Hubungan Sakral Antara Minangkabau Dengan Jambi

Minangkabaudanjambi

Pedang Bernama Siasat

Sejarah orang Minangkabau di daerah Merangin tak terlepas dari peran tokoh Cindua Mato. Daerah Merangin dari dulu merupakan perebutan tiga kekuatan besar, ini disebabkan aset kekayaan alam yang melimpah berupa bahan tambang terutama Emas. Dalam sejarahnya daerah Merangin pernah diklaim Sriwijaya sebagai wilayahnya. Daerah ini juga merupakan daerah perantauan orang Minangkabau dan Kerinci, setelah Jambi ditata kembali oleh Putri Pinang Masak maka daerah ini menjadi wilayah kesultanan Jambi. Kini kita lihat bagaimana peran orang Minang dalam mempertahankan wilayahnya.

  1. Minangkabau mengaku saudara dengan Kerinci. Sebagian orang Kerinci berasal dari Serampas-Sungai Tenang, otomatis Merangin Barat adalah sekutu Minangkabau.
  2. Orang Minangkabau memasuki wilayah Tabir Hulu, menempatkan adat Penghulu dan ninik-mamak dengan menegakkan suku Jambak, Sikumbang, Caniago dan Malayu. Otomatis Huluan Tabir Barat menjadi daerah sekutu Minangkabau.
  3. Menurunkan Putri Salero Pinang Masak ke hilir Sungai Batanghari dan memecah wilayah Sriwijaya menjadi kesultanan lain yakni Melayu Jambi yang merupakan anak keturunan Pagaruyung. Wilayah Jambi dijadikan daerah berdaulat sendiri yang berpihak kepada Minangkabau.
  4. Membuat perantauan Kerinci hingga ke hilir Merangin dan Tabir sebagai benteng terhadap serangan Sriwijaya.

Ini adalah strategi klasik yang canggih sehingga dalam perjalanan sejarah Minangkabau memang tak pernah terancam oleh Sriwijaya. Saat Melayu dicoba untuk ditaklukan Majapahit, siasat yang paling jitu adalah mengirim Dara Petak dan Dara Jingga ke Majapahit untuk mencegah perang. Dua wanita ini menurunkan Raden Kalagemet (Raja Majapahit kedua) dan Adji Mantrolot (Adityawarman alias Arya Damar) yang keduanya menjadi penguasa di Jawa dan Melayu. Kemenangan ini sama sekali tanpa perang… atau pedang.

Sumber, http://masuraisakti-masuraisakti.blogspot.com/2010/02/pedang-bernama-siasat.html

-o0o-

copy-logominangel.jpgMinangel – dari uraian artikel di atas, kita dapat mengambil satu hal yang penting untuk kita sadari mengenai keberadaan Jambi dan atau Merangin ini.

Pertama, di wilayah Merangin terdapat TIGA kekuasaan yang saling berebut pengaruh yaitu kekuasaan Kerajaan Pagaruyung, kemudian kekuasaan Kerajaan Melayu Jambi, dan kemudian kekuasaan Kerajaan Sriwijaya.

Mengenai Kerajaan Melayu Jambi, di artikel ini sendiri disebut sebagai “anak keturunan” Pagaruyung. Dari kenyataan ini kita dapat berkata bahwa Kerajaan Melayu, khususnya di dalam hal ini Kerajaan Melayu Jambi merupakan Kerajaan ‘ber-plat’ Minangkabau karena berleluhur ke Pagaruyung.

Kemudian, mengenai Kerajaan Sriwijaya. Menurut apa yang tertulis pada prasasti Kedukan Bukit, Dapunta Hyang yang merupakan Raja Kerajaan Sriwijaya datang dan berasal dari Minangkabau, hal ini ditegaskan pada baris keempat pada prasasti Kedukan Bukit. Dari kenyataan ini pula akhirnya kita dapat berkata bahwa Kerajaan Sriwijaya juga merupakan Kerajaan ‘ber-plat’ Minangkabau.

