ke riau mendirikan kerajaan johor pahang kelantan perak patani itu orang melaka semua bukan orang negeri sembilan mana pernah negri sembilan berperang. AK gani mana pernah ikut perang cuman ngomong aja opurtunis ( mengambil untung dari perjuangan dari darah harta jiwa raga orang sumsel saja.) orang padang tidak bisa buat senjata/ bukan ahli pembuat senjata. Sumsel ahli pembuat senjata besi/ tukang pandi besi. orang meranjat ogan ilir itu ahli pembuat senjata sebagai pemasok senjata seriwijaya.aditya warman menamakan sumatra barat itu pagarruyung karena oraang sumatra barat menggunakan senjata dari ruyung/ kayu nibung bukan dari senjata besi. maka dengan mudah aditya warman menaklukkan sumatra barat. dan menamakan wilayah itu pagarruyng. banyak kekurangan kekurangan padang yang harus dimiliki seriwijaya sebagai kerajaan besar. orang padang itu ahli dagang pakayan tukang jait dan rumah makan tidak begitu diperlukan dalam karakter pembentukan kerajaan besar seriwijaya. orang padang tidak ada yang menjadi tukang bangunan/ ahli pertukangan/ bangunan orang sumsel ahli dalam pertukangan/ bangunan. orang padang tidak ahli membuat perahu orang sumsel ahli membuat perahu. dan yang paling penting orang padang tidak ahli dalam membuat senjata besi pedang tombak pisau dll. orang sumsel ahli pembuat senjata besi pisau, pedang, tombak dll. itu yangpaling diperlukan dalam seriwijaya. PALEMBANG TIDAK PERNAH DITAKLUKKAN OLEH SERIWIJAYA. KARENA PALEMBANG MEMANG WILAYAH SERIWIJAYA TAHUN 683 M ITU ADALAH PEMINDAHAN IBUKOTA SECARA BESAR- BESARAN DIWILAYAH SERIWIJAYA SENDIRI, DARI DAERAH ULUAN KEDAERAH ILIRAN SUMSEL SELEPAS DARI MENAKLUKKAN MINANGATAMWAN/ MELAYU JAMBI. KAWAN ….PADANG ITU PEMBERONTAK SEMUA PENGKHIANAT SEMUA LICIK SEMUA APA PERLU SAYA SEBUTKAN SATU PERSATU. OTAK DALANG PRRI ITU ORANG PADANG SEMUA. KODAM SERIWIJAYA SUMSEL DAN BUKIT BARISAN MEDAN YANG JADI KORBAN. ORANG SUMSEL DAN BATAK YANG DIANDALKAN KALIAN ORANG PADANG DIBANTAI HABIS TENTARA RI DARI JAWA DIBAWAH KOMANDO KOLONEL AHMAD YANI SEMUA ORANG PADANG LARI MINTA PERTOLONGAN ORANG SUMSEL DAN BATAK. BANYAK JENDRAL JENDRAL SUMSEL YANG TIDAK TAU APA APA IKUT MENANGGUNG SUSAH DIPECAT BAHKAN DIPENJARA GARA GARA KAMU ORANG PADANG BUAT BUAT DELKLARASI DIPALEMBANG RUSAK SEMUA SUMATERA GARA GARA KALIAN ORANG PADANG. TENTANG AK GANI KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU AK GANI ITU DOKTER MANA PERNAH DIA IKUT PERANG DAN MANA TAU SOAL PERANG KALAU TUKANG SUNTIK IA. BESAR OMONG AJA AK GANI. ORANG SUMSEL SIBUK PERANG MALAH DIA KEJAWA IKUT BERUNDING LINGGAR JATI YANG SANGAT MERUGIKAN INDONEIA. WILAYAH INDONESIA HANYA SUMATERA JAWA SAJA GARA GARA AK GANI CS. TENTANG PDRI ITU GAK ADA GUNA AMIR SARIPUDIN ITU ADALAH MENTRI KEMAKMURAN RAKYAT YANG DIPERINTAHKAN SUKARNO UNTUK MENJALANKAN PEMERINTAHAN(PDRI) BUKAN SEBAGAI PRESIDEN. PRESIDEN TETAP SUKARNO WALAU PUN DIA DITAHAN BELANDA DAN PEMERINTAHAN DIPEGANG OLEH MILITER JENDRAL SUDIRMAN. AMIR SARIPUDIN (PDRI) ITU GAK DIANGGAP GAK. KAMU ORANG PADANG SAJA YANG MEMBESAR BESARKANNYA. BERJUANG HIDUP DAN MATI APA PDRI CUMAN KULU KILIR ITULAH KERJAANNYA DISUMATERA BARAT GAK PERNAH PERANG DENGAN BELANDA ATAU MENJALANKAN PEMERINTAHAN. YANG SIBUK PERANG ITU DIJAWA JOGJA (LETKOL SUHARTO) SOLO( LETKOL SELAMET RIYADI) PASUKKAN SILIWANGI JAWA BARAT DAN YANG SIBUK MENJALANKAN PEMERINTAHAN SIPIL ITU SULTAN HAMENGKU BOWONO IX SEBAGAI MENTRI PERTAHANAN.BUKAN PDRI Reply sang says: January 31, 2014 at 12:53 am Misi utama dapunta hyang dari minanga berangkat ke palembang adalah menghapus peradaban megalithik, sebagaimana orang2 pagarruyung menghapus peradaban animisme di skala brak lampung. penguasaan palembang sebagai batu loncatan menuju lampung, bangka dan jawa… Perlu ekspedisi militer sebagaimana pasukan paderi berupaya menumpas kebiasaan animisme kanibalisme di tanah batak… Prasasti kedukan bukit thn 683M adalah pembentukan kedatuan, bukan monumen kembalinya sebuah ekspedisi dr minanga.. Misi membentuk peradaban buddhism lepas dr peradaban megalithik. Setelah thn berlalu, misi dilanjutkan wangsa syailendra dgn membawa peradaban buddhism ke jawa.. Makanya dibangunlah borobudur di jawa tengah sebagai simbol penegakan agama buddha. Di smatera tengah ada candi yg lebih tua dari sriwijaya yaitu candi muara takus di kampar riau yg adalah akses jalan dari minanga ke laut. Inilah awal mula peradaban buddha di nusantara lalu berpindah ke sriwijaya untuk mendekatkan posisi ke jawa yg durhaka msh menganut animisme hindu. Reply lawangan layang says: February 2, 2014 at 3:58 pm Putra Sumsel…Negakkah ganti nga tungguan hehehe.. Reply minangel says: February 3, 2014 at 7:24 am PUTra sumsel ngomongnya ngelantur … kemana2 ga karu2an …. wong saya cuma talk about borobudur, dapunta hyang, kedukan bukit dll …. lha putra sumsel ngerembet kemana2 …. Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:08 am NAH MASIH JUGA ORANG PADANG INI CARI GARA GARA ORANG SUDAH DIAM MASIH JUGA BANYAK OMONG DENGAR SANG SAYS HANYA SUMSEL DAN BENGKULU YANG BISA MENDATANGI PALEMBANG DENGAN BERPERAHU DAN BERJALAN LEWAT DARAT TAHUN 683 M ITU. YANGLAIN MUSTAHIL APALAGI SUMATERA BARAT KARENA PASTI LEWAT LAUT. TENGGELAM SEMUA PASUKKAN DARAT SERIWIJAYA YANG BERJALAN KALAU LEWAT LAUT BODOH. PUNYA OTAK ENGGAK KAMU ITU MANA ADA AHLI SEJARAH YANG MENGATAKAN MISI DAPUNTAHYANG SERIJAYA NAGA ITU MENGHAPUS PERADABAN MEGALITIK PALEMBANG. KAMU PADANG AJA NGARANG. DIPALEMBANG ITU GAK ADA PERADABAN MEGALIT YANG ADA DI DAERAH ULUANNYA DI RUMPUN PASEMAH. CANDI MUARA TAKUS ITU ABAD 12 DIBANGUN BODOH SERIWIJAYA ITU ABAD 7 BEDA 500 TAHUN TOLOL. KAMU PADANG ITU ZAMAN PAGARRUYUNG SAJA MASIH ANIMISME DENGAN KEPERCAYAAN DIGUNUNG MARAPI ITU BARU KETIKA ORANG SUMSEL YANG BERNAMA SANGSAPURBA MASUK KESUMATERA BARAT MENDIRIKAN KERAJAAN PASSAMAN YANG DILANJUTKAN DHARMASRAYA DAN PAGARRUYUNG baru ANIMISME LENYAP DI SUMATERA BARAT ITU. sumatera barat, riau, kedah jambi bangka belitung ada semua peradaban megalit. belumkan sumsel itu dulu yang harus dilenyapkan kalau DH itu dari sumatera barat tujuannya untuk nelenyapkan animisme/ peradaban megalit. dan sebelum th 683 wilayah wilayah itu masih merdeka semua baru setelah thn 683 wilayah wilayah itu menjadi seriwijaya. SEBELUM ADA ORANG SUMSEL MASUK KE SUMATERA BARAT GAK ADA KERAJAAN DAN RAJA DISUMATERA BARAT ITU YANG ADA NAGARI NAGARI/ KAMPUNG KAMPUNG YANG DI KETUAI OLEH PEMUKA ADAT. SUMSEL ITU PENGANUT AJARAN MONOTHEISME AJARAN NABI IBRAHIM/ NABI NUH BUKTI BANYAK DITEMUKAN TULISAN TULISAN KUNO YANG BERBENTUK TULISAN ARAB KUNO/ ARAB TUA DAN SETIDAKNYA ADA ARCA ORANG TIMUR TENGAH YANG SEDANG SHALAT. SERIWIJAYA ITU ADALAH KERAJAAN BUDAH, HINDU, MONOTHISME AJARAN PARA NABI NABI. RAJA KEDUA SERIWIJAYA SERIINDRAWARMAN BERAGAMA ISLAM. ALANGKAH BEBALNYA KAMU ORANG PADANG INI BERULANG KALI DIJELASKAN SEBELUM TAHUN 683M itu SERIWIJAYA ITU SUDAH ADA DAN DISBUT SERIWIJAYA BUKAN MINANGA TAMWAN. TAHUN 670 UDAH ADA SERIWIJAYA. ALANGKAH BODOH DAN BEBALNYA KAMU INI. LIHATNANTI KAMU TULISLAGI TULISAN KAMU ITU. BUKTI KAMU SERIWIJAYA ITU DAR MIANGKABAW APA KAMU BUAT SENJATA DARI BESI AJA GAK BISA RUYUNG KAYU NIBUNG AJA KAMU BISA BUAT. PEDANG DAN TOMBAK SENJATA SERIWIJAYA ITU BUKAN KAYU NIBUNG/ RUYUNG. SELURUH PRASASTI SERIWIJAYA DAN DAPUNTA SELENDRA BAIK DIJAWA, BALI DAN TEMPAT LAIN DAN SELURUH CATATAN DUNIA MENUNJUKAN KALAU SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL ITULAH BUKAN PADANG/MINANGKABAW. SELURUH AHLI SEJARAH MENAGATAKAN SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL. YANG MASIH ADA PERDEBATAN ITU ADALAH LETAK MINANGATAMWAN ITU. KAMU ORANG PADANG AJA YANG NGARANG MEMBANGUN OPINI SESAT DAN LICIK MENGATAKAN SERIWIJAYA ITU DARI MINANGKABAW. berdasarkan SELURUH keterangan ASING seriwijaya sudah ada sebelum tahun 683 M KETIKA ITSING BIKSU BUDAH INI YANG DATANG KESERIWIJAYA TAHUN 671 M. ITSING INI BIKSU DAN MENYAKSIKAN SENDIRI SERIWIJAYA TIDAK MUNGKIN DIA BOHONG Dr. Slametmulyana, ahli filologi ternama, dalam bukunya Kuntala, Sriwijaya dan Suwarnabhumi, Idayu, Jakarta, 1981, hh. 73-74, berpendapat bahwa Kerajaan Sriwijaya selamanya berADA DISUMSEL dan tidak pernah berpindah-pindah SAMPAI SERANGAN COLA DARI INDIA baru pindah ke dharmasraya . Isi prasasti Kedukan Bukit tidak ada hubungannya dengan pembuatan kota Sriwijaya, dan Minanga yang disebutkan dalam prasasti itu hanyalah sebuah daerah taklukan Sriwijaya. Slametmulyana melokasikan Minanga di Binanga, yang terletak di tepi Sungai Barumun, Sumatera Timur. Dari uraian I-tsing jelas sekali bahwa Malayu terletak di tengah pelayaran antara Sriwijaya dan Kedah. Sriwijaya terletak di selatan atau tenggara Malayu. Hampir semua ahli sejarah sepakat bahwa negeri Malayu berlokasi di Jambi, JADI jelas sumsel yang berada di selatan/ tenggara jambi bukan sumatera barat. Sumatera barat / riau terletak di utara / barat laut jambi. dari keterangan luar juga disebut seriwijaya melayu/ jambi dan tulang bawang lampung. seriwijaya berada di tengah antara jambi dan tulang bawang lampung maka jelas sumsel dan bengkulu yang terletak antra jambi dan lampung, bukan sumatera barat/ riau. Ditinjau dari data arkeologi, pelokasian Sriwijaya di Palembang memperoleh pembuktian yang sangat kuat. Sebagian besar prasasti Sriwijaya ditemukan di Palembang: Kedukan Bukit, Talang Tuwo, Telaga Batu, lima buah pecahan prasasti, dan batu-batu mengenai ‘siddhayatra’. Pada salah satu pecahan prasasti terdapat keterangan mengenai pardatuan (istana raja). Yang lebih meyakinkan, prasasti Telaga Batu menyebutkan berbagai pembesar tinggi yang hanya mungkin ada di ibukota atau pusat pemerintahan suatu kerajaan, seperti putra mahkota, selir raja, senapati, hakim, para menteri, sampai pembersih dan pelayan istana. Lihat: George Coedes, “Les Inscriptions Malaises de Crivijaya”, BEFEO, tome 30, 1930, hh. 29-80; Johannes Gijsbertus de Casparis, Prasasti Indonesia II, Dinas Purbakala Republik Indonesia, Masa Baru, Bandung, 1956, hh. 1-46. Bahwa negeri Sriwijaya tidak terletak pada garis khatulistiwa, melainkan di selatan khatulistiwa, terbukti dari keterangan Al-Biruni yang menyatakan bahwa garis khatulistiwa terletak antara Kedah dan Sriwijaya. (Abu Raihan Muhammad ibn Ahmad Al-Biruni, ahli geografi Persia, mengunjungi Asia Tenggara tahun 1030 dan menulis catatan perjalanan Tahqiq ma li l-Hind (Fakta-fakta di Hindia). Paul