Minanga Bukanlah Di Palembang

sriiiiiii

Minanga merupakan salah satu nama dari Kerajaan Melayu yang telah muncul pada tahun 645. Berita tentang keberadaan kerajaan ini didapat dari buku T’ang-Hui-Yao yang disusun oleh Wang p’u pada tahun 961 masa Dinasti Tang, di mana kerajaan ini mengirimkan utusan ke Cina pada tahun 645 untuk pertama kalinya. Kemudian didukung oleh Prasasti Kedukan Bukit yang bertarikh 682.

Dari Prasasti Kedukan Bukit, disebutkan bahwa Dapunta Hyang pendiri Sriwijaya bertolak dari Minanga, dengan membawa puluhan ribu tentara lengkap dengan perbekalan. Berita tentang Kerajaan Melayu ini juga disebut dalam catatan perjalanan Pendeta I-tsing atau I Ching (義淨; pinyin Yì Jìng) (634-713) identik dengan kerajaan ini.

Selain dari berita buku T’ang-Hui-Yao, dari buku Tse-fu-yuan-kuei pada masa Dinasti Song yang dibuat atas dasar sejarah lama oleh Wang-ch’in-jo dan Yang I antara tahun 1005 dan 1013, juga menceritakan adanya utusan dari Kerajaan Melayu datang ke Cina antara tahun 644 dan 645.

Namun belum ada sumber yang menyebutkan di mana lokasi persisnya tempat yang menjadi ibukotanya serta siapa yang menjadi raja di kerajaan ini.

Berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit, di tahun 682 Dapunta Hyang bertolak dari Kerajaan Minanga dengan membawa 20.000 tentara kearah selatan lalu mendirikan Kerajaan Sriwijaya. Dengan demikian pusat kerajaan berpindah ke wilayah muara sungai Musi atau Palembang sekarang.

Sumber – http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Minanga 11 Desember 2013.

Minangel – artikel Wiki ini dengan tegas menyebutkan bahwa belum ada alat sejarah yang menunjukkan bahwa Minanga merupakan suatu tempat di Palembang atau pun di Sumatera Selatan. Bahkan dengan tegas artikel Wiki ini menyebutkan bahwa Minanga merupakan salah satu nama Kerajaan Melayu. Statement ini tentunya membuktikan bahwa Minanga bukan merupakan suatu tempat di Palembang atau Sumatera Selatan.

Kemudian pada bagian akhir dari artikel Wiki ini disebutkan bahwa Dapunta Hyang bertolak dari Minanga ke arah Selatan dan mendirikan Kerajaan Sriwijaya. Kalaulah Minanga merupakan nama suatu tempat di Palembang, maka apakah mungkin Dapunta Hyang bergerak ke arah Selatan yaitu ke Palembang dan kemudian mendirikan Kerajaan Sriwijaya? Dapunta Hyang bergerak dari Palembang ke arah Selatan yaitu ke Palembang dan kemudian mendirikan Kerajaan Sriwijaya: apakah statement tersebut wajar?

Kesimpulannya adalah, bahwa tidak mungkin Minanga merupakan nama suatu tempat di Palembang.

-o0o-

Kemudian lebih jauh lagi, kita menjumpai artikel sebagai berikut,

Menurut keterengan Prof. Dr. Poerbacaraka yang disebut Minanga Tamwan itu adalah daerah yang terletak di antara dua Sungai Besar yang bertemu.

Sebagian ahli ada yang menduga bahwa dua sungai besar itu adalah Kampar Kiri dan Kampar Kanan. Namun bila yang dimaksud adalah Sungai Kampar Kiri dan Kampar Kanan, maka kemungkinan besar daerah tersebut ada di sekitar Muara Takus.

Menurut hasil penelitian dan kajian penulis sendiri bersama Masyarakat Sejarahawan Indonesia (MSI) Luhak Limopuluah (Yulfian Azrial,dkk-2003), Minanga Tamwan bisa saja bukanlah dimaksudkan sebagai pertemuan antara dua sungai besar secara fisik. Karena pertemuan sungai secara fisik tentu lebih lazim disebut sebagai muara bukannya Minanga Tamwan.

Tetapi Minanga Tamwan justru bisa saja menunjukkan suatu daerah atau kawasan yang menjadi tempat pertemuan masyarakat dari dua sungai besar. Hal ini karena jalan raya utama masyarakat kita pada zaman dahulu adalah sungai.

Maka kalau kita lihat dari peta, dua sungai besar itu di kawasan pulau Sumatera bagian tengah ini hanya satu, yaitu daerah yang terdapat antara Hulu Sungai Kampar dengan Batang Sinamar (Kuantan / Indragiri). Kawasan ini berada antara Maek dan Mungka. Tepatnya yaitu di Bukit Batu Bulan di Nagari Talang Maua.

Daerah ini juga berada tepat tidak jauh dari garis Khatulistiwa. Kemudian kalau ditinjau dari asal usul katanya menurut Bahasa tamil, maka kata Talang itu berasal dari kata Ta yang berarti besar dan Lang adalah bandar. Jadi Talang artinya bandar besar.

Keberadaan Bukit Batu Bulan ini dapat digambarkan sebagai berikut: Satu sisinya turun ke Batang Kampar di Maek, sedangkan sisi yang lain turun ke Batang Sinamar yang kehilirnya dike-nal juga sebagai Batang Kuantan atau Sungai Indragiri.

Di atas bukit ini terdapat beberapa situs yang merupakan bekas pusat perdagangan besar seperti Ranah Pokan Akad, Ranah Pokan Selasa, Ranah Pokan Komih, Ranah Pokan Jumat, Ranah Pokan Sabtu, dll.

Tempat ini jelas pernah mempertemukan pedagang yang naik dari dua sungai besar, yaitu yang naik lewat Batang Kampar dan dan yang naik dari Batang Kuantan (Indragiri). Namun untuk memastikan hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Sumber – http://yulfianazrialcyber.blogspot.com/2010/04/asal-usul-nama-minangkabau-menurut-para.html

Minangel – artikel ini yang membahas arti kata Minanga Tamvan sama sekali tidak menganjurkan bahwa Minanga merupakan nama suatu tempat yang berada di Palembang atau bagian lainnya di Sumatera Selatan. Dan tentunya pendapat mereka tidak bisa kita bantah begitu saja.