Kesimpulannya, praktis kala itu di Jambi terdapat TIGA KERAJAAN yang saling bersaing berebut pengaruh di Jambi, namun TIGA KERAJAAN tersebut sama-sama berurat-berakar pada KE-MINANGKABAU-AN, yaitu Kerajaan Pagaruyung sendiri, kemudian Kerajaan Melayu Jambi dan terakhir Kerajaan Sriwijaya.

Hal lain yang juga penting untuk ditelaah adalah, bahwa Kerajaan atau orang-orang Minangkabau mempunyai kesaktiannya sendiri untuk membendung kekuasaan Sriwijaya, sehingga Sriwijaya yang kuat kala itu tidak dapat menguasai darek Minangkabau, dan juga telah berhasil membebaskan Jambi dari aneksasi Sriwijaya.

Selamanyalah, bahwa darek Minangkabau atau yang biasa disebut Kerajaan Pagaruyung tidak pernah takluk kepada Sriwijaya, walau pun Sriwijaya tersebut merupakan Kerajaan ber-plat Minangkabau jua.

30 thoughts on “Hubungan Sakral Antara Minangkabau Dengan Jambi

  1. Kamu asal ngarang aja minang kabaw itu luluh lantah oleh seriwijaya pada saat seriwijaya menyerang dan menguasai barus. Sebelum barus minang kabaw dulu yang dihancur leburkan seriwijaya sebagai batu loncatan 0seriwijaya untuk menyerang dan menguasai serilangka

    Minangel ~ ada bukti kuat?? atau anda asal bicara?

    • Tidak asal ngomong itu ada bukti sejarahnya dan tercatat dlm prasasti kedukan bukti bahwa pendiri kerajaan sriwijaya berasal dar minanga kamwa ( minang kabau) tdk pernah dlm sejarah tercatat sriwijaya meluluhlantakkan minang kabau..dan di wilayah minang kabau (sumbar , riau, jambi) inilah pusat kerajaan melayu dipinggir sungai batang hari dan seluruh naskah kerajaan melayu baik yg di indonesia, malaysia, brunei merujuk berketurunan dr wilayah minang ini bung..silahkan kamu ke brunei minta bacakan tambo atau riwayat kerjaan brunei, begitu juga dg kesultanan bima, ternate dan tidore
      Jd tdk mengada2dan ekspedisi singosari yg terkenal dg ekspedisi pamalayu dan anda bisa melihat arcah amongshapasa yg dihadiahkan raja singosari utk kerajaan melayu dharmasraya di museum nasional jakarta

  2. Mustahil seriwijaya sampai keseri langka dan barus kalau tidak melalui minang kabaw prasastinya ada dibarus minangkabaw dulu itu masuk wilayah kerajan melayu jsmbi dan masuk wilayah barus. Kedua kerajaan itu dihancurkan seriwijaya. Otomatis tanah minangkabaw itu jajahan seriwijaya bodoh. Dasar otak kerbaw. Mana ada kerajaan minangkabaw dan pagarruyung zaman seriwijaya. Miang kabaw ya melayu jambi itulah bodoh

    Minangel harap anda baca lagi artikel ini dg baik.

  3. Mengenai Kerajaan Melayu Jambi, di copas : artikel ini sendiri disebut sebagai “anak keturunan” Pagaruyung. Dari kenyataan ini kita dapat berkata bahwa Kerajaan Melayu, khususnya di dalam hal ini Kerajaan Melayu Jambi merupakan Kerajaan ‘ber-plat’ Minangkabau karena berleluhur ke Pagaruyung.

    komentar :
    menurut usman meng dalam bukunya yang berjudul ikhtisar sejarah sepucuk jambi sembilan lurah disebutkan bahwa kerajaan Malayu Jambi sudah ada pada abad ke 5 masehi, hal ini dibuktikan dari penemuan2 arca2 dan artefak2 lain seperti guci di sekitar muara Sabak (zabaq) dan sepanjang tepian sungai batanghari yang diperkirakan berasal dari abad ke lima masehi.

    kerajaan Malayu Jambi pernah ditaklukan oleh sriwijaya pada abad ke 7 M……..

    abad ke 12-13 kerajaan sriwijaya mengalami kemunduran, dan kerajaan malayu jambi mulai melepaskan diri dari kerajaan Sriwijaya dengan melakukan perpindahan ke hulu sungai batang hari

    abad ke 13 berdiri kerajaan Dharmasraya ( Malayupura ) oleh Adityawarman di hulu batanghari sebagai kelanjutan dari kerajaan Malayu Jambi, selain itu mereka juga berpindah ke kuala banda lakun yang sekarang kita kenal dengan nama Alam Surambi Sungai Pagu.