Wheatley, h. 219, menerjemahkan keterangan Al-Biruni: “The equator runs between Kedah and Srivijaya”). SEDANGKAN SUMATRA BARAT BERADA DI UTARA KHATULISTIWA tentang urayan itsing seriwijaya tidak ditemukan bayangan disumsel pun tidak ditemukan bayangan karena masih disekitar katulistiwa dan sumsel tepat berada disekitar selatan katulistiwa. itsing tdak pernah menyebut katulistiwa karena itsing tidak tau katulistiwa dia hanya menyebut tidak ditemukan bayangan . yang menyebut katulistiwa itu Al- biruni ahli geografi persia yang telah mengenal katulistiwa. dengan tegas mengatakan utara katulis tiwa adalah kedah dan selatan katulistiwa adalah seriwijaya. pendapat Prof. Dr. R.M. Ngabehi Purbatjaraka dalam Riwajat Indonesia, I, gagasan Pembangunan, Djakarta, 1952, h. 35. Alasannya, “tamwan” berasal dari kata “temu”, lalu Purbatjaraka menafsirkannya “daerah tempat sungai bertemu”. Mengapa harus di Kampar, Purbatjaraka tidak memberikan alasan. Minangatamwan itu pertemuan dua sungai kembar riam kiri riam kanan riau itu menurut purbacaraka tidak pernah purbacaraka mengatakan minangatamwan itu minang kabaw apalagi mengatakan seriwijaya itu minangkabaw atau dari minang kabaw. Kamu orang padang aja yang ngarang menghubung hubungkannya mengatas nama kan pendapat ahli purbacaraka. Pendapat purbacaraka ini dibantah dengan jitu oleh Prof. Dr. J.G. de Casparis yang membuktikan bahwa”tamwan” tidak ada hubungannya dengan “temu”, sebab kata yang terakhir ini sudah dipakai pada zaman Sriwijaya dalam bahasa rumpun suku bangsa pasemah/ besemah temu/ betemu. Dalam prasasti Talang Tuwo terdapat enam buah kata “temu” (J.G. de Casparis, 1956, h. 13). Penelitian para ahli bahasa menyatakan bahwa kata “tamwan” pada prasasti Kedukan Bukit bukanlah nama tempat, melainkan kata biasa yang sekarang menjadi “tambahan”, sebagaimana kata wulan, sariwu, wanyak dan marwuat menjadi bulan, seribu, banyak dan membuat. Pendapat Dr. Buchari yang mengatakan Minanga adalah Batang Kuantan (minanga = muara = kuala = kuantan) juga perlu diragukan. Kata “minanga” tidak ada hubungannya dengan “muara”, sebab kata “muara” juga sudah dipakai pada zaman Sriwijaya dalam bahasa rumpun suku bangsa pasemah/ besemah adalh muare. Pada pecahan prasasti A baris ke-16 yang ditemukan di Palembang terdapat kata “muare”. Lihat: J.G. de Casparis, 1956, h. 5. Buchari sendiri mengakui bahwa di Batang Kuantan belum ditemukan peninggalan arkeologis yang menunjang pendapatnya, dengan mengatakan (1979, h. 28), “Memang di Batang Kuantan belum ditemukan peninggalan arkeologis. Tapi kan di sana belum diadakan penggalian? Siapa tahu nanti ada kejutan di sana.” DAN MASIH SEJUTA BUKTI KALAU SERIWIJAYA DAPUNTA HYANG SERI JAYA NASA DAPUNTA SELENDRA BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL ITULAH. sumatera barat mana buktinya kalau seriwijaya dari minang kabaw tentang statmen saudara minangel minangkabaw adalah yahudi indonesia perlu saya tegaskan dan koreksi kecuali passaman dharmas raya dan pagarruyung itu bukan keturunan yahudi tapi keturunan sumsel. passaman, dharmas raya dan pagarruyung berada disumatera barat dan berasal dari sumatera selatan paling tidak para rajanya/ pendirinya. berasal dari sumsel jadi mereka itu saudara sumsel bukan saudara yahudi entah kalau yang lain saya tidak tau sejarahnya. tapi kalau passaman, dharmas raya, pagarruyung , sangsapurba, aditya warman, dara petak, dara jingga, arya damar, serimat mauli warma dewa dinasti mauli kami orang sumsel tau benar sejarahnya. karena mereka Semua dari sumsel SALAM PERSAUDARAAN SEMUA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:38 am KALAU PADANG/ MINANG KABAW / SUMATERA BARAT ADALAH YAHUDI INDONESIA KECUALI PASSAMAN, DHARMASRAYA, PAGARRUYUNG. MAKA KAMI SUMSEL ADALAH QURAISYNYA NUSANTARA. SLURUH RAJA DAN PENGUASA PRESIDEN DITIMUR TENGAH BERASAL DARI QURAISY SEMUA MANA ADA DARI ISRAEL/ YAHUDI MAKA BEGITU JUGA SUMSEL. SELURUH RAJA DIJAWA, BALI, KALIMANTAN, RAJA RAJA MELAYU, RAJA2 THAILAN, KAMBOJA/ KHEMER/ MIANMAR, SERILANGKA BERASAL DARI SUMSEL SEMUA. KALAU KAMU PADANG KATAKAN ORANG MINANG ITU MELIPUTI SUMATERA TENGAH YANG WILAYAHNYA SUMBAR DAN RIAU DAN KEP MENTAWAI MAKA KAMI SUMSEL LEBIH LUAS LAGI DARI KAMU PADANG. KAMI SUMSEL MELIPUTI SUMSEL PALEMBANG, BENGKULU, JAMBI, LAMPUNG DAN KEP BANGKA BELITUNG ( SUMBAGSEL). YANG BERPUSAT DIPALEMBANG. SELURUH ULAMA BERASAL DARI QURAISY HADITS NABI PERNAH MENGATAKAN DUNIA BAIK DAN BURUK MENGIKUT QURAISY, KAMU LIAT BAJAK LAUTDUNIA ITU ORANG QURAISY, TERORIS DUNIA ORANG QURAISY PENGUSAHA DUNIA QURAISY, ORANG QURAIS MENYEBAR DIDUNIA SEBAGAI PENGUASA BEGITU JUGA SUMSEL SEBAGAI KOMUNITAS HABIB/ SYARIP TERBESAR DI ASIA TENGGARA PALEMBANG ITU ADALAH HADRAMAUT KEDUA HADRAMAUT ASIA TENGGARA, BAJAK LAUT TERBESAR DI ASIA ADALAH SUMSEL. ASAL SELURUH RAJA MELAYU, ASAL RAJA JAWA, DAN BALI ASL RAJA ASIA TENGGARA. TERMASUK KAMU RAJA RAJA PADANG ITU BERASAL DARI SUMSEL JUGA. SUKARNO ITU BERDARAH JAWA DAN BALI YANG BERASAL DARI SUMSEL. PENJAHAT TUKANG RAMPOK TUKANG BEGAL TUKANG TUJAH TUKAG KAPAK ITU ORANG SUMSEL YANG MERAMPOK SAMPAI KE MALAYSIA, SINGAPURA, KANTON CINA. ORANG SUMSEL JUGA DUTA DUTA SERIWIJAYA DARI SUMSEL PERNAH MEMBUNUH GUBERNUR CINA DI KANTON YANG KORUP DAN BERTINDAK SEWENANG WENANG DENGAN PARA DUTA DUTA DAGAN YANG DATANG KECINA GUBERNUR CANTON ITU ADALAH PENGUASA KANTON YANG MEMBANGKANG TERHADAP KAISAR CINA. ULAMA ULAMA ITU DARI SUMSEL SEMUA WALI SONGO DARI SUMSEL SEMUA SEBELUM MENETAP DI JAWA, KALIAN ULAMA KETURUNAN PADANG ITU SEBENARNYA TIDAK ADA APA APANYA JIKA DIBANGING DENGAN ULAMA KETURUNAN SUMSEL TAPI KALIAN PADANG SAJA YANG MEMBESAR BESARKANNYA DAN SELALU MENG EKSPOSNYA SELALU MENGANGKAT ANGKATNYA SEHINGGA KELIHATAN SEPERTI BESAR. SEDANGKAN SUMSEL KALIAN KECIL KECILKAN KALIAN TUTUP- TUTUPI. ULAMA TANJUNG PERIOK ITU HABIB KETURUNAN SUMSEL PENDIRI SINGA PURA ITU SUMSEL YANG MENAMAKAN PULAU SUMATERA ITU ORANG SUMSEL RAJA NUSANTARA YANG PERTAMA BERAGAMA ISLAM ADALAH SERI INDRAWARMAN RAJA SERIWIJAYA ORANG SUMSEL. 6 JUTA ORANG YAHUDI DI BANTAI OLEH HITLER. ORANG YAHUDI DIKUTUK ALLAH MENJADI BABI DAN MONYET PADA ZAMAN NABI MUSA, BERARTI PADANG ITU KETURUNAN BABI DAN MONYETJUGA KARENA YAHUDI ITU DIKUTUK JADI BABI DAN MONYET. ORANG PADANG DIBANTAI OLEH TNI dari jawa karena pemberontak pengkhianat PRRI. orang padang lari ke sumsel lari ke batak mintak pertolongan orang orang sumsel dan batak. waktu itu banyak orang orang padang yang kami tolong yang kami ssembunyikan dan banyak yang dinikahkan dengan orang sumsel karena kami kaihan karena masih saudara seagama sama sama orang islam sama sama orang sumatera. orang padang dikutuk jadi batu karena durhaka dengan ibu seperti maling kundangg sama betul kamu dengan orang yahudi Reply putra sumsel says: February 1, 2014 at 2:04 am ORANG PADANG NGAKU NGAKU KETURUNAN ALEXANDER THE GREAT KING OF MACEDONIA MANA PERNAH ORANG YUNANI MENGATAKAN ITU. TAPI SUMSEL DUTA BESAR YUNANI SENDIRI YANG MENGATAKAN SUMSEL BERSAUDARA DENGAN YUNANI PADA WAKTU BERKUNJUNG KEPAGAR ALAM. DAN ITU DITINDAK LANJUTI SAMPAI KE RAJA YUNANI DAN KETURUNAN SULTAN Palembang DS. itu berdasarkan tes DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban yunani. begitu juga dengan korea. orang korea sendiri yang melakukan penelitian oleh para ahli dari korea mengatakan nenek moyang korea berasal dari sumsel berdasarkan DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban korea. raja raja korea, presiden- peresiden korea KIM- JUNG- IL adalah keturunan sumsel. seluruh peradaban dunia ada disumsel ini buktinya. 1. DIWILAYAH INI BANYAK DITEMUKAN PERADABAN DARI SELURUH DUNIA, MULAI DARI PERADABAN/ARCA PERADABAN KERAJAAN ROMAWI DAN YUNANI KUNO/ EROPA, CINA/ ASIA TIMUR, TIMUR TENGAH, INDIA, AFRIKA, BAHKAN PERADABAN ARCA ARCA INCA DAN MAYA DIBENUA AMERIKA DITEMUKAN DI PAGAR ALAM SUMSEL DAN WILAYAH WILAYAH RUMPUN PASEMAH LAINNYA. ORANG ORANG PASEMAH ADALAH ORANG ORANG JEME DUCUNG, JEME NUK, JEME REBIKE, JEME SEBAKAS, SUMSEL Kota Internasional Purba di Nusantara Kota Internasional Purbakala… Di wilayah sekitar Gunung Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai daerah Besemah, ditemukan berbagai benda arkeologi. Dari temuan-temuan arkeologis menunjukkan wilayah ini, ribuan tahun yang silam telah didiami manusia dari berbagai ras di dunia. Temuan-temuan itu, antara lain : 1. Pada seni pahat Besemah muncul gejalah pengaruh budaya Eropa (yunani) seperti dalam pahatan (goresan)di situs megalitik Tegurwangi Lame terdapat figur tokoh-tokoh yang di gambarkan dengan tutup kepala yang berumbai-rumbai dan hiasan dalam bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai perlengkapan pakaian serdadu Romawi. 2. Pada arca –arca megalit Besemah di Pulaupagung (Sekendal ),Tajungsiri, Muaradue gumay ulu, dan lain- lain tertdapat pahatan yang menggambarkan pakaian ponco yang di gunakan oleh suku-suku bangsa di Amerika.Sementara pada bagian kaki, ada pahatan–pahatan yang menggambarkan penutup kaki yang oleh R.P Soejono dikatakan kaos kaki 3. Arca-arca megalitik di Besemah banyak yang digambarkan mengenakan pelengkap pakaian, seperti adanya pahatan nekara perunggu, belati atau pedang. Pahatan ini menggambarkan alat-alat kelengkapan hidup yang pada awalnya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di daerah Dong-son, Vietnam (Soejono, 1982-1983;Gildern, 1945). 4. Adanya pengaruh luar khususnya dari segi bentuk tubuh (fisik) arca-arca megalitik, yang seolah-olah menggambarkan bentuk prototif orang Negro, dengan ciri-ciri hidung pesek dan bibir tebal. Dalam temuan terakhir di situs Kute-ghaye, ada arca yang dipahatkan berambut keriting yang digambarkan dengan bentuk melingkar. Selain itu, dalam masyarakat Besemah ada tentang keberadaan berbagai ras, yang pernah mendiami
  4. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    isi teks dari komen hanyalah pengulangan (copy-pase) dari apa yg telah disampaikan pada thread https://minangel.wordpress.com/2013/05/28/borobudur-adalah-warisan-minangkabau/ — yg mana itu pun penuh dg kata2 kasar dan sumpah serapah.

    karena teks ini hanya berupa pengulangan (itu pun sangat panjang – 23 halaman di ms-word) maka saya menganggap komen ini hanyalah TEBARAN SAMPAH dari orang stress ….. yg ditebarkan di pekarangan orang – perbuatan yg sangat tidak terpuji, tentunya.

    mohon maaf atas deletion ini.