Berdasarkan keterangan yang serba sedikit ini saja sebenarnya kita sudah dapat menduga bahwa Minanga bukanlah suatu tempat di Palembang. Oleh karena itu kalau ada pihak-pihak yang mengklaim bahwa Minanga merupakan suatu tempat di Palembang, dikhawatirkan statement tersebut menjadi sebuah kekacauan yang hanya akan menjungkirbalikkan pelajaran sejarah pada generasi mendatang.

Dan kemudian mengingat Minanga bukanlah suatu tempat di Palembang, maka dapat dipastikan bahwa pendiri Sriwijaya yaitu Dapunta Hyang bukanlah orang Palembang asli, melainkan seorang pendatang yang mencari peruntungan di Palembang.

Dan mengingat bahwa Minanga bukanlah di Palembang (karena hal itu tidak mungkin) maka kemudian dapat disimpulkan bahwa Minanga merupakan asal kata dari kata Minangkabau, yang merupakan kampung asal Dapunta Hyang, pendiri Kerajaan Sriwijaya.

9 thoughts on “Minanga Bukanlah Di Palembang

  1. KERAJAAN MELAYU YANG KECINA THN 645 ITU MELAYU DIJAMBI YANG DIANCURKAN DAN DITAKLUKKAN SERIWIJAYA. BERARTI JELAS MINANGATAMWAN ITU ADALAH KERAJAAN MELAYU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA YANG KEMUDIAN DI HANCURKAN OLEH SERIWIJAYA.

    • a’kum. minanga itu maknanya sungai dan tamwan itu temuan. mana mungkin kerajaan melayu itu atau palembang adalah sri wijaya asal kerana kedua duanya adalah taklukan dapunta hyang. sebenarnya maharaja jayanaga / sa adalah pemerintah kerajaan sri wijaya mala (suku atau wangsa melayu). saya tahu tempat sebenar dimana itu sungai pertemuan (tamwan). ianya di sebuah negeri yang bergelar tanah atau taman sri indah sekebun bunga (shih li fo shih) pada zaman dahulu kala sampai sekarang. silakan tuan mencari tempat itu di sluruh nusantara tidak akan ditemui kecuali satu negeri atau satu tempat sahaja yang dipanggil dengan gelaran itu. wassalam.

      Minangel,
      kepada sdr cahaya kemenangan, mungkin sebaiknya anda langsung menulis / memberitahu saja nama tempat daerah tsb, karena hal itu sangat mendesak di sini. terima kasih.

  2. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    mohon maaf atas deletion ini.

  3. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    mohon maaf atas deletion ini.

  4. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    mohon maaf atas deletion ini.

  5. putra melayu riau | August 4, 2014 at 7:57 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    Minangel ~ bagian yg saya potong, ITU TIDAK PENTING DAN TIDAK RELEVAN.
    JUSTRU YANG ANDA POTONG ITULAH INTINYA YAK MENGATAKAN MELAYU MINANGA ITU DITAKLUKKAN OEH SERIWIJAYA.
    ANDA MINANGEL SANGAT NGOTOT KALAU MINANGATAMWAN ITU ADALAH ASAL SERIWIJAYA. PADAHAL JELAS DISITU TAKLUKKAN SERIWIJAYA.

    tapi biar bagaimana pun, sejarah memang menjelaskan bhw minanga (dllllll) menjadi taklukan sriwijaya. itu memang saya akui, gila saya kalo tidak mengakui ……
    ARTINYA JELAS MINANGATAMWAN ITU BUKAN ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKAN SERIWIJAYA.

    tapi masalahnya adalah, sriwijiaya itu kerajaan siapa???? sriwijaya itu kerajaan milik minangkabau, bukan????
    JELAS BUKAN MILIK MINANGKABAW. KARENA ANDA MENGATAKAN BERULANG ULANG KALAU MINANGKABAW ITU BERASALDARI KATA MINANGATAMWAN DIPRASASTI KEDUKAN BUKIT PALEMBANG ITU. SEDANGKAN MINANGATAMWAN ITUNADALAH TAKLUKAN SERIWIJAYA. KAN ANDA SENDIRI YANG MENGATAKAN MENGAKUI GILA ANDA JIKA TIDAK MENGAKUINYA. ARTINYA MINANGKABAW ITU TAKLUKKAN SERIWIJAYA.

    SERIWIJAYA ITU JELAS MILIK ORANG SUMSEL. APA YANG DISAMPAIKAN PUTRA SUMSEL ITU BENAR SEMUA, ILMIAH,

    WAHAI MINANGEL TIDAK USAH ANDA BICARA SERIWIJAYA YANG SUDAH JELAS MILIK ORANG SUMSEL. SERIWIJAYAITUSUDAH MENDARAH DAGIN DENGAN SUMSEL.

    KITA URUSI DULU URUSAN KITA. URUSAN KITA BELUM SELESAI ANTARA RIAU DENGAN MINANG KABAW. BAGI KAMI ORANG MELAYU RIAU MINANGKABAW ITU LAHYANG BERASAL DARI MELAYU RIAU. BUKAN MINANGKABAW ASAL MELAYU RIAU
    KARENA NENEK MOYANG DATANG LEBIH DULU KERIAU BARU MASUK KE MINANG KABAW.
    JADI TIDAK BENAR MELAYU RIAU ITU MINANGKABAW. RAJA RAJA MELAYU RIAU KETURUNAN SULTAN JOHOR,SULTAN JOHOR KETURUNAN MALAKA, MALAKA KETURUNAN PALEMBANG, PALEMBANG KETURUNAN SERIWIJAYA, BEGITU SEMUA PUSAKA MELAYU MENULISKAN SEJARAHNYA. DAN SERIWIJAYA BERASAL DARI DAERAH ULUAN SUNGAI MUSI DAN SENTRAL PERADABAN DI GUNUNG DEMPO, SEBAGAI PEMEGANG PERADABAN BESAR MEGALIT TERBESAR DAN TEERLENGKAP DIDUNIA ITULAH ASAL SERIWIJAYA.