    Abad ke 14 M, lokasi ibukota kerajaan Malayupura berpindah ke surawasa, dalam abad yang sama Malayupura diserang oleh Majapahit sehingga ibukota malayupura kembali dipindah ke pedalaman yang sekarang dikenal dengan nama batu Sangkar. setelah perpindahan ibukota ini ini terjadi perpecahan dalam anggota kerajaan Malayupura shg sebagian anggota kerajaan kembali ke tanah asal di muara batanghari, rombongan tersebut dipimpin oleh puti selaro pinang masak. mereka berhenti di tanah pilih. puti selaro pinang masak di Islamkan oleh Sayid ahmad kamil al-Jailani ( datuk Paduko Berhalo ) dan menikahi puti selaro pinang masak, anak keturunannya.

    abad ke 15 M, perpecahan kerajaan Malayupura berkembang menjadi kerajaan Islam. Kerajaan Malayupura yang di batu sangkar menjadi kesultanan Pagaruyung Darulqarar dengan sultan pertama bernama Sultan Maharaja Alif ( anak keturunan dari Ananggawarman ). sedangkan yang kembali ke Jambi menjdi Kesultanan Jambi dengan Sultan pertama Rangkayo Hitam ( anak dari puti selaro pinang masak ).

    kesimpulan : 1. kerajaan Malayupura di dharmasraya merupakan kelanjutan dari kerajaan Malayu Jambi.
    2. Kesultanan Pagaruyung Darulqarar berdiri hampir bersamaan dengan Kesultanan Jambi
    3. tak ada satupun prasasti peninggalan kerajaan Malayupura ( baik yang ditemukan di padang roco, batu basurek di batu sangkar) maupun dalam kitab uu tanjung tanah yang menyebutkan istilah Minangkabau.
    4. Istilah Minangkabau hanya diceritakan dalam hikayat raja2 pasai dan Minangkabwa yang ditulis dalam kitab negarakertagama ( yang menyebut bahwa minangkabwa merupakan negara bawahan Majapahit)

    Minangel –

    terima kasih atas postingan anda.

    terlepas dari benar salah atas isi kandungan postingan anda ini, toh tidak ada satu huruf pun yg dapat mengurangi MARWAH keberadaan pagaruyung maupun minangkabau secara kese;uruhan.

    kita harus ingat, b hahwa kala itu, HAMPIR tidak dapat dibedakan mana yg minang, mana yg jambi, mana yg bengkulu, mana yg riau, karena pada masa itu anak2 manusia masih menyatu jiwa dan fikiran, belum dikenal suku a atau suku b dst.

    pun dalam hal teritori. daerah jambi kala itu misalnya, tidak bisa diartikan sbg milik suku jambi sekarang. begitu juga sebaliknya, daerah minang sekarang, tidak bisa diartikan kala itu milik suku minang … begitu juga dg daerah lainnya dg suku2 yg mendiaminya.

    hanya skg saja, setiap daerah MAU TIDAK MAU identik dg suku mana yg mendiaminya.

    jadi kala itu, dapat dikatakan bhw semua anak manusia masih satu keatuan, belum terpecah mjd idnetitas dan sentimen suku2 spt skg ini …

    kesimpulannya, bisa jadi TOKOH A kala itu merupakan orang minang, sekaligus orang jambi, sekaligus orang bengkulu, dst.

    itulah sebabnya saya katakan, postingan anda sangat bermanfaat buat kita semua, tapi toh TIDAK MENGURANGI MARWAH PAGARUYUNG SAMA SEKALI.

    terima kasih.