  5. ORANG PADANG ITU SELALU MEMBANGUN OPINI YANG SANGAT MENYESATKAN DAN SANGAT LICIK DAN MENJIJIKKAN YANG SELALU MEMBESAR BESARKAN PERAN DAN JASA ORANG PADANG PADAHAL SAMA SEKALI TIDAK ADA APA APANYA. PEMBERONTAK SEMUA PENGKHIANAT SEMUA, OPURTUNIS, LICIK, CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT, TUKANG PENYEBAR PITNAH , TUKANG TIPU, TUKANG ADU DOMBA, TUKANG HASUT, TUKANG PEMECAH BELAH, TUKANG PERONGRONG, YAHUDI INDONESIA, GENERASI TERKUTUK SEBAGAI BABI DAN MONYET. DURHAKA KEPADA IBU TERKUTUK KAMPANG SEMUA KAMU PADANG PANTASLAH KALIAN DIHANCURKAN DIBANTAI SEMUA DISEMBLIH DIBAKAR HIDUP HIDUP DI RAJAM DIGANTUNG DIPENGGAL OLEH ALLAH MELALUI KERAJAAN SERIWIJAYA PADA SAAT SERIWIJAYA MENYERANG MENGHANCURKAN DAN MENGUASAI BARUS, MELALUI TNI PADA SAAT ORANG PADANG PEMBERONTAK PRRI DIHANCURKAN OLEH KERJAAN ACEH, DIHANCURKAN OLEH KERAJAAN MELAKA. orang orang sukses dibumi sumsel dari luar sumsel banyak orang minang orang batak orang jawa orang arab dll AK gani Memang orang minang kaba jendral nasution pernah juga dipalembang aulia pohan dari batak LAHIR DIPALEMBANG BAHKAN SBY PUN PERNAH MENJADI PANGDAM SERIWIJAYA DIPALEMBANG . tapi bukan serta merta seriwijaya DH dari btak atau dari minangkabaw atau dari jawa atau dari bugis atau dari arab kawan. SEJARAH TETAP SEJARAH TIDAK BISA DIRUBAH SEKALIPUN ORANG PAPUA MENJADI PRESIDEN TETAP TIDAK AKAN MERUBAH SERIWIJAYA DAN ASAL USULNYA BERADA DI PAPUA. BEGITU JUGA YANG LAIN SIAPAPUNYANG JADI PRESIDEN DARI DAERAH MANAPUN JUGA TETAP TIDAK BISA MERUBAH SEJARAH SERIWIJAYA DAN ASAL USULNYA. KALAU MEREKAYASA IA BISA SEPERTI KAMU ORANG PADANG INI YANG MEREKA YASA ASAL USUL SERIWIJAYA. tentang DH dan asal usul seriwijaya itu berdasarkan fakta sejarah bukti sejarah isi prasasti bukti pisik bukti bahasa dan budaya catatan asing peradaban yang kuat dan besar sebagai komunitas pendukung DH dan 2 laksa pasukkannya. semua menunjukan DH dan seriwijaya memang berasal dari sumsel itulah. kunci seriwijaya berasal dari sumsel yang sulit sekali dibantah adalah prasasti kedukan bukit yang menegaskan DH membawa pasukan naik perahu dan berjalan hanya orang sumsel yang bisa melakukan itu untuk mendatangi palembang dengan berperahu dan berjalan. itu kunci yang yang tidk bisa dibantah oleh pihak manapun. seriwijaya sudah ada sebelum 683 M. dan sudah disebut seriwijaya bukan minangatamwan. itu juga adalah kunci kalau seriwijaya itu berasal dari sumsel Ada keterangan tentang kerajaan kedah, moloyo/ melayu tua jambi, seriwijaya dan tulang bawang. kemudian kedah, melayu tulang bawang telah menjadi seriwijaya. letak seriwijaya berada ditengah tengah antara kerajaan melayu/ jambi dan kerajaan tulang bawang/ lampung.maka sumsel itulah seriwijaya itu. ini juga kunci kalau seriwijaya itu dari sumsel ini tidak terbantahkan oleh siapapun bukti pisik disumsel ada komplek istana candi, dua laksa pasukkan itu banyak komunitas besar . tidak mungkin komunitas lain punya pasukaan dua laksa/ 200.000 ditahun 683M berdasarkan peradaban2 dmasa itu. hanya sumsel yang mampu menghimpun pasukkan sebanyak itu padamasa itu berdasarkan peradaban2 di sumsel sebagai pemegang peradaban megalit terbesar didunia. Ini juga kunci kenyataan kalau seriwijaya itu memang berasal dari sumsel. hanya sumsel yang melakukan penaklukkan seriwijaya secara teratur dan masuk akal maksud saya berurutan waktu dan tempat2 yang ditaklukkan seriwijaya itu p. bangka, lampung, jawa kan urutan tempat itu kemudian kalimantan kedah perlak kemudian barus batk, serilangka. kalau yanglain tidak mungkin karena acak acakan dan tidak masuk akal contoh kalau seriwijaya itu diriau tahun 683 itu tidak mungkin menaklukkan palembang karena pasti melalui kerajaan/ wilayah kerajaan kedah, semenanjung malayu malaysia, melayu jambi, kerajaan bangka, pasti dihadang dulu oleh kerajaan kerajaan itu. palagi yang berjalan asal lewat aja wilayah kerajaan orang pasti dhancurkan orang. sebelum menaklukkan palembang seriwijaya harus menaklukkan kedah jambi dan bangka dulu. Ditahun sebelum 683 kedah belummenjadi wilayah seriwijaya artinya belum takluk jambi/ melayu juga belum bangka juga belum jadi wilayah seriwijaya. atas pertimbangan apa orang minangkabaw langsung menuju palembang untuk ditaklukkan seharusnya kedah dulu jambi dulu bangka dulu baru bisa kepalembang. jambi dan kedah lebih strategis dari segi pelayaran perdagangan dll daripada palembang. Ngapain orang minangkabaw bawa pasukkan raksasa dualaksa langsung menaklukkan palembang sedangkan kedah melayu jambi, bangka dilangkahi saja. Kalai merantau itu peroranga seorang dua orang kalau bawa pasukkan dua laksa itu bukan merantau tapi pindah atau ekspedisi atau serangan. Karakter orang sumsel itu adalah keras, petualang, tukang, pembuat senjata. petarung pedagang/ pengelola hasil bumi kopi, lada, cengkeh, beras, hasil hasil pertanian. orang padang jagok dagang pakayan tapi tidak bidang hasil bumi/ pertanian. orang sumsel yang jagok perdagangan hasil bumi/ pertanian. orang2 sumsel malang melintang bertarung berperang. dimelaka keturunan sumsel malang melintang perang dengan portugis inggris dari melaka ke bintan ke riau mendirikan kerajaan johor pahang kelantan perak patani itu orang melaka semua bukan orang negeri sembilan mana pernah negri sembilan berperang. AK gani mana pernah ikut perang cuman ngomong aja opurtunis ( mengambil untung dari perjuangan dari darah harta jiwa raga orang sumsel saja.) orang padang tidak bisa buat senjata/ bukan ahli pembuat senjata. Sumsel ahli pembuat senjata besi/ tukang pandi besi. orang meranjat ogan ilir itu ahli pembuat senjata sebagai pemasok senjata seriwijaya.aditya warman menamakan sumatra barat itu pagarruyung karena oraang sumatra barat menggunakan senjata dari ruyung/ kayu nibung bukan dari senjata besi. maka dengan mudah aditya warman menaklukkan sumatra barat. dan menamakan wilayah itu pagarruyng. banyak kekurangan kekurangan padang yang harus dimiliki seriwijaya sebagai kerajaan besar. orang padang itu ahli dagang pakayan tukang jait dan rumah makan tidak begitu diperlukan dalam karakter pembentukan kerajaan besar seriwijaya. orang padang tidak ada yang menjadi tukang bangunan/ ahli pertukangan/ bangunan orang sumsel ahli dalam pertukangan/ bangunan. orang padang tidak ahli membuat perahu orang sumsel ahli membuat perahu. dan yang paling penting orang padang tidak ahli dalam membuat senjata besi pedang tombak pisau dll. orang sumsel ahli pembuat senjata besi pisau, pedang, tombak dll. itu yangpaling diperlukan dalam seriwijaya. PALEMBANG TIDAK PERNAH DITAKLUKKAN OLEH SERIWIJAYA. KARENA PALEMBANG MEMANG WILAYAH SERIWIJAYA TAHUN 683 M ITU ADALAH PEMINDAHAN IBUKOTA SECARA BESAR- BESARAN DIWILAYAH SERIWIJAYA SENDIRI, DARI DAERAH ULUAN KEDAERAH ILIRAN SUMSEL SELEPAS DARI MENAKLUKKAN MINANGATAMWAN/ MELAYU JAMBI. KAWAN ….PADANG ITU PEMBERONTAK SEMUA PENGKHIANAT SEMUA LICIK SEMUA APA PERLU SAYA SEBUTKAN SATU PERSATU. OTAK DALANG PRRI ITU ORANG PADANG SEMUA. KODAM SERIWIJAYA SUMSEL DAN BUKIT BARISAN MEDAN YANG JADI KORBAN. ORANG SUMSEL DAN BATAK YANG DIANDALKAN KALIAN ORANG PADANG DIBANTAI HABIS TENTARA RI DARI JAWA DIBAWAH KOMANDO KOLONEL AHMAD YANI SEMUA ORANG PADANG LARI MINTA PERTOLONGAN ORANG SUMSEL DAN BATAK. BANYAK JENDRAL JENDRAL SUMSEL YANG TIDAK TAU APA APA IKUT MENANGGUNG SUSAH DIPECAT BAHKAN DIPENJARA GARA GARA KAMU ORANG PADANG BUAT BUAT DELKLARASI DIPALEMBANG RUSAK SEMUA SUMATERA GARA GARA KALIAN ORANG PADANG. TENTANG AK GANI KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU AK GANI ITU DOKTER MANA PERNAH DIA IKUT PERANG DAN MANA TAU SOAL PERANG KALAU TUKANG SUNTIK IA. BESAR OMONG AJA AK GANI. ORANG SUMSEL SIBUK PERANG MALAH DIA KEJAWA IKUT BERUNDING LINGGAR JATI YANG SANGAT MERUGIKAN INDONEIA. WILAYAH INDONESIA HANYA SUMATERA JAWA SAJA GARA GARA AK GANI CS. TENTANG PDRI ITU GAK ADA GUNA AMIR SARIPUDIN ITU ADALAH MENTRI KEMAKMURAN RAKYAT YANG DIPERINTAHKAN SUKARNO UNTUK MENJALANKAN PEMERINTAHAN(PDRI) BUKAN SEBAGAI PRESIDEN. PRESIDEN TETAP SUKARNO WALAU PUN DIA DITAHAN BELANDA DAN PEMERINTAHAN DIPEGANG OLEH MILITER JENDRAL SUDIRMAN. AMIR SARIPUDIN (PDRI) ITU GAK DIANGGAP GAK. KAMU ORANG PADANG SAJA YANG MEMBESAR BESARKANNYA. BERJUANG HIDUP DAN MATI APA PDRI CUMAN KULU KILIR ITULAH KERJAANNYA DISUMATERA BARAT GAK PERNAH PERANG DENGAN BELANDA ATAU MENJALANKAN PEMERINTAHAN. YANG SIBUK PERANG ITU DIJAWA JOGJA (LETKOL SUHARTO) SOLO( LETKOL SELAMET RIYADI) PASUKKAN SILIWANGI JAWA BARAT DAN YANG SIBUK MENJALANKAN PEMERINTAHAN SIPIL ITU SULTAN HAMENGKU BOWONO IX SEBAGAI MENTRI PERTAHANAN.BUKAN PDRI Reply sang says: January 31, 2014 at 12:53 am Misi utama dapunta hyang dari minanga berangkat ke palembang adalah menghapus peradaban megalithik, sebagaimana orang2 pagarruyung menghapus peradaban animisme di skala brak lampung. penguasaan palembang sebagai batu loncatan menuju lampung, bangka dan jawa… Perlu ekspedisi militer sebagaimana pasukan paderi berupaya menumpas kebiasaan animisme kanibalisme di tanah batak… Prasasti kedukan bukit thn 683M adalah pembentukan kedatuan, bukan monumen kembalinya sebuah ekspedisi dr minanga.. Misi membentuk peradaban buddhism lepas dr peradaban megalithik. Setelah thn berlalu, misi dilanjutkan wangsa syailendra dgn membawa peradaban buddhism ke jawa.. Makanya dibangunlah borobudur di jawa tengah sebagai simbol penegakan agama buddha. Di smatera tengah ada candi yg lebih tua dari sriwijaya yaitu candi muara takus di kampar riau yg adalah akses jalan dari minanga ke laut. Inilah awal mula peradaban buddha di nusantara lalu berpindah ke sriwijaya untuk mendekatkan posisi ke jawa yg durhaka msh menganut animisme hindu. Reply lawangan layang says: February 2, 2014 at 3:58 pm Putra Sumsel…Negakkah ganti nga tungguan hehehe.. Reply minangel says: February 3, 2014 at 7:24 am PUTra sumsel ngomongnya ngelantur … kemana2 ga karu2an …. wong saya cuma talk about borobudur, dapunta hyang, kedukan bukit dll …. lha putra sumsel ngerembet kemana2 …. Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:08 am NAH MASIH JUGA ORANG PADANG INI CARI GARA GARA ORANG SUDAH DIAM MASIH JUGA BANYAK OMONG DENGAR SANG SAYS HANYA SUMSEL DAN BENGKULU YANG BISA MENDATANGI PALEMBANG DENGAN BERPERAHU DAN BERJALAN LEWAT DARAT TAHUN 683 M ITU. YANGLAIN MUSTAHIL APALAGI SUMATERA BARAT KARENA PASTI LEWAT LAUT. TENGGELAM SEMUA PASUKKAN DARAT SERIWIJAYA YANG BERJALAN KALAU LEWAT LAUT BODOH. PUNYA OTAK ENGGAK KAMU ITU MANA ADA AHLI SEJARAH YANG MENGATAKAN MISI DAPUNTAHYANG SERIJAYA NAGA ITU MENGHAPUS PERADABAN MEGALITIK PALEMBANG. KAMU PADANG AJA NGARANG. DIPALEMBANG ITU GAK ADA PERADABAN MEGALIT YANG ADA DI DAERAH ULUANNYA DI RUMPUN PASEMAH. CANDI MUARA TAKUS ITU ABAD 12 DIBANGUN BODOH SERIWIJAYA ITU ABAD 7 BEDA 500 TAHUN TOLOL. KAMU PADANG ITU ZAMAN PAGARRUYUNG SAJA MASIH ANIMISME DENGAN KEPERCAYAAN DIGUNUNG MARAPI ITU BARU KETIKA ORANG SUMSEL YANG BERNAMA SANGSAPURBA MASUK KESUMATERA BARAT MENDIRIKAN KERAJAAN PASSAMAN YANG DILANJUTKAN DHARMASRAYA DAN PAGARRUYUNG baru ANIMISME LENYAP DI SUMATERA BARAT ITU. sumatera barat, riau, kedah jambi bangka belitung ada semua peradaban megalit. belumkan sumsel itu dulu yang harus dilenyapkan kalau DH itu dari sumatera barat tujuannya untuk nelenyapkan animisme/ peradaban megalit. dan sebelum th 683 wilayah wilayah itu masih merdeka semua baru setelah thn 683 wilayah wilayah itu menjadi seriwijaya. SEBELUM ADA ORANG SUMSEL MASUK KE SUMATERA BARAT GAK ADA KERAJAAN DAN RAJA DISUMATERA BARAT ITU YANG ADA NAGARI NAGARI/ KAMPUNG KAMPUNG YANG DI KETUAI OLEH PEMUKA ADAT. SUMSEL ITU PENGANUT AJARAN MONOTHEISME AJARAN NABI IBRAHIM/ NABI NUH BUKTI BANYAK DITEMUKAN TULISAN TULISAN KUNO YANG BERBENTUK TULISAN ARAB KUNO/ ARAB TUA DAN SETIDAKNYA ADA ARCA ORANG TIMUR TENGAH YANG SEDANG SHALAT. SERIWIJAYA ITU ADALAH KERAJAAN BUDAH, HINDU, MONOTHISME AJARAN PARA NABI NABI. RAJA KEDUA SERIWIJAYA SERIINDRAWARMAN BERAGAMA ISLAM. ALANGKAH BEBALNYA KAMU ORANG PADANG INI BERULANG KALI DIJELASKAN SEBELUM TAHUN 683M itu SERIWIJAYA ITU SUDAH ADA DAN DISBUT SERIWIJAYA BUKAN MINANGA TAMWAN. TAHUN 670 UDAH ADA SERIWIJAYA. ALANGKAH BODOH DAN BEBALNYA KAMU INI. LIHATNANTI KAMU TULISLAGI TULISAN KAMU ITU. BUKTI KAMU SERIWIJAYA ITU DAR MIANGKABAW APA KAMU BUAT SENJATA DARI BESI AJA GAK BISA RUYUNG KAYU NIBUNG AJA KAMU BISA BUAT. PEDANG DAN TOMBAK SENJATA SERIWIJAYA ITU BUKAN KAYU NIBUNG/ RUYUNG. SELURUH PRASASTI SERIWIJAYA DAN DAPUNTA SELENDRA BAIK DIJAWA, BALI DAN TEMPAT LAIN DAN SELURUH CATATAN DUNIA MENUNJUKAN KALAU SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL ITULAH BUKAN PADANG/MINANGKABAW. SELURUH AHLI SEJARAH MENAGATAKAN SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL. YANG MASIH ADA PERDEBATAN ITU ADALAH LETAK MINANGATAMWAN ITU. KAMU ORANG PADANG AJA YANG NGARANG MEMBANGUN OPINI SESAT DAN LICIK MENGATAKAN SERIWIJAYA ITU DARI MINANGKABAW. berdasarkan SELURUH keterangan ASING seriwijaya sudah ada sebelum tahun 683 M KETIKA ITSING BIKSU BUDAH INI YANG DATANG KESERIWIJAYA TAHUN 671 M. ITSING INI BIKSU DAN MENYAKSIKAN SENDIRI SERIWIJAYA TIDAK MUNGKIN DIA BOHONG Dr. Slametmulyana, ahli filologi ternama, dalam bukunya Kuntala, Sriwijaya dan Suwarnabhumi, Idayu, Jakarta, 1981, hh. 73-74, berpendapat bahwa Kerajaan Sriwijaya selamanya berADA DISUMSEL dan tidak pernah berpindah-pindah SAMPAI SERANGAN COLA DARI INDIA baru pindah ke dharmasraya . Isi prasasti Kedukan Bukit tidak ada hubungannya dengan pembuatan kota Sriwijaya, dan Minanga yang disebutkan dalam prasasti itu hanyalah sebuah daerah taklukan Sriwijaya. Slametmulyana melokasikan Minanga di Binanga, yang terletak di tepi Sungai Barumun, Sumatera Timur. Dari uraian I-tsing jelas sekali bahwa Malayu terletak di tengah pelayaran antara Sriwijaya dan Kedah. Sriwijaya terletak di selatan atau tenggara Malayu. Hampir semua ahli sejarah sepakat bahwa negeri Malayu berlokasi di Jambi, JADI jelas sumsel yang berada di selatan/ tenggara jambi bukan sumatera barat. Sumatera barat / riau terletak di utara / barat laut jambi. dari keterangan luar juga disebut seriwijaya melayu/ jambi dan tulang bawang lampung. seriwijaya berada di tengah antara jambi dan tulang bawang lampung maka jelas sumsel dan bengkulu yang terletak antra jambi dan lampung, bukan sumatera barat/ riau. Ditinjau dari data arkeologi, pelokasian Sriwijaya di Palembang memperoleh pembuktian yang sangat kuat. Sebagian besar prasasti Sriwijaya ditemukan di Palembang: Kedukan Bukit, Talang Tuwo, Telaga Batu, lima buah pecahan prasasti, dan batu-batu mengenai ‘siddhayatra’. Pada salah satu pecahan prasasti terdapat keterangan mengenai pardatuan (istana raja). Yang lebih meyakinkan, prasasti Telaga Batu menyebutkan berbagai pembesar tinggi yang hanya mungkin ada di ibukota atau pusat pemerintahan suatu kerajaan, seperti putra mahkota, selir raja, senapati, hakim, para menteri, sampai pembersih dan pelayan istana. Lihat: George Coedes, “Les Inscriptions Malaises de Crivijaya”, BEFEO, tome 30, 1930, hh. 29-80; Johannes Gijsbertus de Casparis, Prasasti Indonesia II, Dinas Purbakala Republik Indonesia, Masa Baru, Bandung, 1956, hh. 1-46. Bahwa negeri Sriwijaya tidak terletak pada garis khatulistiwa, melainkan di selatan khatulistiwa, terbukti dari keterangan Al-Biruni yang menyatakan bahwa garis khatulistiwa terletak antara Kedah dan Sriwijaya. (Abu Raihan Muhammad ibn Ahmad Al-Biruni, ahli geografi Persia, mengunjungi Asia Tenggara tahun 1030 dan menulis catatan perjalanan Tahqiq ma li l-Hind (Fakta-fakta di Hindia). Paul Wheatley, h. 219, menerjemahkan keterangan Al-Biruni: “The equator runs between Kedah and Srivijaya”). SEDANGKAN SUMATRA BARAT BERADA DI UTARA KHATULISTIWA tentang urayan itsing seriwijaya tidak ditemukan bayangan disumsel pun tidak ditemukan bayangan karena masih disekitar katulistiwa dan sumsel tepat berada disekitar selatan katulistiwa. itsing tdak pernah menyebut katulistiwa karena itsing tidak tau katulistiwa dia hanya menyebut tidak ditemukan bayangan . yang menyebut katulistiwa itu Al- biruni ahli geografi persia yang telah mengenal katulistiwa. dengan tegas mengatakan utara katulis tiwa adalah kedah dan selatan katulistiwa adalah seriwijaya. pendapat Prof. Dr. R.M. Ngabehi Purbatjaraka dalam Riwajat Indonesia, I, gagasan Pembangunan, Djakarta, 1952, h. 35. Alasannya, “tamwan” berasal dari kata “temu”, lalu Purbatjaraka menafsirkannya “daerah tempat sungai bertemu”. Mengapa harus di Kampar, Purbatjaraka tidak memberikan alasan. Minangatamwan itu pertemuan dua sungai kembar riam kiri riam kanan riau itu menurut purbacaraka tidak pernah purbacaraka mengatakan minangatamwan itu minang kabaw apalagi mengatakan seriwijaya itu minangkabaw atau dari minang kabaw. Kamu orang padang aja yang ngarang menghubung hubungkannya mengatas nama kan pendapat ahli purbacaraka. Pendapat purbacaraka ini dibantah dengan jitu oleh Prof. Dr. J.G. de Casparis yang membuktikan bahwa”tamwan” tidak ada hubungannya dengan “temu”, sebab kata yang terakhir ini sudah dipakai pada zaman Sriwijaya dalam bahasa rumpun suku bangsa pasemah/ besemah temu/ betemu. Dalam prasasti Talang Tuwo terdapat enam buah kata “temu” (J.G. de Casparis, 1956, h. 13). Penelitian para ahli bahasa menyatakan bahwa kata “tamwan” pada prasasti Kedukan Bukit bukanlah nama tempat, melainkan kata biasa yang sekarang menjadi “tambahan”, sebagaimana kata wulan, sariwu, wanyak dan marwuat menjadi bulan, seribu, banyak dan membuat. Pendapat Dr. Buchari yang mengatakan Minanga adalah Batang Kuantan (minanga = muara = kuala = kuantan) juga perlu diragukan. Kata “minanga” tidak ada hubungannya dengan “muara”, sebab kata “muara” juga sudah dipakai pada zaman Sriwijaya dalam bahasa rumpun suku bangsa pasemah/ besemah adalh muare. Pada pecahan prasasti A baris ke-16 yang ditemukan di Palembang terdapat kata “muare”. Lihat: J.G. de Casparis, 1956, h. 5. Buchari sendiri mengakui bahwa di Batang Kuantan belum ditemukan peninggalan arkeologis yang menunjang pendapatnya, dengan mengatakan (1979, h. 28), “Memang di Batang Kuantan belum ditemukan peninggalan arkeologis. Tapi kan di sana belum diadakan penggalian? Siapa tahu nanti ada kejutan di sana.” DAN MASIH SEJUTA BUKTI KALAU SERIWIJAYA DAPUNTA HYANG SERI JAYA NASA DAPUNTA SELENDRA BERADA DISUMSEL DAN BERASAL DARI SUMSEL ITULAH. sumatera barat mana buktinya kalau seriwijaya dari minang kabaw tentang statmen saudara minangel minangkabaw adalah yahudi indonesia perlu saya tegaskan dan koreksi kecuali passaman dharmas raya dan pagarruyung itu bukan keturunan yahudi tapi keturunan sumsel. passaman, dharmas raya dan pagarruyung berada disumatera barat dan berasal dari sumatera selatan paling tidak para rajanya/ pendirinya. berasal dari sumsel jadi mereka itu saudara sumsel bukan saudara yahudi entah kalau yang lain saya tidak tau sejarahnya. tapi kalau passaman, dharmas raya, pagarruyung , sangsapurba, aditya warman, dara petak, dara jingga, arya damar, serimat mauli warma dewa dinasti mauli kami orang sumsel tau benar sejarahnya. karena mereka Semua dari sumsel SALAM PERSAUDARAAN SEMUA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:38 am KALAU PADANG/ MINANG KABAW / SUMATERA BARAT ADALAH YAHUDI INDONESIA KECUALI PASSAMAN, DHARMASRAYA, PAGARRUYUNG. MAKA KAMI SUMSEL ADALAH QURAISYNYA NUSANTARA. SLURUH RAJA DAN PENGUASA PRESIDEN DITIMUR TENGAH BERASAL DARI QURAISY SEMUA MANA ADA DARI ISRAEL/ YAHUDI MAKA BEGITU JUGA SUMSEL. SELURUH RAJA DIJAWA, BALI, KALIMANTAN, RAJA RAJA MELAYU, RAJA2 THAILAN, KAMBOJA/ KHEMER/ MIANMAR, SERILANGKA BERASAL DARI SUMSEL SEMUA. KALAU KAMU PADANG KATAKAN ORANG MINANG ITU MELIPUTI SUMATERA TENGAH YANG WILAYAHNYA SUMBAR DAN RIAU DAN KEP MENTAWAI MAKA KAMI SUMSEL LEBIH LUAS LAGI DARI KAMU PADANG. KAMI SUMSEL MELIPUTI SUMSEL PALEMBANG, BENGKULU, JAMBI, LAMPUNG DAN KEP BANGKA BELITUNG ( SUMBAGSEL). YANG BERPUSAT DIPALEMBANG. SELURUH ULAMA BERASAL DARI QURAISY HADITS NABI PERNAH MENGATAKAN DUNIA BAIK DAN BURUK MENGIKUT QURAISY, KAMU LIAT BAJAK LAUTDUNIA ITU ORANG QURAISY, TERORIS DUNIA ORANG QURAISY PENGUSAHA DUNIA QURAISY, ORANG QURAIS MENYEBAR DIDUNIA SEBAGAI PENGUASA BEGITU JUGA SUMSEL SEBAGAI KOMUNITAS HABIB/ SYARIP TERBESAR DI ASIA TENGGARA PALEMBANG ITU ADALAH HADRAMAUT KEDUA HADRAMAUT ASIA TENGGARA, BAJAK LAUT TERBESAR DI ASIA ADALAH SUMSEL. ASAL SELURUH RAJA MELAYU, ASAL RAJA JAWA, DAN BALI ASL RAJA ASIA TENGGARA. TERMASUK KAMU RAJA RAJA PADANG ITU BERASAL DARI SUMSEL JUGA. SUKARNO ITU BERDARAH JAWA DAN BALI YANG BERASAL DARI SUMSEL. PENJAHAT TUKANG RAMPOK TUKANG BEGAL TUKANG TUJAH TUKAG KAPAK ITU ORANG SUMSEL YANG MERAMPOK SAMPAI KE MALAYSIA, SINGAPURA, KANTON CINA. ORANG SUMSEL JUGA DUTA DUTA SERIWIJAYA DARI SUMSEL PERNAH MEMBUNUH GUBERNUR CINA DI KANTON YANG KORUP DAN BERTINDAK SEWENANG WENANG DENGAN PARA DUTA DUTA DAGAN YANG DATANG KECINA GUBERNUR CANTON ITU ADALAH PENGUASA KANTON YANG MEMBANGKANG TERHADAP KAISAR CINA. ULAMA ULAMA ITU DARI SUMSEL SEMUA WALI SONGO DARI SUMSEL SEMUA SEBELUM MENETAP DI JAWA, KALIAN ULAMA KETURUNAN PADANG ITU SEBENARNYA TIDAK ADA APA APANYA JIKA DIBANGING DENGAN ULAMA KETURUNAN SUMSEL TAPI KALIAN PADANG SAJA YANG MEMBESAR BESARKANNYA DAN SELALU MENG EKSPOSNYA SELALU MENGANGKAT ANGKATNYA SEHINGGA KELIHATAN SEPERTI BESAR. SEDANGKAN SUMSEL KALIAN KECIL KECILKAN KALIAN TUTUP- TUTUPI. ULAMA TANJUNG PERIOK ITU HABIB KETURUNAN SUMSEL PENDIRI SINGA PURA ITU SUMSEL YANG MENAMAKAN PULAU SUMATERA ITU ORANG SUMSEL RAJA NUSANTARA YANG PERTAMA BERAGAMA ISLAM ADALAH SERI INDRAWARMAN RAJA SERIWIJAYA ORANG SUMSEL. 