    mengapa hal beginian saja @putrasumsel tidak dapat memahami???? hahahahaha …
    JANGANLAH ANDA TERTAWA KARENA KARENA TAWA ANDA ITU MENUNJUKAN ANDA TIDAK ILMIAH DAN ANDA TIDAK MAMPU .
    APA YANG DILAKUKAN PUTRA SUMSEL ITU WAJAR. KARENA SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL. KETIKA ADA YANG MENGUSIKNYA WAJAR DIA MENYAMPAIKAN BUKTI UNTUK DIADU DENGAN PENDAPAT ANDA.
    ANDA SAJA AKAN MEMPERTAHANKAN JIKA ADA MENGKLAIM / MENGUSIK PAGARRUYUNG.ADITYAWARMAN ITU BUKAN ASLI ORANG SUMATERA AYAHNYA ORANG JAWA. ITU YANG SUDAH JELAS. SEDANG IBUNYA PUTRI DHARMASRAYA. SEDANGKAN DHARMASRAYA ITU ADALAH SERIWIJAYA YANG BERASIMILASI DENGAN JAMBI SEBAGAI BEKAS DAERAH TAKLUKKAN SERIWIJAYA. JADI MEMANG BUKAN ORANG MINANG ADITYAWARMAN ITU. DIA ADALAH JAWA MELAYU.
    Reply
    putra melayu riau | August 4, 2014 at 8:19 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    1 Swasti, sri. Sakawarsatita 604 ekadasi su-
    2 klapaksa wulan Waisakha Dapunta Hyang naik di
    3 samwau mangalap siddhayatra. Di saptami suklapaksa
    4 wulan Jyestha Dapunta Hyang marlapas dari Minanga
    5 tamwan mamawa yang wala dua laksa dangan kosa
    6 dua ratus cara di samwau, dangan jalan sariwu
    7 telu ratus sapulu dua wanyaknya, datang di Mukha Upang
    8 sukhacitta. Di pancami suklapaksa wulan Asada
    9 laghu mudita datang marwuat wanua …..
    10 Sriwijaya jayasiddhayatra subhiksa
    Terjemahan dalam bahasa Indonesia modern:
    1 Bahagia, sukses. Tahun Saka berlalu 604 hari kesebelas
    2 paroterang bulan Waisaka (23 april) Dapunta Hyang naik di
    3 perahu melakukan perjalana . Di hari ketujuh paroterang
    4 bulan Jesta(19 mei) Dapunta Hyang berlepas dari Minanga
    5 tambahan membawa balatentara dua laksa dengan perbekalan
    6 dua ratus koli di perahu, dengan berjalan seribu
    7 tiga ratus dua belas banyaknya, datang di Muka Upang
    8 sukacita. Di hari kelima paroterang bulan Asada(16 juni)
    9 lega gembira datang membuat wanua …..
    10 Perjalanan jaya Sriwijaya berlangsung sempurna
    a. DAPUNTA PERTAMA NAIK DIPERAHU ITU PARO TERANG BULAN WAISAK ( 23 APRIL) INILAH ASAL SERIWIJAYA, BUKAN MINANGA TAMWAN KARENA DIKATAKAN DAPUNTA MANGGALAP SIDHAYATRA.
    b. DAPUNTA BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN DIHARI KETUJUH PAROTERANG BULAN JESTA (19 MEI) ARTINYA 26 hari setelah naik perahu melakukan sidhayatra baru bertolak/berlepas dari minangatamwan. Makajelas MINANGATAMWAN ITU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKKAN SERIWIJAYA. karena jarak dapunta naik perhu sampai berlepas itu 26 hari, dari tgl 23 april baru berlepas dari minangatamwan tgl 19 mei.
    c. datang dimuka upang dihari kelima paroterang bulan Asada ( 16 juni.) dari minanga dapunta menuju ulu musi membawa dualaksa pasukkan sesuai 20 hari kemudian mendatangi muka upang palembang satu minggu/ 5 hari sesuai, jadi 27 hari dari belepas dari minangatamwan baru datang dimuka uphang palembang. Karena dikatakan selepas dari minangatamwan itu tidak dikatakan dapunta menuju muka upang/ langsung menuju muka upang tapi dengan tegas dikatakan datang dimuka upang. Selepasdari minangtamwan itu dapunta keulu musi dari ulu musi pasukkan dua laksa itu mendatangi palembang selepas dari minangatamwan, Minangatamwan itu adalah penghalang seriwijaya menuju muka upang untuk itu perlu ditaklukkan dulu baru menuju muka uphang palembang.
    jadi jelas minangatamwan itu bukanlah tempat pertama dapunta naik perahu/ tempat melakukan sidhayatra. tempat dapunta melakukan/ magalap sidhayatra adalah seriwijaya, karena diakhir prasasti dikatakan sidhayatra seriwijaya jaya subhiksa.
    artinya seriwijaya yang melakukan sidhayatra bukan minangatamwn. bukan sidhayatra minangatamwan jaya subhiksa. Paktanya memang seriwijaya sudah ada sebelum peristiwa itu sebelum sidhayatra th 683M karena seriwijaya th 670 sudah ada.