    • Admin menyatakan bahwa kala “itu”hampir tidak dapat dibedakan mana suku a atau suku b. Adalah hal yang mustahil, bahkan landasan adat minangkabau mengenal dua keselarasan (klan utama) yakni Koto Piliang dan Bodi Chaniago, saya tidak tahu kapan adanya istilah Suku Minang? Padahal minangkabau adalah nama suatu wilayah adat bukan nama suku, di wilayah adat Minangkabau sendiri dihuni oleh berbagai macam suku seperti: Suku Malayu (yang kebaanyakan bermukim di Alam Surambi Sungai Pagu dan Indrapura mereka jelas mengakui nenek moyang mereka dari Jambi dan Palembng), Suku Sikumbang, Suku Dalimo, Suku Guci dll. Mereka semua pendatang yang menghuni Alam Minangkabau. Sedangkan Sebagian Suku Anak Dalam dan talang mamak malah yg tersebar di Jambi dan Riau malah mengaku berasal dari Gunung Marapi Pariangan Padang Panjang (yang kemudian hari berdiri Kerajaan Pagaruyung disana pendirinya malah dari Malayu Jambi)

      Minangel,
      justru dari penjelasan sdr ini yg terdiri dari empat point makin menunjukkan bhw SUKU itu mempunyai potensi utk membingungkan, bukan? di satu aspek SUKU terambil dari nama yg mula2 mendiami suatu tempat – spt suku quraiys. pada aspek lain nama SUKU terambil dari tempat kediaman suku tsb – spt suku kerinci …. dan akhirnya, pada aspek lainnya lagi nama SUKU terambil dari kesamaan fisik dan budaya. jadi mana yg benar???

      hanya karena nama minang tidak ada dalam sejarah, bukan berarti masalah kesukuan minangkabau tidak memiliki signifikansi.

      dan satu hal lagi, saya baru dengar di sini bhw org2 di padang mengaku keturunan palembang ….. mgk suatu saat saya bisa kroscek kepada ybs di padang, indreapura dll ….. bgm?????

      dan pada akhirnya, ketika sdr katakan “yang kemudian hari berdiri Kerajaan Pagaruyung disana pendirinya malah dari Malayu Jambi”.

      ….. maka itu harus mendapat penekanan lagi di blogsite minangel ini, yaitu bhw malayu jambi itu sebenasrnya adl SUKU MINANG JUGA ….. , krn spt yg saya ajukan pada saat mula, bhw kala itu tidak dapat dibedakan mana suku a, b, c, dst ….. karena kala itu anak2 manusia masih menyatu …..

      bukan begitu?

    • Admin menyatakan bahwa di “kala itu” belum ada istilah suku a dan suku b, bahwa kala itu anak manusia sudah jadi satu kesatuan. Bisa saja wilayah Jambi bukan suku Jambi yang menghuni. Tanggapan
      1. Anda belum bisa membedakan antara wilayah adat/suku/kerajaan dan suku itu sendiri. Teritori/wilayah suatu kerajaan atau suku bisa berubah sesuai dengan perkembangan politik dan pemerintahan saat itu. Sedangkan Suku, itu sudah melekat sejak manusia itu lahir, misalnya si A bersuku batak Karo, kenapa disebut dia orang Karo sebab di lihat dari Silsilah kedua orang tuanya, bahasanya, adat istiadatnya dll menunjukkan ia orang karo tidak dapat tidak.
      2. Bahwa istilah suku sudah ada sejak berabad-abad silam kenapa demikian?
      Saya tidak mengerti kenapa sekarang baru muncul istilah yang namanya Suku Minang, padahal Minangkabau sendiri adalab nama untuk suatu wilayah adat yang dihuni oleh berbagaisuku pula: dalam adat minangkabau mengenal dua klan utama yakni Koto Piliang dan Bodhi Caniago. Selain itu terdapat pula suku Lain yakni Suku Malayu (yang kebanyakan berada di Alam Surambi Sungai Pagu, Indrapura, Padang dll. Mereka jelas mengakui asal usulnya dari Jambi dan Palembang lihat Tambo Sungai Pagu). Ada pula suku Dalimo, Sikumbang, Guci, Tanjung, Mandailing dll mereka semua adalah suku-suku yang menghuni Alam Minangkabau. Lalu kenapa mereka disebut Suku Minang??
      Di Jambi dan Riau misalnya ada Suku Anak dalam dan Talang Mamak yang menyatakan bahwa mereka berasal dari Pariangan Padang Panjang (yang kemudian hari berdiri Kerajaan Paguruyung oleh orang2 Malayu Jambi disana). Hemat saya, merekalah penduduk asli yang mula2 mendiami pariangan padang panjang daerah disekitat Marapi yang kemudian menyebar dan melarikan diri di hutan2akibat invasi dari Malayu Jambi, Sriwijaya, Majapahit.
      3. Jadi Istilah “Suku” itu sudah dikenal oleh umat Manusia sejak mula2 ada peradaban, Suku Quraisy, Dua Belas Suku Bangsa Israel, Suku Caniago, Suku Aceh, Gayo dll. Walaupun mereka pada tingkat tertentu punya kesamaan budaya dan kemiripan bahasa.