6 JUTA ORANG YAHUDI DI BANTAI OLEH HITLER. ORANG YAHUDI DIKUTUK ALLAH MENJADI BABI DAN MONYET PADA ZAMAN NABI MUSA, BERARTI PADANG ITU KETURUNAN BABI DAN MONYETJUGA KARENA YAHUDI ITU DIKUTUK JADI BABI DAN MONYET. ORANG PADANG DIBANTAI OLEH TNI dari jawa karena pemberontak pengkhianat PRRI. orang padang lari ke sumsel lari ke batak mintak pertolongan orang orang sumsel dan batak. waktu itu banyak orang orang padang yang kami tolong yang kami ssembunyikan dan banyak yang dinikahkan dengan orang sumsel karena kami kaihan karena masih saudara seagama sama sama orang islam sama sama orang sumatera. orang padang dikutuk jadi batu karena durhaka dengan ibu seperti maling kundangg sama betul kamu dengan orang yahudi Reply putra sumsel says: February 1, 2014 at 2:04 am ORANG PADANG NGAKU NGAKU KETURUNAN ALEXANDER THE GREAT KING OF MACEDONIA MANA PERNAH ORANG YUNANI MENGATAKAN ITU. TAPI SUMSEL DUTA BESAR YUNANI SENDIRI YANG MENGATAKAN SUMSEL BERSAUDARA DENGAN YUNANI PADA WAKTU BERKUNJUNG KEPAGAR ALAM. DAN ITU DITINDAK LANJUTI SAMPAI KE RAJA YUNANI DAN KETURUNAN SULTAN Palembang DS. itu berdasarkan tes DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban yunani. begitu juga dengan korea. orang korea sendiri yang melakukan penelitian oleh para ahli dari korea mengatakan nenek moyang korea berasal dari sumsel berdasarkan DNA dan peradaban sumsel yang sama dengan peradaban korea. raja raja korea, presiden- peresiden korea KIM- JUNG- IL adalah keturunan sumsel. seluruh peradaban dunia ada disumsel ini buktinya. 1. DIWILAYAH INI BANYAK DITEMUKAN PERADABAN DARI SELURUH DUNIA, MULAI DARI PERADABAN/ARCA PERADABAN KERAJAAN ROMAWI DAN YUNANI KUNO/ EROPA, CINA/ ASIA TIMUR, TIMUR TENGAH, INDIA, AFRIKA, BAHKAN PERADABAN ARCA ARCA INCA DAN MAYA DIBENUA AMERIKA DITEMUKAN DI PAGAR ALAM SUMSEL DAN WILAYAH WILAYAH RUMPUN PASEMAH LAINNYA. ORANG ORANG PASEMAH ADALAH ORANG ORANG JEME DUCUNG, JEME NUK, JEME REBIKE, JEME SEBAKAS, SUMSEL Kota Internasional Purba di Nusantara Kota Internasional Purbakala… Di wilayah sekitar Gunung Dempo Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai daerah Besemah, ditemukan berbagai benda arkeologi. Dari temuan-temuan arkeologis menunjukkan wilayah ini, ribuan tahun yang silam telah didiami manusia dari berbagai ras di dunia. Temuan-temuan itu, antara lain : 1. Pada seni pahat Besemah muncul gejalah pengaruh budaya Eropa (yunani) seperti dalam pahatan (goresan)di situs megalitik Tegurwangi Lame terdapat figur tokoh-tokoh yang di gambarkan dengan tutup kepala yang berumbai-rumbai dan hiasan dalam bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai perlengkapan pakaian serdadu Romawi. 2. Pada arca –arca megalit Besemah di Pulaupagung (Sekendal ),Tajungsiri, Muaradue gumay ulu, dan lain- lain tertdapat pahatan yang menggambarkan pakaian ponco yang di gunakan oleh suku-suku bangsa di Amerika.Sementara pada bagian kaki, ada pahatan–pahatan yang menggambarkan penutup kaki yang oleh R.P Soejono dikatakan kaos kaki 3. Arca-arca megalitik di Besemah banyak yang digambarkan mengenakan pelengkap pakaian, seperti adanya pahatan nekara perunggu, belati atau pedang. Pahatan ini menggambarkan alat-alat kelengkapan hidup yang pada awalnya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di daerah Dong-son, Vietnam (Soejono, 1982-1983;Gildern, 1945). 4. Adanya pengaruh luar khususnya dari segi bentuk tubuh (fisik) arca-arca megalitik, yang seolah-olah menggambarkan bentuk prototif orang Negro, dengan ciri-ciri hidung pesek dan bibir tebal. Dalam temuan terakhir di situs Kute-ghaye, ada arca yang dipahatkan berambut keriting yang digambarkan dengan bentuk melingkar. Selain itu, dalam masyarakat Besemah ada tentang keberadaan berbagai ras, yang pernah mendiami wilayah itu, yang diyakini sebagai leluhur mereka, yaitu : Jeme Kam-kam, jeme Nik dan jeme Nuk, jeme Ducung, jeme Aking,dan jeme Rebakau, jeme Sebakas ; jeme Rejang dan jeme Berige. Dengan ciri secara fisik : 1. Jeme Nik dan jeme Nuk memiliki badan yang tinggi besar, hidung mancung, dan kulit putih kemerahan rambut pirang ( orang eropa dan orang benua Amerika) 2. Jeme Ducung perawakan tubuknya kecil, pendek tetapi memiliki kelincahan. ( orng aborigin/ australia) 3. Jeme Aking juga tinggi besar, kekar, kulitnya merah keputihan, dan memiliki pendirian yang keras. (timur tengah/ arab, persia, turki) 4. Jeme Rebakau berperawakan sedang ( asia/ cina, taiwan, jepang dan korea) 5. Jeme Sebakas postur tubuhnya seperti orang-orang Melayu sekarang. Demikian pula jeme Rejang dan jeme Berige tidak jauh beda dengan jeme Sebakas. ( asia tenggara) 6. jeme keling ciri perawakan itam rambut keriting (tamil dan negro) banyak sekali orang pasemah yang seperti bulek/ eropa / belanda inggris portogis dll itu bukan kareana mereka ketturunan belanda/ eropa lainnya tapi asli orang sumsel dari keturunan jeme nik dan jeme nuk, yang puluhan ribu tahun Sebelum Masehi sudah menempati wilayah rumpun pasemah sumsel KALAU TEORI BENUA HILANG ATLANTIS ITU ADA DAN PERADABAN DUNIA BERASAL DARI ATLANTIS SEMUA MAKA SUMSEL LAH TEMPATNYA. Reply putra sumsel says: February 1, 2014 at 3:32 am Ma’af sebenarnya saya tidak mau ikut campur urusan kamu orang padang berasal dari yahudi atau yahudi indonesia. itu terserah kalian. tapi yang membuat kami tersinggung klaim saudara MINANGEL yang dengan lantang dan dengan sombong MENGATAKAN ORANG MINANG KABAW/ SUMBAR ADALAH SUKU PALING UNGGUL PALING TIDAK PALING UNGGUL DI INDONESIA. SUKU LAIN DIBAWAH RATA RATA SEMUA. KAMU NGACA DULU SETIAP SUKU DAN SEMUA SUKU DI INDONESIA INI UNGGUL SEMUA. MEMPUNYAI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEMUA. MASIH BANYAK SUKU SUKU DI INDONEIA YANG JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANGKABAW SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA. YANG JELAS JAWA LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. SUNDA JAUH LEBIH UNGGUL DARI PADANG/ MINANG, SUMSEL JAUH LEBIH UNGGL DARI SUMATERA BARAT / YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. BUGIS JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT, ACEH JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT. BATAK / SUMATERA UTARA JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANG/ SUMATERA BARAT. BANTEN JAUH LEBIH UNGGUL DARI ORANG PADANG SUMATERA BARAT. ORANG KALIMANTAN JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ PADANG/ MINANG/ YAHUDI INDONESIA. MULAI SEKARANG SEBUT SAJA ORANG PADANG ITU YAHUDI INDONESIA/ ZIONIS ATAU BABI DAN MONYET. Reply Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:50 am NGOMONGLAH LAGI KAMU SANG SAYS AKAN SAYA UNGKAP SEMUA SATU PERSATU TENTANG PAKTA ORANG PADANG ITU YANG LEBIH KERAS LAGI DARI TULISAN TULIAN DIATAS SALAM PERSAUDARAAN SEMUA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA Reply putra sumsel says: February 3, 2014 at 9:59 am KAMU ITU MINANGEL BABI MONYET YAHUDI INDONEIA YANG NGELANTUR NGOMONG KEMANA MANA. SAYA AWALNYA HANYA DISKUSI MENYAMPAIKAN PAKTA SEJARAH SERIWIJAYA SAJA TAPI KAMU YANG MULAI MENGATAKAN ORANG PADANG HEBAT UNGGUL SEMUA ORANG PASEMAH GAK ADA APA APANYA GAK ADA PRESTASI GAK ADA JADI ORANG KAMU SEBUT SEMUA SEBERUYUT ORANG PADANG. DASAR YAHUDI INDONESIA KAMU GENERASI DIKUTUK TUHAN MENJADI BABI DAN MONYET. Reply sang says: February 5, 2014 at 1:31 pm Posisi palembang yg jadi ibukota sriwijaya, saya kira tidak ada yang membantah. Yang dipersoalkan adalah peletakan pertama itu oleh siapa dan darimana? Semua sepakat adalah oleh dapunta hyang dari minanga sebagaimana tertulis di prasasti kedukan bukit 683M.. Buat apa ditulis di palembang? Prasasti besemah dilampung untuk orang lampung, prasasti bangka untuk wong bangka… Maka logislah prasasti kedukan bukit itu untuk wilayah palembang bukan untuk orang minanga.. Kenapa dibangun borobudur, ya ini untuk orang jawa yang durhaka ndak mau nurut pada sriwijaya.. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa posisi awal dapunta itu adalah di minanga bukan di palembang..palembang adalah tujuan ekspedisi untuk ekspansi berikutnya ke lampung, bangka dan jawa untuk membersihkan peradaban megalithik juga hindu.. Jarak minanga ke palembang itu 27 hari dgn jalan kaki.. Jarak selama itu tidak masuk akal kalo berawal dari kaki gunung dempo yg hanya 300km lebih kurang dari palembang apalagi dgn naik sampan tentu lebih cepat lagi. Kenapa dgn sebagian jalan kaki? Ini strategi militer pola serangan kakak tua.. Pergerakan pejalan kaki untuk memancing musuk menghadang, lalu masuk angkatan laut dapunta hyang ke palembang untuk pendudukan dan dapatlah sukacita… Maka masuk akal kalo pergerakan awal dapunta dan pasukan berawal dari sumatera tengah dgn melayari sungai kampar… Sementara kerajaan melayu domisili di jambi itu adalah saudara dari dapunta maka wilayahnya bisa dilalui untuk pasukan darat menuju palembang. Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 4:53 am KAMU NGOMONG NGELANTUR AJA DEMI ALLAH JAMBI ITU DIHANCURKAN DAN DITAKLUKKAN DAN DIKUTUK OLEH SERIWIJAYA KAMU BACA PRAASTI KARANG BERHI JAMBI ITU ORANG JAMBI BERTEMPUR MATI MATIAN DENGAN SERIWIJAYA. BISA DILALUI KARENA SAUDARA DARI MANA KAMU NGARANG AJA. PASUKKAN BERJALAN KAKI ITU ADALAH PASUKKAN PENGIRING SAJA JUMLAHNYA KECIL HANYA 1312 SAJA YANG BERJALAN MENGAWAL PASUKKAN RAKSASA SERIWIJAYA DUA LAKSA YANG BERPERAHU DI SUNGAI MUSI YNG BERJALAN ITU MENJAGA ATAU MELIHAT SITUASI DI SISI KIRI DAN KANAN SUNGAI MUSI MEREKA TIDAK MEMBAWA PERBEKALAN KARENA PERBEKALAN SERIWIJAYA YANG BERJUMLAH 200 KAPAL PETIKEMAS ITU BERADA DISUNGAI MUSI SEMUA. DAPUNTAHYANG PERTAMA NAIK PERAHU ITU TGL 24 APRIL/ PAROH TERANG BULAN WAISAK BUKAN DIMINANGATAMWAN TAPI DISERIWIJAYA. BARU BERLEPAS / BERANGKAT DARI MINANGA TGL 19 MEI ( SATU BULAN DARI PERTAMA NAIK PERAHU DISERIWIJAYA) SERIWIJAYA ITU SUDAH ADA THUN 670M DAN SUDAH BERNAMA SERIWIJAYA BUKAN MINANGATAMWAN. SELURUH PRASASTI SERIWIJAYA ITU BERBAHASA SUMSEL TIDAK ADA YANG BERBAHASA PADANG. TENTANG PRASASTI PALAS PASEMAH LAMPUNG DAN PRASASTI KOTA KAPUR BANGKA ITU KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU DARI PADA KAMU ORANG PADANG, TAU APA KAMU TENTANG PRASASTI PALAS PASEMAH LAMPUNG. BANGKA DULU DITAKLUKKAN BARU LAMPUNG BUKAN LAMPUNG DULU BARU BANGKA KEBALIK ITU BODOH. PALEMBANG ITU BUKAN TUJUAN EKSPEDISI TAPI PROSES PEMINDAHAN DARI WILAYAH SERIWJAYA SENDIRI DARI WILAYAH ULUAN SUMSEL KEWILAYAH ILIRAN SUMSEL. BUKAN DARI PADANG. PADANG ITU MASIH KOSONG SUMSEL SEBELUM SERIWIJAYA UDAH RAMAY DAN JADI PUSAT PERADABAN DUNIA. MA’AF KAMI RALAT DAN PERTEGAS LAGI PADANG ITU YAHUDI INDONESIA MINANGEL SENDIRI YANG MENGATAKAN KECUALI PAGARRUYUNG DHARMASRAYA MEREKA BUKAN KETURUNAN YAHUDI TAPI MEREKA ADALAH KETURUNAN SUMSEL PALING TIDAK RAJA RAJANYA/ PENDIRINYA. ORANG ORANG SEPERTI SANGAPURBA SERIMAULI WARMADEWA, ADITYA WARMAN/ ARYA DAMAR I DARA PETAK, DARA JINGGA ADALAH ORANG ORANG SUMATERA SELATAN SEMUA. KAMI LEBIH TAU SEJARAH MEREKA KARENA MEREKA BERASAL DARI SUMSEL PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA ITU ADALAH SAUDARA SUMSEL BUKAN SAUDARA ISRAEL/ YAHUDI BERUSRUSAN DENGAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA BERARTI BERUURUSAN PULA DENGAN SUMSEL MENGHINA PAGARRUYUNG DAN DHARMAS RAYA BERARTI MENGHINA SUMSEL JUGA. MENYERANG PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA BERARTI MENYERANG SUMSEL JUGA TIDDAK MUNGKIN SUMSEL TINGGAL DIAM KARENA PAGARRUYNUG DAN DHARMASRAYA BERASAL DARI SUMSEL PALING TIDAK RAJA RAJANYA/ PENDIRINYA. SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. PULUHAN RIBU ADITYA WARMAN MEMBAWA PASUKKAN DARI SUMSEL KETIKA PAGARRUYUNG DISERANG MAJAPAHIT PERTEMPURAN DIPADANG SIBUSUK ITU. KETIKA PAGARRUYUNG TERDESAK DALAM PERANG PADERI PAGARRUYNG MENYINGKIR KE JAMBI DEKAT SUMSEL BANYAK PULA ORANG SUMSEL YANG BERGABUNG DENGAN PAGARRUYUNG MEMBANTU PAGARRUYNG YANG KEMUDIAN BERBALIK MENYERANG BELANDA DI SUMATERA BARAT ITU KETIKA ORANG ORANG PADANG YANG LICIK DAN OPURTUNIS ITU MEMBERONTK DAN BERKHIANAT KEPADA INDONESIA DALAM PERISTIWA PRRI ITU ORANG ORANG SUMSEL MEMPERTARUHKAN NYAWA MEMBELA DAN MELINDUNGI ORANG ORANG PAGARRUYNG DAN DHARMASRAYA. ORANG SUMSEL BUKAN MEMBELA ORANG ORANG PADANG YANG BERONTAK ITU TAPI PERMASALAHANNYA SUDAH LAIN KARENA ORANG ORNG PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA YANG DIBANTAI MAKA SUMSEL MEMBELA PAGARRUYUNG DAN DHARMAS RAYA BUKAN MEMBELAPARA PENGKHIANAT ORANG ORANG PADANG YANG RATA RATA DARI DARI BUKIT TINGGI ITU SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. Ma’af sebenarnya saya tidak mau ikut campur urusan kamu orang padang berasal dari yahudi atau yahudi indonesia. itu terserah kalian. tapi yang membuat kami tersinggung klaim saudara MINANGEL yang dengan lantang dan dengan sombong MENGATAKAN ORANG MINANG KABAW/ SUMBAR ADALAH SUKU PALING UNGGUL PALING TIDAK PALING UNGGUL DI INDONESIA. SUKU LAIN DIBAWAH RATA RATA SEMUA. KAMU NGACA DULU SETIAP SUKU DAN SEMUA SUKU DI INDONESIA INI UNGGUL SEMUA. MEMPUNYAI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEMUA. MASIH BANYAK SUKU SUKU DI INDONEIA YANG JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANGKABAW SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA. YANG JELAS JAWA LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. SUNDA JAUH LEBIH UNGGUL DARI PADANG/ MINANG, SUMSEL JAUH LEBIH UNGGL DARI SUMATERA BARAT / YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. BUGIS JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT, ACEH JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT. BATAK / SUMATERA UTARA JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANG/ SUMATERA BARAT. BANTEN JAUH LEBIH UNGGUL DARI ORANG PADANG SUMATERA BARAT. ORANG KALIMANTAN JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ PADANG/ MINANG/ YAHUDI INDONESIA. MULAI SEKARANG SEBUT SAJA ORANG PADANG ITU YAHUDI INDONESIA/ ZIONIS ATAU BABI DAN MONYET. NGOMONGLAH LAGI KAMU SANG SAYS AKAN SAYA UNGKAP SEMUA SATU PERSATU TENTANG PAKTA ORANG PADANG ITU YANG LEBIH KERAS LAGI DARI TULISAN TULIAN DIATAS SALAM PERSAUDARAAN SEMUA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA TENTANG PERBEDAAN PENDAPAT KAMI PUN MENGHORMATI SEMUA PENDAPAT TAPI SEMUA PENDAPAT ITU HARUS SIAP DIADU PENDAPAT IAPA YANG PALING KUAT. KAMU PADANG BERPENDAPAT ASAL NGARANG AJA TAPI TIDAK SIAP DIADU KETIKA ADA YANG MENGAJUKAN BUKTI YANG LEBIH PASTI MALAH ORANG PADANG EMOSI DAN KEBAKARAN JENGGOT. DASAR YAHUDI INDONESIA GENERASI BABI DAN MONYET. PADANG ITU HANYA SUMATERA BARAT RIAU ITU BUKAN ORANG PADANG TETAPI MELAYU RIAU. KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TU KARENA RAJA RAJANYA BERASAL DARI SUMSEL. BAHASA MELAYU RIAU ITU LEBIH MIRIP BAHASA SUMSEL BAGAIKAN LANGIT DAN BUMI BAHASA MELAYU RIAU DENGAN BAHASA PADANG LEBIH DEKAT DENGAN SUMSEL TES DARAH DNA MELAYU RIAU ITU DARIPADA DENGAN ORANG PADANG. LEBIH TUA MELAYU RIAU DARIPADA ORANG PADANG ITU BERDASARKAN DNA GAK PERCAYA TES DNA LAH KAMU ORANG PADANG. KAMU ITU MELAYU DEUTRO/ MELAYU MUDA KAMI MELAYU PROTO/ MELAYU TUA KAMI ORANG ORANG SUMSEL SUDAH PERNAH KATAKAN SELAMA INI ORANG MELAYU RIAU ITU DITENGGELAMKAN OLEH OPINI SESAT DAN LICIK PADANG/ MINANG KABAW, YANG MENGATAKAN RIAU ADALAH PADANG/ MINANG KABAW. SUATU SAAT MELAYU RIAU KETURUNAN SUMSEL DARI TURUNAN RAJA RAJA MALAKA ITU YANG AKAN MENGHANCURKAN DAN MELULUH LANTAKAN DOMINASI DAN OPINI SESAT DAN LICIK ORANG PADANG. DAN ITU TERBUKTIKAN MELAYU RIAU SEKARANG TELAH MELAKUKAN MELAYUNISASI DALAM SEGALA HAL YANG SEMAKIN MENYULITKAN ORANG ORANG PADANG DIRIAU KHUSUNYA DI SUMATERA TENGAH UMUMNYA, PADANG ITU HANYA SUMATERA BARAT RIAU ITU BUKAN ORANG PADANG TETAPI MELAYU RIAU. KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU KARENA RAJA RAJANYA BERASAL DARI SUMSEL. BAHASA MELAYU RIAU ITU LEBIH MIRIP BAHASA SUMSEL. BAGAIKAN LANGIT DAN BUMI BAHASA MELAYU RIAU DENGAN BAHASA PADANG. LEBIH DEKAT DENGAN SUMSEL TES DARAH DNA MELAYU RIAU ITU DARIPADA DENGAN ORANG PADANG. LEBIH TUA MELAYU RIAU DARIPADA ORANG PADANG ITU BERDASARKAN DNA GAK PERCAYA TES DNA LAH KAMU ORANG PADANG. KAMU ITU MELAYU DEUTRO/ MELAYU MUDA KAMI MELAYU PROTO/ MELAYU TUA. Balas SALAM PERSAUDARAAN BUAT SAUDARA SAUDARA KAMI MELAYU RIAU DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 5:14 am DASSAR YAHUDI INDONESIA GENERASI DIKUTUK OLEH TUHAN SEBAGAI BABI DAN MONYET, OPURTUNIS SEMUA LICIK CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT TUKANG PENYEBAR PITNAH DAN OPINI OPINI SESAT DAN LICIK SAJA ITUAH KERJAAN ORANG ORANG PADANG Reply sang says: February 6, 2014 at 6:42 am Sekedar informasi, bahwa penulis2 balai pustaka yang kebanyakan orang minangkabau tidak mau menulis pakai bahasa padang, tapi bahasa melayu.. M.yamin yang tokoh asal minang tidak mau berbahasa minang, tapi di kongres sumpah pemuda malah gigih menjadikan bahasa melayu sebagai bahasa nasional.. Soenting melayoe yang koran terbitan padang awal abad ke 20 masa hindia belanda tidak menuliskan berita pakai bahasa minang, tapi bahasa melayu.. Raja-raja minangkabau dari pagarruyung berabad2 kalo nulis juga pakai tulisan melayu huruf jawi.. Kalo ndak karena diotaki orang minangkabau, mungkin wong palembang pake bahasa jawa kalo masuk kantor.. Koran nasional juga bahasa jawa ngoko. Ngomong2 wong palembang apa ndak sudi berterima kasih sama orang minang yang otak yahudi neh bos? Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 6:45 am seluruh Padang/ sumatera barat itu diobrak abrik oleh seriwijaya pada pada saat seriwijaya menyerang dan menguasai barus sebagai batu loncatan untuk menyerang serilanka/ sailan DASSAR YAHUDI INDONESIA GENERASI DIKUTUK OLEH TUHAN SEBAGAI BABI DAN MONYET, OPURTUNIS SEMUA LICIK CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT TUKANG PENYEBAR PITNAH DAN OPINI OPINI SESAT DAN LICIK TUKANG PEMBERONTAK DAN PENGKHIANAT SAJA ITUAH KERJAAN ORANG ORANG PADANG Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 7:08 am ITULAH BUKTI LICIK DAN OPURTUNIS SEMUA ORANG PADANG ITU. ORANG PAGARRUYUNG PAKE BAHASA MELAYU ITU MEMANG MEREKA LELUHURNYA ORANG MELAYU. BUKAN ORANG PADANG. M. YAMIN ITU MANUSIA PALING LICIK. MOHAMMAD HATTA SENDIRI MENGATAKAN M YAMIN ITU LiCIK. padahal sesama padang. semua orang abad 20 itu kalau nulis pake bahasa melayu semua jawa juga pake bahasa melayu. sukarno juga nulis pake bahasa melayu tidak berbahasa jawa. orang batak aceh nulis pake bahasa melayu semua tidak pake bahasa batak dan aceh. palembang itu campuran melayu jawa arab cina. tidak ada hubungannya dengan padang. kalau ada bahasa jawa dalam bahasa palembang wajar wajar saja kami tidak mempermasalahkannya kenapa kamu padang reseh. toh dalam bahasa jawa juga banyak bahasa sumsel nya. wajar saling mempengaruhi. seluruh sumatera barat itu dibantai oleh seriwijaya. Reply minangel says: February 6, 2014 at 7:42 am @putra sumsel …. benar kata sang, Posisi palembang yg jadi ibukota sriwijaya, saya kira tidak ada yang membantah. Yang dipersoalkan adalah peletakan pertama itu oleh siapa dan darimana? Semua sepakat adalah oleh dapunta hyang dari minanga sebagaimana tertulis di prasasti kedukan bukit 683M.. Buat apa ditulis di palembang? Prasasti besemah dilampung untuk orang lampung, prasasti bangka untuk wong bangka… Maka logislah prasasti kedukan bukit itu untuk wilayah palembang bukan untuk orang minanga.. Kenapa dibangun borobudur, ya ini untuk orang jawa yang durhaka ndak mau nurut pada sriwijaya.. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa posisi awal dapunta itu adalah di minanga bukan di palembang..palembang adalah tujuan ekspedisi untuk ekspansi berikutnya ke lampung, bangka dan jawa untuk membersihkan peradaban megalithik juga hindu.. Jarak minanga ke palembang itu 27 hari dgn jalan kaki.. Jarak selama itu tidak masuk akal kalo berawal dari kaki gunung dempo yg hanya 300km lebih kurang dari palembang apalagi dgn naik sampan tentu lebih cepat lagi. Kenapa dgn sebagian jalan kaki? Ini strategi militer pola serangan kakak tua.. Pergerakan pejalan kaki untuk memancing musuk menghadang, lalu masuk angkatan laut dapunta hyang ke palembang untuk pendudukan dan dapatlah sukacita… Maka masuk akal kalo pergerakan awal dapunta dan pasukan berawal dari sumatera tengah dgn melayari sungai kampar… Sementara kerajaan melayu domisili di jambi itu adalah saudara dari dapunta maka wilayahnya bisa dilalui untuk pasukan darat menuju palembang. karena memang hal itu yg saya sampaikan sejak awal, tapi kowe masih juga bercecurut tidak karu2an …. kowe ude terlanjur ge-er dg fakta bhw sriwijaya berkedudukan di palembang, jadinya kowe jadi berfikir bhw sriwijaya adl berdarah palembang … akibatnya kowe jadi tutup mata dan tutup telinga plus tutup hati utk melihat bhw sriwijaya itu berdarahg minangkabau ….. hahahahahahaaaa … ude saya tulis tempo hari soal ini, tapi tampaknya kowe ude gelap mata shg keburu kebakaran jenggot. coba kowe renungkan lagi. prasasti KB menulis bhw DH berangkat dari minanga. itu artinya apa? itu artinya adl minanga adl suatu tempat yg jauh dari palembang. kalo minanga adl suatu tempat yg dekat dg palembang, maka mengapa harus disebut dari mana? jadi kalo prasasti itu disebutkan DH berangkat dari mana, itu artinya tempat itu jauh dari palembang …. dan tempat itu adl di sumatra tengah, dan sumatra tengah itu berarti minangkabau. faham gaaakkkk????????? dan ude jelas juga, bhw wiki menulis: 680an kelahiran sriwijaya, sementara kerajaan minanga ude ada sejak 640an. jadi minanga lebih dulu ada di sumatra. dan minanga ini pasti di sumatra tengah, dan sumatra tengah itu ya pasti minangkabau. dari sinilah asal berangkatnya DH ketika hendak mendirikan sriwijaya. saya males dan capek baca dan tanggapi cicurutan kowe, putra sumsel, ngomong ga karu2an …. sadarlah hai jiwa miskin!!!!! DH itu berangkat dari sumatra tengah, dan sumatra tengah itu pastilah minangkabau. tidak mungkin minanga itu di palembang, krn kalo berarti di palembang, artinya dekat sekali jaraknya antara minanga dg palemang. dan kalo dekat, buat apa disebut2 dalam prasasti??? mikir dikit keqqqqqq!!!!!! pun ude saya tulis kemaren, waktu ngedebat jeme semende. saya ude tulis, bhw paparan sejarah tulis bhw suku besemah merupakan bangsa bajingan yg nyusahin inggris dan portugis. saya tanya di situ, bebinikah bangsa yg melahirkan sriwijaya?? pun paparan ada yg menulis, bhw krn byk org jawa yg diangkut ke palembang, akibatnya bahasa jawa menjadi bahasa pengantar di palembang, bahkan menjadi bahasa di kesultanan palembang. saya tanya di situ, beginikah bangsa besar yg melahirkan srijaya? bahasanya saja dg gampang dijajah oleh bangsa budak dari jawa???? hahahahaaa .. jangan mimpi, kowe putra sumsel!!!! uDAH!!! semua postingan kowe akan saya delete saja, menuh2in blog saya saja. saya tidak mau akomodir org yg meracau tidak karu2an …. maunya nulis, tapi tidak mau baca tulisan orang …. percuma ngobrol karo kowe!!!!! Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 8:09 am seluruh orang sumatera barat itu dicincang dibunuh disemblih di bantai dibakar hidup hidup oleh seriwijaya saat seriwijaya menyerang dan menguasai barrus baru kamu rang padang itu agak bernapas dikit ketika seriwijaya terlibat perang dengan kerajaan cola dari india. dan kerajaan cola tidak pernah menyerang sumsel/ palembang karean yang diseran cola itu adalah pelabuhan pelabuhan seriwijya saja yang berada di kedah, thailan, raja raja seriwijaya itu cerdas sebelum cola datang ke sumsel seriwijya sudah dipindahkan ke jambi dan dharmas raya. DASSAR YAHUDI INDONESIA GENERASI DIKUTUK OLEH TUHAN SEBAGAI BABI DAN MONYET, OPURTUNIS SEMUA LICIK CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT TUKANG PENYEBAR PITNAH DAN OPINI OPINI SESAT DAN LICIK TUKANG PEMBERONTAK DAN PENGKHIANAT SAJA ITUAH KERJAAN ORANG ORANG PADANG Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 8:15 am KAMU NGOMONG NGELANTUR AJA DEMI ALLAH JAMBI ITU DIHANCURKAN DAN DITAKLUKKAN DAN DIKUTUK OLEH SERIWIJAYA KAMU BACA PRAASTI KARANG BERHI JAMBI ITU ORANG JAMBI BERTEMPUR MATI MATIAN DENGAN SERIWIJAYA. BISA DILALUI KARENA SAUDARA DARI MANA KAMU NGARANG AJA. PASUKKAN BERJALAN KAKI ITU ADALAH PASUKKAN PENGIRING SAJA JUMLAHNYA KECIL HANYA 1312 SAJA YANG BERJALAN MENGAWAL PASUKKAN RAKSASA SERIWIJAYA DUA LAKSA YANG BERPERAHU DI SUNGAI MUSI YNG BERJALAN ITU MENJAGA ATAU MELIHAT SITUASI DI SISI KIRI DAN KANAN SUNGAI MUSI MEREKA TIDAK MEMBAWA PERBEKALAN KARENA PERBEKALAN SERIWIJAYA YANG BERJUMLAH 200 KAPAL PETIKEMAS ITU BERADA DISUNGAI MUSI SEMUA. DAPUNTAHYANG PERTAMA NAIK PERAHU ITU TGL 24 APRIL/ PAROH TERANG BULAN WAISAK BUKAN DIMINANGATAMWAN TAPI DISERIWIJAYA. BARU BERLEPAS / BERANGKAT DARI MINANGA TGL 19 MEI ( SATU BULAN DARI PERTAMA NAIK PERAHU DISERIWIJAYA) SERIWIJAYA ITU SUDAH ADA THUN 670M DAN SUDAH BERNAMA SERIWIJAYA BUKAN MINANGATAMWAN. SELURUH PRASASTI SERIWIJAYA ITU BERBAHASA SUMSEL TIDAK ADA YANG BERBAHASA PADANG. TENTANG PRASASTI PALAS PASEMAH LAMPUNG DAN PRASASTI KOTA KAPUR BANGKA ITU KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU DARI PADA KAMU ORANG PADANG, TAU APA KAMU TENTANG PRASASTI PALAS PASEMAH LAMPUNG. BANGKA DULU DITAKLUKKAN BARU LAMPUNG BUKAN LAMPUNG DULU BARU BANGKA KEBALIK ITU BODOH. PALEMBANG ITU BUKAN TUJUAN EKSPEDISI TAPI PROSES PEMINDAHAN DARI WILAYAH SERIWJAYA SENDIRI DARI WILAYAH ULUAN SUMSEL KEWILAYAH ILIRAN SUMSEL. BUKAN DARI PADANG. PADANG ITU MASIH KOSONG SUMSEL SEBELUM SERIWIJAYA UDAH RAMAY DAN JADI PUSAT PERADABAN DUNIA. MA’AF KAMI RALAT DAN PERTEGAS LAGI PADANG ITU YAHUDI INDONESIA MINANGEL SENDIRI YANG MENGATAKAN KECUALI PAGARRUYUNG DHARMASRAYA MEREKA BUKAN KETURUNAN YAHUDI TAPI MEREKA ADALAH KETURUNAN SUMSEL PALING TIDAK RAJA RAJANYA/ PENDIRINYA. ORANG ORANG SEPERTI SANGAPURBA SERIMAULI WARMADEWA, ADITYA WARMAN/ ARYA DAMAR I DARA PETAK, DARA JINGGA ADALAH ORANG ORANG SUMATERA SELATAN SEMUA. KAMI LEBIH TAU SEJARAH MEREKA KARENA MEREKA BERASAL DARI SUMSEL PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA ITU ADALAH SAUDARA SUMSEL BUKAN SAUDARA ISRAEL/ YAHUDI BERUSRUSAN DENGAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA BERARTI BERUURUSAN PULA DENGAN SUMSEL MENGHINA PAGARRUYUNG DAN DHARMAS RAYA BERARTI MENGHINA SUMSEL JUGA. MENYERANG PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA BERARTI MENYERANG SUMSEL JUGA TIDDAK MUNGKIN SUMSEL TINGGAL DIAM KARENA PAGARRUYNUG DAN DHARMASRAYA BERASAL DARI SUMSEL PALING TIDAK RAJA RAJANYA/ PENDIRINYA. SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. PULUHAN RIBU ADITYA WARMAN MEMBAWA PASUKKAN DARI SUMSEL KETIKA PAGARRUYUNG DISERANG MAJAPAHIT PERTEMPURAN DIPADANG SIBUSUK ITU. KETIKA PAGARRUYUNG TERDESAK DALAM PERANG PADERI PAGARRUYNG MENYINGKIR KE JAMBI DEKAT SUMSEL BANYAK PULA ORANG SUMSEL YANG BERGABUNG DENGAN PAGARRUYUNG MEMBANTU PAGARRUYNG YANG KEMUDIAN BERBALIK MENYERANG BELANDA DI SUMATERA BARAT ITU KETIKA ORANG ORANG PADANG YANG LICIK DAN OPURTUNIS ITU MEMBERONTK DAN BERKHIANAT KEPADA INDONESIA DALAM PERISTIWA PRRI ITU ORANG ORANG SUMSEL MEMPERTARUHKAN NYAWA MEMBELA DAN MELINDUNGI ORANG ORANG PAGARRUYNG DAN DHARMASRAYA. ORANG SUMSEL BUKAN MEMBELA ORANG ORANG PADANG YANG BERONTAK ITU TAPI PERMASALAHANNYA SUDAH LAIN KARENA ORANG ORNG PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA YANG DIBANTAI MAKA SUMSEL MEMBELA PAGARRUYUNG DAN DHARMAS RAYA BUKAN MEMBELAPARA PENGKHIANAT ORANG ORANG PADANG YANG RATA RATA DARI DARI BUKIT TINGGI ITU SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. SALAM PERSAUDARAAN KHUUSNYA KEPADA KETURUNAN PAGARRUYUNG DAN DHARMASRAYA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. Ma’af sebenarnya saya tidak mau ikut campur urusan kamu orang padang berasal dari yahudi atau yahudi indonesia. itu terserah kalian. tapi yang membuat kami tersinggung klaim saudara MINANGEL yang dengan lantang dan dengan sombong MENGATAKAN ORANG MINANG KABAW/ SUMBAR ADALAH SUKU PALING UNGGUL PALING TIDAK PALING UNGGUL DI INDONESIA. SUKU LAIN DIBAWAH RATA RATA SEMUA. KAMU NGACA DULU SETIAP SUKU DAN SEMUA SUKU DI INDONESIA INI UNGGUL SEMUA. MEMPUNYAI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SEMUA. MASIH BANYAK SUKU SUKU DI INDONEIA YANG JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANGKABAW SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA. YANG JELAS JAWA LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. SUNDA JAUH LEBIH UNGGUL DARI PADANG/ MINANG, SUMSEL JAUH LEBIH UNGGL DARI SUMATERA BARAT / YAHUDI INDONESIA DALAM SEGALA HAL. BUGIS JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT, ACEH JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT. BATAK / SUMATERA UTARA JAUH LEBIH UNGGUL DARI MINANG/ SUMATERA BARAT. BANTEN JAUH LEBIH UNGGUL DARI ORANG PADANG SUMATERA BARAT. ORANG KALIMANTAN JAUH LEBIH UNGGUL DARI SUMATERA BARAT/ PADANG/ MINANG/ YAHUDI INDONESIA. MULAI SEKARANG SEBUT SAJA ORANG PADANG ITU YAHUDI INDONESIA/ ZIONIS ATAU BABI DAN MONYET. NGOMONGLAH LAGI KAMU SANG SAYS AKAN SAYA UNGKAP SEMUA SATU PERSATU TENTANG PAKTA ORANG PADANG ITU YANG LEBIH KERAS LAGI DARI TULISAN TULIAN DIATAS SALAM PERSAUDARAAN SEMUA DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA, DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA TENTANG PERBEDAAN PENDAPAT KAMI PUN MENGHORMATI SEMUA PENDAPAT TAPI SEMUA PENDAPAT ITU HARUS SIAP DIADU PENDAPAT IAPA YANG PALING KUAT. KAMU PADANG BERPENDAPAT ASAL NGARANG AJA TAPI TIDAK SIAP DIADU KETIKA ADA YANG MENGAJUKAN BUKTI YANG LEBIH PASTI MALAH ORANG PADANG EMOSI DAN KEBAKARAN JENGGOT. DASAR YAHUDI INDONESIA GENERASI BABI DAN MONYET. PADANG ITU HANYA SUMATERA BARAT RIAU ITU BUKAN ORANG PADANG TETAPI MELAYU RIAU. KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TU KARENA RAJA RAJANYA BERASAL DARI SUMSEL. BAHASA MELAYU RIAU ITU LEBIH MIRIP BAHASA SUMSEL BAGAIKAN LANGIT DAN BUMI BAHASA MELAYU RIAU DENGAN BAHASA PADANG LEBIH DEKAT DENGAN SUMSEL TES DARAH DNA MELAYU RIAU ITU DARIPADA DENGAN ORANG PADANG. LEBIH TUA MELAYU RIAU DARIPADA ORANG PADANG ITU BERDASARKAN DNA GAK PERCAYA TES DNA LAH KAMU ORANG PADANG. KAMU ITU MELAYU DEUTRO/ MELAYU MUDA KAMI MELAYU PROTO/ MELAYU TUA KAMI ORANG ORANG SUMSEL SUDAH PERNAH KATAKAN SELAMA INI ORANG MELAYU RIAU ITU DITENGGELAMKAN OLEH OPINI SESAT DAN LICIK PADANG/ MINANG KABAW, YANG MENGATAKAN RIAU ADALAH PADANG/ MINANG KABAW. SUATU SAAT MELAYU RIAU KETURUNAN SUMSEL DARI TURUNAN RAJA RAJA MALAKA ITU YANG AKAN MENGHANCURKAN DAN MELULUH LANTAKAN DOMINASI DAN OPINI SESAT DAN LICIK ORANG PADANG. DAN ITU TERBUKTIKAN MELAYU RIAU SEKARANG TELAH MELAKUKAN MELAYUNISASI DALAM SEGALA HAL YANG SEMAKIN MENYULITKAN ORANG ORANG PADANG DIRIAU KHUSUNYA DI SUMATERA TENGAH UMUMNYA, PADANG ITU HANYA SUMATERA BARAT RIAU ITU BUKAN ORANG PADANG TETAPI MELAYU RIAU. KAMI ORANG SUMSEL LEBIH TAU KARENA RAJA RAJANYA BERASAL DARI SUMSEL. BAHASA MELAYU RIAU ITU LEBIH MIRIP BAHASA SUMSEL. BAGAIKAN LANGIT DAN BUMI BAHASA MELAYU RIAU DENGAN BAHASA PADANG. LEBIH DEKAT DENGAN SUMSEL TES DARAH DNA MELAYU RIAU ITU DARIPADA DENGAN ORANG PADANG. LEBIH TUA MELAYU RIAU DARIPADA ORANG PADANG ITU BERDASARKAN DNA GAK PERCAYA TES DNA LAH KAMU ORANG PADANG. KAMU ITU MELAYU DEUTRO/ MELAYU MUDA KAMI MELAYU PROTO/ MELAYU TUA. Balas SALAM PERSAUDARAAN BUAT SAUDARA SAUDARA KAMI MELAYU RIAU DARI BUMI DAN ASAL USUL SERIWIJAYA DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA, DAPUNTA SELENDRA. Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 5:14 am DASSAR YAHUDI INDONESIA GENERASI DIKUTUK OLEH TUHAN SEBAGAI BABI DAN MONYET, OPURTUNIS SEMUA LICIK CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT TUKANG PENYEBAR PITNAH DAN OPINI OPINI SESAT DAN LICIK SAJA ITUAH KERJAAN ORANG ORANG PADANG Reply Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 8:17 am kamu orang padang ngatain orang jawa bangsa budak kalian orang padang itulah bangsa budak maling teriak maling DASSAR YAHUDI INDONESIA GENERASI DIKUTUK OLEH TUHAN SEBAGAI BABI DAN MONYET, OPURTUNIS SEMUA LICIK CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT TUKANG PENYEBAR PITNAH DAN OPINI OPINI SESAT DAN LICIK SAJA ITUAH KERJAAN ORANG ORANG PADANG Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 8:31 am padang kampang kamu tundukan kepala kamu dalam dalam kebumi kamu tunduki jempol kaki kamu itu sebagai bangsa yang dihancur leburkan oleh seriwijaya yang di cincang disemblih di bakar hidup hidup dikutuk dilaknat di musnahkan oleh seriwijaya Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 12:51 pm MASIH JUGA DI ULANG ULANG ULANG TAHUN 640 ITU KERAJAAN MELAYU JAMBI BUKAN MINAGATAMWAN DAN KERAJAAN MELAYU JAMBI ITUJUGA DIHANCURKAN OLEH DAPUNTAHYANG SERIJAYA NASA SERIWIJAYA ITU SUDAH ADA SEBELUM 683. DAN SUDAH DISEBUT SERIWIJAYA BUKAN MINANGATAMWAN. MINANGATAMWAN ITU ADALAH TAKLUKAN SERIWIJAYA. SERIWIJAYA DAN MELAYU JAMBI ITU BERBARENGAN. SERIWIJAYA YANG MENGHANCURKAN MELAYU JAMBI ITU. BUKAN MELAYU JAMBI YANG MENGHANCURKAN SERIWIJAYA. LIHAT NANTI KAMU ULANG LAGI OMONGGAN KAMU ITU padang kampang kamu tundukan kepala kamu dalam dalam kebumi kamu tunduki jempol kaki kamu itu sebagai bangsa yang dihancur leburkan oleh seriwijaya yang di cincang disemblih di bakar hidup hidup dikutuk dilaknat di musnahkan oleh seriwijaya MAKA MUSTAHIL SERIWIJAYA DAPUNTAHYANG SERI JAYA NASA DAN DAPUNTA SELENDRA BERASAL DARI SUMATERA BARAT/ PADANG Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 1:22 pm DH BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN TGL 19 MEI ( SATU BULAN ) DARI PERTAMA NAIK PERAHU YAKNI TGL 23 APRIL. ARTINYA MEMAKAN WAKTU SATUBULAN PERJALANAN DH DARI SERIWIJAYA KE MINAGNGATAMWAN DAN SEKALI GUS MENAKLUKKAN MINAGATAMWAN ITU, KEMUDIAN BARU BERLEPAS DARI MINANGA TGL 19 MEI. DARIMINANGA DATANG DIPALEMBANG TGL 16 JUNI 682M 27 HARI ARTINYA DARI PENAKLUKAN MINANGATAMWAN PULANG DULU KEWILAYAH ASAL SERIWIJAYA DAN MENYIAPKAN PASUKKAN BESAR SEBESAR DUA LAKSA SESUAI MEMAKAN WAKTU 20 HARI KEMUDIAN BARU MENDATANGI PALEMBANG MEMAKAN WAKTU 6 HARI. MAKA PAS 26/ 27 HARI. LEBIH JELASNYA INI SAYA KOPIKAN LAGI ISI PRASASTI KEDUKAN BUKIT DIPALEMBANG ITU 1 Swasti, sri. Sakawarsatita 604 ekadasi su- 2 klapaksa wulan Waisakha Dapunta Hyang naik di 3 samwau mangalap siddhayatra. Di saptami suklapaksa 4 wulan Jyestha Dapunta Hyang marlapas dari Minanga 5 tamwan mamawa yang wala dua laksa dangan kosa 6 dua ratus cara di samwau, dangan jalan sariwu 7 telu ratus sapulu dua wanyaknya, datang di Mukha Upang 8 sukhacitta. Di pancami suklapaksa wulan Asada 9 laghu mudita datang marwuat wanua ….. 10 Sriwijaya jayasiddhayatra subhiksa Terjemahan dalam bahasa Indonesia modern: 1 Bahagia, sukses. Tahun Saka berlalu 604 hari kesebelas 2 paroterang bulan Waisaka Dapunta Hyang naik di 3 perahu melakukan perjalanan. Di hari ketujuh paroterang 4 bulan Jesta Dapunta Hyang berlepas dari Minanga 5 tambahan membawa balatentara dua laksa dengan perbekalan 6 dua ratus koli di perahu, dengan berjalan seribu 7 tiga ratus dua belas banyaknya, datang di Muka Upang 8 sukacita. Di hari kelima paroterang bulan Asada 9 lega gembira datang membuat wanua ….. 10 Perjalanan jaya Sriwijaya berlangsung sempurna a. DAPUNTA PERTAMA NAIK DIPERAHU ITU PARO TERANG BULAN WAISAK ( 23 APRIL) INILAH ASAL SERIWIJAYA. b. DAPUNTA BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN DIHARI KETUJUH PAROTERANG BULAN JESTA (19 MEI) ARTINYA MINANGATAMWAN ITU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKKAN SERIWIJAYA. SESUAI SATU BULAN DARI SERIWIJAYA DAN MENGHANCURKAN MINANGATAMWAN MELAYU JAMBI ITU c. datang dimuka upang dihari kelima paroterang bulan Asada ( 16 juni.) jadi jelas minangatamwan itu bukanlah tempat pertama dapunta naik perahu. DI AKHIR DITULIS PERJALANAN SERIWIJAYA BERLANGSUNG SEMPURNA. BUKAN PERJALANAN MINANGATAMWAN BERLANGSUNG SEMPURNA. MUSTAHIL DAPUNTAHYANG MENGATAKAN PERJALANAN SERIWIJAYA KALAU SERIWIJAYA BELUM ADA PASTI DIA MENGATAKAN PENDIRIAN SERIWIJAYA BERLANGSUNG SEMPURNA. SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG BERASAL DARI PAGARRUYUNG, PAGARRUYUNG BERASAL DARI DHARMASRAYA DHARMASRAYA BERASAL DARI SERIWIJAYA. SERIWIJAYA BERASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH (SUMSEL BENGKULU) JADI KESIMPULANNYA SEMUA RAJA DAN KERAJAAN PADANG/MINANG KABAW/SUMATRA BARAT BERASAL DARI RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH (SUMSEL BENGKULU). PADANG ITU ANAK KEMAREN SORE GAK USAH BANYAK TINGKAH. RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH YANG PALING TUA. GAK PERCAYA BUKTIKAN DENGAN TES LABORATORIUM TES DARAH DNA. DARAH SIAPA YANG PALING TUA, DARAH SIAPA YANG PALING KENTAL DAN DARAH SIAPA YANG LEBIH BERAT KAMU ORANG PADANG ITU MELAYU MUDA KAMI MELAYU TUA. Reply sang says: February 6, 2014 at 2:02 pm Ada beberapa pertanyaan ttg lokasi sriwijaya.. Prasasti telaga batu ditemukan di kecamatan ilir kota palembang.. Isinya bermakna sama dgn prasasti di bangka,lampung yaitu berupa peringatan supaya tunduk dan patuh.. Ini agak aneh, kalau benar sriwijaya sudah lama di palembang, kenapa masih dikutuk juga orang diwilayah palembang? Artinya dapunta hyang sendiri bersikap waspada dan penuh ancaman kalau orang dipalembang berontak.. Arti lainnya berarti dapunta adalah penguasa baru dipalembang.. Sriwijaya adalah kedatuan baru dipalembang makanya dapunta bersikap waspada dgn menuliskan kata kata ancaman di prasasti telaga batu. Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 1:34 pm padang kampang kamu tundukan kepala kamu dalam dalam kebumi kamu tunduki jempol kaki kamu itu sebagai bangsa yang dihancur leburkan oleh seriwijaya yang di cincang disemblih di bakar hidup hidup dikutuk dilaknat di musnahkan oleh seriwijaya MAKA MUSTAHIL SERIWIJAYA DAPUNTAHYANG SERI JAYA NASA DAPUNTA SELENDRA BERASAL DARI PADANG/ SUMATERA BARAT Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 2:21 pm ORANG PADANG ITU SELALU MEMBANGUN OPINI YANG SANGAT MENYESATKAN DAN SANGAT LICIK DAN MENJIJIKKAN YANG SELALU MEMBESAR BESARKAN PERAN DAN JASA ORANG PADANG PADAHAL SAMA SEKALI TIDAK ADA APA APANYA. PEMBERONTAK SEMUA PENGKHIANAT SEMUA, OPURTUNIS, LICIK, CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT, TUKANG PENYEBAR PITNAH , TUKANG TIPU, TUKANG ADU DOMBA, TUKANG HASUT, TUKANG PEMECAH BELAH, TUKANG PERONGRONG, YAHUDI INDONESIA, GENERASI TERKUTUK SEBAGAI BABI DAN MONYET. DURHAKA KEPADA IBU TERKUTUK KAMPANG SEMUA KAMU PADANG PANTASLAH KALIAN DIHANCURKAN DIBANTAI SEMUA DISEMBLIH DIBAKAR HIDUP HIDUP DI RAJAM DIGANTUNG DIPENGGAL OLEH ALLAH MELALUI KERAJAAN SERIWIJAYA PADA SAAT SERIWIJAYA MENYERANG MENGHANCURKAN DAN MENGUASAI BARUS, MELALUI TNI PADA SAAT ORANG PADANG PEMBERONTAK PRRI DIHANCURKAN OLEH KERJAAN ACEH, DIHANCURKAN OLEH KERAJAAN MELAKA. Reply putra sumsel says: February 6, 2014 at 4:43 pm PEMBERONTAKAN DI IBUKOTA ITU BIASA TERJADI BAHKAN LEBIH BERBAHAYA LAGI. G30S/PKI ITU TERJADI DIJAKARTA IBUKOTA. BEGITU JUGA SERIWIJAYA PERLU MENGANTISIPASI DAN MEMPERINGATKAN KEPADA WARGA IBUKOTA BARU YANG BARU DIPINDAHKAN DARI DAERAH ULUAN SUNGAI MUSI YANG BERJARAK 500 KM DARI KOTA PALEMBANG. SUDAH BERULANG ULANG DIKATAKAN DAPUNTAHYANG ITU DATANG DARI WILAYAH ULUAN SUMSEL RUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH. DIRUMPUN SUKU BANGSA PASEMAH TIDAK ADA KUTUKAN SERIWIJAYA TAPI SANGAT DIHORMATI DAN SELALU DISIARAHI OLEH KETURUNAN KETURUNAN SERIWIJAYA. TERMASUK PRAMESWARA SELALU DATANG BERZIARAH KE LAHAT BUKIT SELIRO DAN BUKIT TUNJUK. DAN GUNUNG DEMPO. SUMATERA SELATAN. DIJAMBI DI SUMATERA BARAT ITU DIKUTUK SEMUA OLEH SERIWIJAYA ORANG PADANG ITU SELALU MEMBANGUN OPINI YANG SANGAT MENYESATKAN DAN SANGAT LICIK DAN MENJIJIKKAN YANG SELALU MEMBESAR BESARKAN PERAN DAN JASA ORANG PADANG PADAHAL SAMA SEKALI TIDAK ADA APA APANYA. PEMBERONTAK SEMUA PENGKHIANAT SEMUA, OPURTUNIS, LICIK, CULAS, TELUNJUK LURUS KELINGKING BERKAIT, TUKANG PENYEBAR PITNAH , TUKANG TIPU, TUKANG ADU DOMBA, TUKANG HASUT, TUKANG PEMECAH BELAH, TUKANG PERONGRONG, YAHUDI INDONESIA, GENERASI TERKUTUK SEBAGAI BABI DAN MONYET. DURHAKA KEPADA IBU TERKUTUK KAMPANG SEMUA KAMU PADANG PANTASLAH KALIAN DIHANCURKAN DIBANTAI SEMUA DISEMBLIH DIBAKAR HIDUP HIDUP DI RAJAM DIGANTUNG DIPENGGAL OLEH ALLAH MELALUI KERAJAAN SERIWIJAYA PADA SAAT SERIWIJAYA MENYERANG MENGHANCURKAN DAN MENGUASAI BARUS, MELALUI TNI PADA SAAT ORANG PADANG PEMBERONTAK PRRI DIHANCURKAN OLEH KERJAAN ACEH, DIHANCURKAN OLEH KERAJAAN MELAKA.
  6. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    isi teks dari komen hanyalah pengulangan (copy-pase) dari apa yg telah disampaikan pada thread https://minangel.wordpress.com/2013/05/28/borobudur-adalah-warisan-minangkabau/ — yg mana itu pun penuh dg kata2 kasar dan sumpah serapah.

    karena teks ini hanya berupa pengulangan (itu pun sangat panjang – 23 halaman di ms-word) maka saya menganggap komen ini hanyalah TEBARAN SAMPAH dari orang stress ….. yg ditebarkan di pekarangan orang – perbuatan yg sangat tidak terpuji, tentunya.

    mohon maaf atas deletion ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s