    Jika seriwijaya itu adalah taklukan kerajaan minangatamwan maka seriwijaya tidak akan pernah ada yang ada hanya minangatamwan sebab taklukan itu akan jadi negara yang menaklukkan. Diseluruh dunia negara yang menaklukkan akan menjadikan taklukannya sebagai negaranya.
    Jika minangatamwan yang menaklukkan seriwijaya, maka yang ada kerajaan minangatamwan. Jelas seriwijaya yang berganti nama menjadi minangatamwan. Sebab seriwijaya sebelumsidhayatra dapunta 683M sudah ada sudah disebut dengan sebutan yang sama oleh itsing tahun 671M dengan tahun 683M.
    Paktanya minangtamwan, melayu, kedah, tulang bawang yang berubah jadi seriwijaya.
    Belanda menaklukkan indonesia memberi nama hindia belanda( netherland indie) bukan belanda yang berganti nama jadi indie. Turki menaklukan konstantinopel romawi berganti nama istanbul turki, bukan turki yang berganti nama jadi romawi.jepang/ nipon pernah menguasai indonesia/ hindia belanda mengganti nama hindia belanda dengan nipon raya. Indonesia yang jadi dai nipon bukan nipon yang berubah jadi indonesia. Indonesia menguasai timor timur, timour timur yang berganti nama timour-timur indonesia. Bukan indonesia yang jadi timor leste. Malaysia jadi jajahan inggris. Malaysia yang berganti nama menjadi nama inggris dan jadi wilayah inggris bukan inggris yang berubah berganti jadi malaysia. Begitu juga minangatamwan karena taklukkan seriwijaya menjadi seriwijaya. Melayu, kedah, tulang bawang, bangka belitung adalah taklukan seriwijaya maka wilayah itu menjadi seriwijaya bukan seriwijaya yang menjadi melayu,kedah, tulang bawang.
    Ketika jambi, riau, pernah jadi wilayah johor maka jambi dan riau jadi johor Bukan johor yang jadi jambi/ riau.
    Reply
    putra melayu riau | August 5, 2014 at 2:23 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    putra melayu riau | August 4, 2014 at 8:19 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    1 Swasti, sri. Sakawarsatita 604 ekadasi su-
    2 klapaksa wulan Waisakha Dapunta Hyang naik di
    3 samwau mangalap siddhayatra. Di saptami suklapaksa
    4 wulan Jyestha Dapunta Hyang marlapas dari Minanga
    5 tamwan mamawa yang wala dua laksa dangan kosa
    6 dua ratus cara di samwau, dangan jalan sariwu
    7 telu ratus sapulu dua wanyaknya, datang di Mukha Upang
    8 sukhacitta. Di pancami suklapaksa wulan Asada
    9 laghu mudita datang marwuat wanua …..
    10 Sriwijaya jayasiddhayatra subhiksa
    Terjemahan dalam bahasa Indonesia modern:
    1 Bahagia, sukses. Tahun Saka berlalu 604 hari kesebelas
    2 paroterang bulan Waisaka (23 april) Dapunta Hyang naik di
    3 perahu melakukan perjalana . Di hari ketujuh paroterang
    4 bulan Jesta(19 mei) Dapunta Hyang berlepas dari Minanga
    5 tambahan membawa balatentara dua laksa dengan perbekalan
    6 dua ratus koli di perahu, dengan berjalan seribu
    7 tiga ratus dua belas banyaknya, datang di Muka Upang
    8 sukacita. Di hari kelima paroterang bulan Asada(16 juni)
    9 lega gembira datang membuat wanua …..
    10 Perjalanan jaya Sriwijaya berlangsung sempurna
    a. DAPUNTA PERTAMA NAIK DIPERAHU ITU PARO TERANG BULAN WAISAK ( 23 APRIL) INILAH ASAL SERIWIJAYA, tempat dapunta magalap sidhayatra. BUKAN MINANGA TAMWAN KARENA jelas DIKATAKAN DAPUNTA MANGGALAP SIDHAYATRA.
    b. DAPUNTA BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN DIHARI KETUJUH PAROTERANG BULAN JESTA (19 MEI) ARTINYA 26 hari setelah naik perahu melakukan sidhayatra baru bertolak/berlepas dari minangatamwan. Makajelas MINANGATAMWAN ITU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKKAN SERIWIJAYA. karena jarak dapunta naik perhu sampai berlepas itu 26 hari, dari tgl 23 april baru berlepas dari minangatamwan tgl 19 mei. karena juga seriwijaya yang sidhayatra, bukan minangatamwan. jadi proses sidhayatra seriwijaya itu dimulai tgl 23 april- 19 mei-16 juni ( dari seriwijaya- minangatamwan- muka uphang ) 23 april dapunta melakukan sidhayata sebulan kemudian berlepas dari minangatamwan, sebulan kemudian datang dimuka uphang.
    c. datang dimuka upang dihari kelima paroterang bulan Asada ( 16 juni.) dari minanga dapunta menuju ulu musi membawa dualaksa pasukkan sesuai 20 hari kemudian mendatangi muka upang palembang satu minggu/ 5 hari sesuai, jadi 27 hari dari belepas dari minangatamwan baru datang dimuka uphang palembang. Karena dikatakan selepas dari minangatamwan itu tidak dikatakan dapunta menuju muka upang/ langsung menuju muka upang tapi dengan tegas dikatakan datang dimuka upang. Selepasdari minangtamwan itu dapunta keulu musi dari ulu musi pasukkan dua laksa itu mendatangi palembang selepas dari minangatamwan, Sebap palembang itu berada disekitar sungai musi diiliran sungai musi maka jelas dari ulu musi dapunta mendatangi muka uphang palembang. Minangatamwan itu adalah penghalang seriwijaya menuju muka upang untuk itu perlu ditaklukkan dulu baru menuju muka uphang palembang. dan kenyataannya memang begitu dan banyak para ahli yang mendukung dan menmbenarkannya.
    jadi jelas minangatamwan itu bukanlah tempat pertama dapunta naik perahu/ tempat melakukan sidhayatra. tempat dapunta melakukan/ magalap sidhayatra adalah seriwijaya, karena diakhir prasasti dikatakan sidhayatra seriwijaya jaya subhiksa.
    artinya seriwijaya yang melakukan sidhayatra bukan minangatamwn. bukan sidhayatra minangatamwan jaya subhiksa. Paktanya memang seriwijaya sudah ada sebelum peristiwa itu sebelum sidhayatra th 683M karena seriwijaya th 670 sudah ada.

    Jika seriwijaya itu adalah taklukan kerajaan minangatamwan maka seriwijaya tidak akan pernah ada yang ada hanya minangatamwan sebab taklukan itu akan jadi negara yang menaklukkan. Diseluruh dunia negara yang menaklukkan akan menjadikan taklukannya sebagai negaranya.
    Jika minangatamwan yang menaklukkan seriwijaya, maka yang ada kerajaan minangatamwan. Jelas seriwijaya yang berganti nama menjadi minangatamwan. Sebab seriwijaya sebelumsidhayatra dapunta 683M sudah ada sudah disebut dengan sebutan yang sama oleh itsing tahun 671M dengan tahun 683M.
    Paktanya minangtamwan, melayu, kedah, tulang bawang yang berubah jadi seriwijaya.
    Belanda menaklukkan indonesia memberi nama hindia belanda( netherland indie) bukan belanda yang berganti nama jadi indie. Turki menaklukan konstantinopel romawi berganti nama istanbul turki, bukan turki yang berganti nama jadi romawi.jepang/ nipon pernah menguasai indonesia/ hindia belanda mengganti nama hindia belanda dengan nipon raya. Indonesia yang jadi dai nipon bukan nipon yang berubah jadi indonesia. Indonesia menguasai timor timur, timour timur yang berganti nama timour-timur indonesia. Bukan indonesia yang jadi timor leste. Malaysia jadi jajahan inggris. Malaysia yang berganti nama menjadi nama inggris dan jadi wilayah inggris bukan inggris yang berubah berganti jadi malaysia. Begitu juga minangatamwan karena taklukkan seriwijaya menjadi seriwijaya. Melayu, kedah, tulang bawang, bangka belitung adalah taklukan seriwijaya maka wilayah itu menjadi seriwijaya bukan seriwijaya yang menjadi melayu,kedah, tulang bawang.
    Ketika jambi, riau, pernah jadi wilayah johor maka jambi dan riau jadi johor Bukan johor yang jadi jambi/ riau.

