Pandangan Orang Batak Terhadap Kerajaan Pagaruyung

minangel-bataksay

Sekilas tentang Kerajaan Pagaruyung

Kerajaan Pagaruyung adalah sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri, meliputi provinsi Sumatera Barat sekarang dan daerah-daerah di sekitarnya. Nama kerajaan ini dirujuk dari Tambo yang ada pada masyarakat Minangkabau, yaitu nama sebuah nagari yang bernama Pagaruyung dan juga dapat dirujuk dari inskripsi cap mohor Sultan Tangkal Alam Bagagar dari Pagaruyung yaitu pada tulisan beraksara Jawi dalam lingkaran bagian dalam yang berbunyi sebagai berikut: Sultan Tangkal Alam Bagagar ibnu Sultan Khalīfatullāh yang mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Dārul Qarār Johan Berdaulat Zillullāh fīl ‘Ālam. Kerajaan ini runtuh pada masa Perang Padri, setelah ditandatanganinya perjanjian antara Kaum Adat dengan pihak Belanda yang menjadikan kawasan Kerajaan Pagaruyung berada dalam pengawasan Belanda.

Sebelumnya kerajaan ini tergabung dalam Malayapura, sebuah kerajaan yang pada Prasasti Amoghapasa disebutkan dipimpin oleh Adityawarman, yang mengukuhkan dirinya sebagai penguasa Bhumi Malayu di Suwarnabhumi. Termasuk pula di dalam Malayapura adalah kerajaan Dharmasraya dan beberapa kerajaan atau daerah taklukan Adityawarman lainnya.

Penamaan Sumatera Barat

Siapa sih yang nggak kenal dengan Sumatera Barat pada zaman ini? Tapi beberapa abad yang lalu tidak ada yang mengenal apa itu Sumbar, mereka hanya mengenal Pagaruyuang atau Minangkabau.

Saya terfikir untuk menulis di bagian ini mengapa namanya harus Sumbar? Ternyata  nama Sumbar itu dipakai penduduk yang mendiami wilayah tersebut mulai pada zaman pendudukan penjajahan Belanda dengan nama Pantai Barat Sumatera. dengan ibukota pemukiman Kota Padang.

Pandangan Orang Batak, Terhadap Kerajaan Pagaruyuang.

Kembali ke topik pembahasan, Batak adalah suatu suku atau kaum yang mendiami Sumatera Utara sekarang. Meskipun daerah yang didiami oleh Orang Batak pada zaman Kerajaan Pagaruyuang bukan merupakan wilayah dari kekuasaannya tapi Orang Batak, yang hidup terpencil sekalipun, sangat hormat terhadap Raja  Pagaruyuang, seperti yang tertulis dalam buku Anthony Reid.

Orang Batajk meski berjiwa bebas, tetapi memiliki rasa hormat yang tinggi dan kepatuhan yang membabi buta kepada Raja-Raja Minangkabau, sanak keluarga dan para utusannya. Mereka percaya hidup mereka tidak akan selamat, padi mereka akan terserang hama, kerbau mereka akan mati, dan mereka akan selalu termakan kutukan, jika perasaan Utusan-utusan suci tersinggung“.

Apakah yang dimaksud dengan Utusan Suci tersebut?

Maksudnya adalah Raja Minangkabau diyakini oleh sebahagian besar penduduk sebagai salah satu utusan atau keturunan dari tiga ahli waris dunia, yaitu keturunan Iskandar Zulkarnaen.

Sumber, http://geschidenis01.blogspot.com/2013/03/pandangan-orang-batak-terhadap-kerajaan.html  – 12 Pebruari 2014.

logominangelMinangel – artikel di atas mengemukakan pendapat saudara-saudara kita dari suku Batak pada beberapa abad yang lalu yang direkam oleh orang asing yang bernama Anthony Reid, pendapat mana mengemukakan bahwa orang-orang Batak memberikan takzim yang tinggi kepada Raja-Raja Pagaruyung.

Pendapat mereka ini, dari sudut pandang orang Minangkabau (diharapkan) merupakan pancaran dari keagungan dan kebajikan dari Raja-Raja Pagaruyung tersebut. Hal ini dapat dipastikan karena berasal dari perangai orang-orang Minangkabau khususnya para Rajanya yang baik dan berbudi pekerti yang baik.

Apa yang direkam oleh Anthony Reid ( http://id.wikipedia.org/wiki/Anthony_Reid ) yang berupa pujian ini, sebenarnya konsisten (senada) dengan ungkapan / tulisan dari berbagai pihak, seperti yang terkandung di dalam beberapa artikel di blog Minangel ini:

https://minangel.wordpress.com/2014/01/01/kecemburuan-saya-pada-orang-minangkabau/

https://minangel.wordpress.com/2013/12/23/minangkabau-dalam-pandangan-raffles/

https://minangel.wordpress.com/2013/01/04/pengakuan-atas-minangel/

Teks di atas betul-betul membangkitkan kebanggaan sebagai orang Minangel, mengingat pernyataan di atas dibuat oleh orang non-minangel – yang berarti mempunyai nilai objektivitasnya. Syukur alhamdulillah.

Mudah-mudahan seluruh orang Minangel dapat mempertahankan reputasi unggul seperti yang dipaparkan di atas, dan juga yang terpenting dapat membuktikan reputasi tersebut dengan karya nyata untuk seluruh bangsa Indonesia yang permai ini. Amin.

Dan kepada saudara kita orang Batak yang telah membuat peryataan di atas ini, kami ucapkan terima kasih.

3 thoughts on “Pandangan Orang Batak Terhadap Kerajaan Pagaruyung

  1. – – – – – – – – DELETED BY ADMIN – – – – – – – –

    nb. kata2 kasar yg tidak mendasar sama sekali.

    mohon maaf atas deletion ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s