    prasasti seriwijaya kedukan bukit palembang itu harus utuh dibaca dipahami dan telaah dari baris 1 sampai akhir. jangan langsung loncat ke baris 4 yang mengatakan marlepas dari minangatamwan. baca dan pahami dulu baris pertama kedua dan ketiga dst.

    baris pertama menegaskan salam pembukaan selamat sejahtera dan tahun saka tahun kejadian peristiwa. baris ke2 dan ke3 menegaskan dapunta naik perahu magalap sidhayatra/ melakukan perjalanan suci pada tgl 23 april. baru baris ke4 melepas/ bertolak/ berangkat/selepas dari minanga tamwan tgl 19 mei (setelah satu bulan melakukan sidhayatra) baris kelima menegaskan tambahan membawa pasukan dua laksa, arti tambahan jelas bukanlah inti.

    baris ke 6dan 7 menegaskan yang berjalan 1312 orang lewat jalan darat. artinya tidak mungkin dapunta itu lewat laut. karena tidak bisa berjalan lewat darat. jelas lewat sumsel itulah pasukkan dapunta datang di muka uphang palembang itu. karena hanya dari sumsel itulah bisa mendatangi palembang lewat sungai musi dan darat.

    baris ke7 dan 8 menegaskan datang dimuka uphang lega gembira/ sukacita/ bahagia sentosa. lega gembira pasukkan sebanyak itu hanya bisa terjadi jika tercapai tujuan.tercapainya tujuan seriwijaya itu ada dua. pertama berhasil menaklukkan/ menang dalam perang dan kedua berhasil sampai ke muka uphang.

    baris ke9 menegasskan datang membuat wanua. kata wanuwa ini bisa berarti pelabuanbenuwa/ pelabuhan besar/ bandar pelabuhan, atau istana baru dan besar, atau tempat ibadah yang besar, tapi yang jelas bukan membuat/pendirian kerajaan seriwijaya. karena seriwijaya sudah ada tahun670M ( sebelum sidhayatra 683 M ) baris terakhir menegaskan perjalanan suci/ sidhayatra seriwijaya berlangsung jaya/sukses sempurna ( lihat dan perhatikan baris kedua dan ke tiga). artinya seriwijaya yang melakukan sidhayatra bukan minangatamwan.

    ADAPUN DUA LAKSA PASUKAN SERIWIJAYA ITU DUA LAKSA DALAM BAHASA SANSKERTA = 200.000. ARTINYA KOMUNITAS BESAR TENTARA SEBANYAK ITU. ARTINYA PERADABAN PENDUDUK PENDUKUNG SERIWIJAYA ITU BESAR SESUAI KOMUNITAS SUMSEL DAN BENGKULU. DENGAN SENTRAL PERADABAN GUNUNG DEMPO BERDASARKAN PERADABAN DISANA SESUAI SEBAGAI PEMILIK PERADABAN MEGALIT TERBESAR DAN TERLENGKAP DIDUNIA SESUAI ASAL SERIWIJAYA.
    Reply
    putra melayu riau | August 5, 2014 at 6:04 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    putra melayu riau mengatakan:
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Agustus 5, 2014 pukul 12:09 pm

    putra melayu riau | August 4, 2014 at 7:57 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    Minangel ~ bagian yg saya potong, ITU TIDAK PENTING DAN TIDAK RELEVAN.
    JUSTRU YANG ANDA POTONG ITULAH INTINYA YAK MENGATAKAN MELAYU MINANGA ITU DITAKLUKKAN OEH SERIWIJAYA.
    ANDA MINANGEL SANGAT NGOTOT KALAU MINANGATAMWAN ITU ADALAH ASAL SERIWIJAYA. PADAHAL JELAS DISITU TAKLUKKAN SERIWIJAYA.

    tapi biar bagaimana pun, sejarah memang menjelaskan bhw minanga (dllllll) menjadi taklukan sriwijaya. itu memang saya akui, gila saya kalo tidak mengakui ……
    ARTINYA JELAS MINANGATAMWAN ITU BUKAN ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKAN SERIWIJAYA.

    tapi masalahnya adalah, sriwijiaya itu kerajaan siapa???? sriwijaya itu kerajaan milik minangkabau, bukan????
    JELAS BUKAN MILIK MINANGKABAW. KARENA ANDA MENGATAKAN BERULANG ULANG KALAU MINANGKABAW ITU BERASALDARI KATA MINANGATAMWAN DIPRASASTI KEDUKAN BUKIT PALEMBANG ITU. SEDANGKAN MINANGATAMWAN ITUNADALAH TAKLUKAN SERIWIJAYA. KAN ANDA SENDIRI YANG MENGATAKAN MENGAKUI GILA ANDA JIKA TIDAK MENGAKUINYA. ARTINYA MINANGKABAW ITU TAKLUKKAN SERIWIJAYA.

    SERIWIJAYA ITU JELAS MILIK ORANG SUMSEL. APA YANG DISAMPAIKAN PUTRA SUMSEL ITU BENAR SEMUA, ILMIAH,

    WAHAI MINANGEL TIDAK USAH ANDA BICARA SERIWIJAYA YANG SUDAH JELAS MILIK ORANG SUMSEL. SERIWIJAYAITUSUDAH MENDARAH DAGIN DENGAN SUMSEL.

    KITA URUSI DULU URUSAN KITA. URUSAN KITA BELUM SELESAI ANTARA RIAU DENGAN MINANG KABAW. BAGI KAMI ORANG MELAYU RIAU MINANGKABAW ITU LAHYANG BERASAL DARI MELAYU RIAU. BUKAN MINANGKABAW ASAL MELAYU RIAU
    KARENA NENEK MOYANG DATANG LEBIH DULU KERIAU BARU MASUK KE MINANG KABAW.
    JADI TIDAK BENAR MELAYU RIAU ITU MINANGKABAW. RAJA RAJA MELAYU RIAU KETURUNAN SULTAN JOHOR,SULTAN JOHOR KETURUNAN MALAKA, MALAKA KETURUNAN PALEMBANG, PALEMBANG KETURUNAN SERIWIJAYA, BEGITU SEMUA PUSAKA MELAYU MENULISKAN SEJARAHNYA. DAN SERIWIJAYA BERASAL DARI DAERAH ULUAN SUNGAI MUSI DAN SENTRAL PERADABAN DI GUNUNG DEMPO, SEBAGAI PEMEGANG PERADABAN BESAR MEGALIT TERBESAR DAN TEERLENGKAP DIDUNIA ITULAH ASAL SERIWIJAYA.

    mengapa hal beginian saja @putrasumsel tidak dapat memahami???? hahahahaha …
    JANGANLAH ANDA TERTAWA KARENA KARENA TAWA ANDA ITU MENUNJUKAN ANDA TIDAK ILMIAH DAN ANDA TIDAK MAMPU .
    APA YANG DILAKUKAN PUTRA SUMSEL ITU WAJAR. KARENA SERIWIJAYA ITU BERADA DISUMSEL. KETIKA ADA YANG MENGUSIKNYA WAJAR DIA MENYAMPAIKAN BUKTI UNTUK DIADU DENGAN PENDAPAT ANDA.
    ANDA SAJA AKAN MEMPERTAHANKAN JIKA ADA MENGKLAIM / MENGUSIK PAGARRUYUNG.ADITYAWARMAN ITU BUKAN ASLI ORANG SUMATERA AYAHNYA ORANG JAWA. ITU YANG SUDAH JELAS. SEDANG IBUNYA PUTRI DHARMASRAYA. SEDANGKAN DHARMASRAYA ITU ADALAH SERIWIJAYA YANG BERASIMILASI DENGAN JAMBI SEBAGAI BEKAS DAERAH TAKLUKKAN SERIWIJAYA. JADI MEMANG BUKAN ORANG MINANG ADITYAWARMAN ITU. DIA ADALAH JAWA MELAYU.
    Reply
    putra melayu riau | August 4, 2014 at 8:19 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    1 Swasti, sri. Sakawarsatita 604 ekadasi su-
    2 klapaksa wulan Waisakha Dapunta Hyang naik di
    3 samwau mangalap siddhayatra. Di saptami suklapaksa
    4 wulan Jyestha Dapunta Hyang marlapas dari Minanga
    5 tamwan mamawa yang wala dua laksa dangan kosa
    6 dua ratus cara di samwau, dangan jalan sariwu
    7 telu ratus sapulu dua wanyaknya, datang di Mukha Upang
    8 sukhacitta. Di pancami suklapaksa wulan Asada
    9 laghu mudita datang marwuat wanua …..
    10 Sriwijaya jayasiddhayatra subhiksa
    Terjemahan dalam bahasa Indonesia modern:
    1 Bahagia, sukses. Tahun Saka berlalu 604 hari kesebelas
    2 paroterang bulan Waisaka (23 april) Dapunta Hyang naik di
    3 perahu melakukan perjalana . Di hari ketujuh paroterang
    4 bulan Jesta(19 mei) Dapunta Hyang berlepas dari Minanga
    5 tambahan membawa balatentara dua laksa dengan perbekalan
    6 dua ratus koli di perahu, dengan berjalan seribu
    7 tiga ratus dua belas banyaknya, datang di Muka Upang
    8 sukacita. Di hari kelima paroterang bulan Asada(16 juni)
    9 lega gembira datang membuat wanua …..
    10 Perjalanan jaya Sriwijaya berlangsung sempurna
    a. DAPUNTA PERTAMA NAIK DIPERAHU ITU PARO TERANG BULAN WAISAK ( 23 APRIL) INILAH ASAL SERIWIJAYA, tempat dapunta magalap sidhayatra. BUKAN MINANGA TAMWAN KARENA jelas DIKATAKAN DAPUNTA MANGGALAP SIDHAYATRA.
    b. DAPUNTA BERLEPAS DARI MINANGATAMWAN DIHARI KETUJUH PAROTERANG BULAN JESTA (19 MEI) ARTINYA 26 hari setelah naik perahu melakukan sidhayatra baru bertolak/berlepas dari minangatamwan. Makajelas MINANGATAMWAN ITU BUKAN SERIWIJAYA/ ASAL SERIWIJAYA TAPI TAKLUKKAN SERIWIJAYA. karena jarak dapunta naik perhu sampai berlepas itu 26 hari, dari tgl 23 april baru berlepas dari minangatamwan tgl 19 mei. karena juga seriwijaya yang sidhayatra, bukan minangatamwan. jadi proses sidhayatra seriwijaya itu dimulai tgl 23 april- 19 mei-16 juni ( dari seriwijaya- minangatamwan- muka uphang ) 23 april dapunta melakukan sidhayata sebulan kemudian berlepas dari minangatamwan, sebulan kemudian datang dimuka uphang.
    c. datang dimuka upang dihari kelima paroterang bulan Asada ( 16 juni.) dari minanga dapunta menuju ulu musi membawa dualaksa pasukkan sesuai 20 hari kemudian mendatangi muka upang palembang satu minggu/ 5 hari sesuai, jadi 27 hari dari belepas dari minangatamwan baru datang dimuka uphang palembang. Karena dikatakan selepas dari minangatamwan itu tidak dikatakan dapunta menuju muka upang/ langsung menuju muka upang tapi dengan tegas dikatakan datang dimuka upang. Selepasdari minangtamwan itu dapunta keulu musi dari ulu musi pasukkan dua laksa itu mendatangi palembang selepas dari minangatamwan, Sebap palembang itu berada disekitar sungai musi diiliran sungai musi maka jelas dari ulu musi dapunta mendatangi muka uphang palembang. Minangatamwan itu adalah penghalang seriwijaya menuju muka upang untuk itu perlu ditaklukkan dulu baru menuju muka uphang palembang. dan kenyataannya memang begitu dan banyak para ahli yang mendukung dan menmbenarkannya.
    jadi jelas minangatamwan itu bukanlah tempat pertama dapunta naik perahu/ tempat melakukan sidhayatra. tempat dapunta melakukan/ magalap sidhayatra adalah seriwijaya, karena diakhir prasasti dikatakan sidhayatra seriwijaya jaya subhiksa.
    artinya seriwijaya yang melakukan sidhayatra bukan minangatamwn. bukan sidhayatra minangatamwan jaya subhiksa. Paktanya memang seriwijaya sudah ada sebelum peristiwa itu sebelum sidhayatra th 683M karena seriwijaya th 670 sudah ada.

    Jika seriwijaya itu adalah taklukan kerajaan minangatamwan maka seriwijaya tidak akan pernah ada yang ada hanya minangatamwan sebab taklukan itu akan jadi negara yang menaklukkan. Diseluruh dunia negara yang menaklukkan akan menjadikan taklukannya sebagai negaranya.
    Jika minangatamwan yang menaklukkan seriwijaya, maka yang ada kerajaan minangatamwan. Jelas seriwijaya yang berganti nama menjadi minangatamwan. Sebab seriwijaya sebelumsidhayatra dapunta 683M sudah ada sudah disebut dengan sebutan yang sama oleh itsing tahun 671M dengan tahun 683M.
    Paktanya minangtamwan, melayu, kedah, tulang bawang yang berubah jadi seriwijaya.
    Belanda menaklukkan indonesia memberi nama hindia belanda( netherland indie) bukan belanda yang berganti nama jadi indie. Turki menaklukan konstantinopel romawi berganti nama istanbul turki, bukan turki yang berganti nama jadi romawi.jepang/ nipon pernah menguasai indonesia/ hindia belanda mengganti nama hindia belanda dengan nipon raya. Indonesia yang jadi dai nipon bukan nipon yang berubah jadi indonesia. Indonesia menguasai timor timur, timour timur yang berganti nama timour-timur indonesia. Bukan indonesia yang jadi timor leste. Malaysia jadi jajahan inggris. Malaysia yang berganti nama menjadi nama inggris dan jadi wilayah inggris bukan inggris yang berubah berganti jadi malaysia. Begitu juga minangatamwan karena taklukkan seriwijaya menjadi seriwijaya. Melayu, kedah, tulang bawang, bangka belitung adalah taklukan seriwijaya maka wilayah itu menjadi seriwijaya bukan seriwijaya yang menjadi melayu,kedah, tulang bawang.
    Ketika jambi, riau, pernah jadi wilayah johor maka jambi dan riau jadi johor Bukan johor yang jadi jambi/ riau.
    Balas
    putra melayu riau mengatakan:
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Agustus 5, 2014 pukul 1:57 pm

    prasasti seriwijaya kedukan bukit palembang itu harus utuh dibaca dipahami dan telaah dari baris 1 sampai akhir. jangan langsung loncat ke baris 4 yang mengatakan marlepas dari minangatamwan. baca dan pahami dulu baris pertama kedua dan ketiga dst.

    baris pertama menegaskan salam pembukaan selamat sejahtera dan tahun saka tahun kejadian peristiwa. baris ke2 dan ke3 menegaskan dapunta naik perahu magalap sidhayatra/ melakukan perjalanan suci pada tgl 23 april. baru baris ke4 melepas/ bertolak/ berangkat/selepas dari minanga tamwan tgl 19 mei (setelah satu bulan melakukan sidhayatra) baris kelima menegaskan tambahan membawa pasukan dua laksa, arti tambahan jelas bukanlah inti.

    baris ke 6dan 7 menegaskan yang berjalan 1312 orang lewat jalan darat. artinya tidak mungkin dapunta itu lewat laut. karena tidak bisa berjalan lewat darat. jelas lewat sumsel itulah pasukkan dapunta datang di muka uphang palembang itu. karena hanya dari sumsel itulah bisa mendatangi palembang lewat sungai musi dan darat.

    baris ke7 dan 8 menegaskan datang dimuka uphang lega gembira/ sukacita/ bahagia sentosa. lega gembira pasukkan sebanyak itu hanya bisa terjadi jika tercapai tujuan.tercapainya tujuan seriwijaya itu ada dua. pertama berhasil menaklukkan/ menang dalam perang dan kedua berhasil sampai ke muka uphang.

    baris ke9 menegasskan datang membuat wanua. kata wanuwa ini bisa berarti pelabuanbenuwa/ pelabuhan besar/ bandar pelabuhan, atau istana baru dan besar, atau tempat ibadah yang besar, tapi yang jelas bukan membuat/pendirian kerajaan seriwijaya. karena seriwijaya sudah ada tahun670M ( sebelum sidhayatra 683 M ) baris terakhir menegaskan perjalanan suci/ sidhayatra seriwijaya berlangsung jaya/sukses sempurna ( lihat dan perhatikan baris kedua dan ke tiga). artinya seriwijaya yang melakukan sidhayatra bukan minangatamwan.
    Balas
    putra melayu riau mengatakan:
    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    Agustus 5, 2014 pukul 2:16 pm

    ADAPUN DUA LAKSA PASUKAN SERIWIJAYA ITU DUA LAKSA DALAM BAHASA SANSKERTA = 200.000. ARTINYA KOMUNITAS BESAR TENTARA SEBANYAK ITU. ARTINYA PERADABAN PENDUDUK PENDUKUNG SERIWIJAYA ITU BESAR SESUAI KOMUNITAS SUMSEL DAN BENGKULU. DENGAN SENTRAL PERADABAN GUNUNG DEMPO BERDASARKAN PERADABAN DISANA SESUAI SEBAGAI PEMILIK PERADABAN MEGALIT TERBESAR DAN TERLENGKAP DIDUNIA SESUAI ASAL SERIWIJAYA.
    Reply
    putra melayu riau | August 5, 2014 at 7:05 pm
    Your comment is awaiting moderation.

    anda minangel kemaren2 mengatakan dapuntanta dari minangkabaw kepalembang membawa pasukan dua laksa mengalahkan palembang dan mendirikan kerajaan seriwijaya.
    sekarang anda mengatakan kerajaan minangatamwan menaklukkan palembang menumpas bajaklaut. dipimpin oleh panglima kerajaan minangatamwan yang bernama datuk seribijayo/ datuk sibijayo atas perintah yang dipertuanyhang.

    ini kata andakan “Prasasti Kedukan Bukit adalah prasasti yang menceritakan tentang kisah perluasan wilayah Minanga Tamwan. Yaitu perluasan wilayah yang bermula dari kemenangan utusan Raja Minanga Tamwan yang dipimpin Datuk Cribijaya (Dt. Sibijayo, Panglima Perang Minanga Tamwan) melawan Bajak Laut yang bnyak meresahkan masyarakat di sekitar Sungai Palembang (Sungai Musi) sekarang.” gak ada itu keterangannya itu murni karangngan dan hayalan anda

    tapi anda juga mengatakan sbb” prasasti kedukan bukit membuka informasi mengenai siapa daputa Hyang ini. Pada baris keempat dari prasasti ini disebutkan bahwa Dapunta Hyang berangkat dari daerah yang bernama Minanga Tamvan.” kepalembang. masih ingatkan tulisan kamu ini ini saya kopi di boobudur warisan minangel yang anda dibantai orang sumsel itukan.

    kok sekarang anda bilang cuman mengutus panglimanya yang bernama datuk sibijayo yang datang kepalembang.

    kalau kamuini ujian sekripsi pake argumen kayak gitu 1000% gak lulus kamu
    sedangkan argumen saya diatas desertasi saja bisa dapat nilai A plus
    BISA DIPERTANGGUNGJAWABKAN DARI ANTI DESERTASI/ ANTI TESIS.
    KALAU ARGUMEN ANDA ITU BISA GAK LULUS ORANG.

    gak ada keterangan sejarah kerajaan seriwijaya datuk sibijayo panglima minangatamwan itu.

    MINANGKABAW= MEMANG KERBAW.

    • Mulut anda putra melayu riau sma kayak binatang, kalo lurusin sejarah silakan tapi kalo ngomong jorok apa beda dengan binatang

    • Kalau anda menyebutya MELAYU tentu sangat beda dengan MInang. Tapi jika menyebutnya MALAYU berati Minang. Mari kita pahami ME da Ma ini dulu. Melayu dengan Malayu sekarang beda makna. Melayu identik dengan dialek melayu malaysia, muslim dan sawo matang dengan alat musik baru seperti accordion, gitar, biola dll dan memilik warna kultur merah kuning hijau. Etnisnya bermukim di malaysia,kep riau dan sebagian kalimantan. Tapi yg sering kita dengar Melayu itu ras sawo matang yg berada dinusantara termasuk negara2 tetangga. Sedangkan MALAYU identik dengan kerajaan tua Minangkabau dan MALAYU itu sendiri sub suku dari dua suku besar diminang yaitu koto piliang dan bodi caniago. Bahasa, budaya sama dengan minang karna Malayu itu bagian dari minang.identik muslim dan banyak alat musik tua di minang/malayu tidak terdapat di melayu/malaysia/riau kepulauan. Malayu ini bermukim di sumatera barat, jambi,bengkulu,kuantan,kampar, rokan,siak (Riau) negeri sembilan dan bebrpa negeri lainnya.khas warna kultur merah kuning hitam. Dari Sejarah kerajaan tua di sumatera awal masehi (5-7) tidak ada nama kerajaan MELAYU yg ada kerajaan MALAYU di sungaibatang hari jambi dan minangkabau (baca Malayu-dhamasraya-pagaruyung sumatera barat). diperkirakan bangsa dari kerajaan Malayu tua (Malayu-dhamasraya-pagaruyung) stelah jatuhnya atau dimasa kerajaan MALAYU itu berlangsung, orang malayu menyebar ke seluruh sumatera,malaka (malaysia) dan nusantara dengan tradisi merantaunya. Sampai akhir jayanya krajaan malaka maka fonem kata MALAYU telah berubah menjadi MELAYU dikarenakan dialek yg ada di malaka pada masa itu. Apalagi setelah portugis merebut malaka di tahun 1511 telah memetakan daerahnya dengan sebutan MELAYU. istilah MELAYU populer sampai sekarang. Jadilah orang melayu dengan budaya yg berbeda dengan MALAYU aslinya yg berbudaya minang. Memakai istilah kata MELAYU untuk menghubungkan dari mana mereka berasal, kurang pas. Tapi jika menggunakan kata MALAYU maka terdapatlah sebagai berikut: Prof.Dr.Husain Naimar, guru besar antropologi Universitas Madras mengatakan kata melayu berasal dari bahasa Tamil. MALAI berarti gunung, MALAIUR adalah suatu suku bangsa pegunungan dan sebutan malaiur fonetis menjadi MALAYU lalu MELAYU. Penduduk sebelah pesisir selatan pegunungan Dekkan adalah orang MALABAR,orang minangkabau menyebutnya malabari. Malayalam adalah bahasa yang dipergunakan oleh suku bangsa dravida yang mendiami pegunungan. Di minangkabau menurut penelitian Prof.Husein Naimar banyak terdapat kata-kata tamil dan sanskerta hal ini membuktikan adanya hubungan sejarah antara Minangkabau dan Malabar. kitab Nagarakretagama 1365 M pada masa singosari menceritakan tentang ekspedisi PAMALAYU ke sumatera. bukan PEMELAYU. Jadi istilah MELAYU muncul belakangan. “Ketika angin timur laut mulai bertiup, kami berlayar meninggalkan Kanton menuju selatan …. Setelah lebih kurang dua puluh hari berlayar, kami sampai di negeri Sriwijaya. Di sana saya berdiam selama enam bulan untuk belajar Sabdawidya. Sri Baginda sangat baik kepada saya. Beliau menolong mengirimkan saya ke negeri MALAYU, di mana saya singgah selama dua bulan.. (Pendeta cina dinasti tang, i tsing 634-713) kitab Hindu Purana pada zaman Gautama Buddha terdapat istilah Malaya dvipa yang bermaksud tanah yang dikelilingi air. Semoga bisa memahami apa dan darimana asal kata MELAYU tersebut dan apa kaitannya dengan Minang. bukti yg lainnya bisa anda cari sendiri

      Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/akbarisation/minang-itu-melayu-tapi-melayu-bukanlah-minang_5518cc1281331158709de0f9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s