      Minangel,
      justru dari penjelasan sdr ini yg terdiri dari empat point makin menunjukkan bhw SUKU itu mempunyai potensi utk membingungkan, bukan? di satu aspek SUKU terambil dari nama yg mula2 mendiami suatu tempat – spt suku quraiys. pada aspek lain nama SUKU terambil dari tempat kediaman suku tsb – spt suku kerinci …. dan akhirnya, pada aspek lainnya lagi nama SUKU terambil dari kesamaan fisik dan budaya. jadi mana yg benar???

      hanya karena nama minang tidak ada dalam sejarah, bukan berarti masalah kesukuan minangkabau tidak memiliki signifikansi.

      dan satu hal lagi, saya baru dengar di sini bhw org2 di padang mengaku keturunan palembang ….. mgk suatu saat saya bisa kroscek kepada ybs di padang, indreapura dll ….. bgm?????

      dan pada akhirnya, ketika sdr katakan “yang kemudian hari berdiri Kerajaan Pagaruyung disana pendirinya malah dari Malayu Jambi”.

      ….. maka itu harus mendapat penekanan lagi di blogsite minangel ini, yaitu bhw malayu jambi itu sebenasrnya adl SUKU MINANG JUGA ….. , krn spt yg saya ajukan pada saat mula, bhw kala itu tidak dapat dibedakan mana suku a, b, c, dst ….. karena kala itu anak2 manusia masih menyatu …..

      bukan begitu?

    • Admin menyatakan bahwa di “kala itu” belum ada istilah suku a atau suku b dst….

      Tanggapan.

      1. Mengenai Definisi suku bisa admin lihat sendiri dalam buku2 sosiologi atau antropolgi tetapi intinya suku itu adalah pengelompokkan terhadap manusia berdasarkan ciri tertentu. Ada pengelompokkan suatu suku berdasarkan silsilah dan hubungan pertalian darah Misalnya Suku Quraisy, mereka dinamai Suku Quraisy karena nenek moyang mereka yang pertama kali tempat mereka tinggal bernama Quraisy. Ada pula yang berdasarkan kesamaan budaya, bahasa, adat istiadat, tatanan hidup, misalnya Suku Kerinci, dinamai demikian karena nenek moyang mereka mulanya menghuni Dataran Tinggi Kerinci sehingga mereka disebut sebagai Suku Kerinci oleh ilmuwan. walaupun dalam tatanan sosial mereka juga mengelompokkan diri berdasarkan silsilah, pertalian darah yang mereka namai dengan Kelebu (Marga, Klan).

      2. Istilah Suku sudah di kenal sejak ribuan tahun lalu, bahkan dari suku2 tertentu pula lahirnya suatu Kerajaan besar, sebut saja Suku Mongol, Suku Tartar yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Usmaniah di Turki, Kerajaan Mughal di India, begitu pula di Nusantara Ini, Majapahit dibentuk oleh orang2 Djawadwipa (Yang kemudian hari disebut sebagai Orang Djawa) contohnya

      3. Saya kurang mengerti kapan istilah Suku Minang mulai Muncul? padahal Minangkabau adalah suatu wilayah adat yang di huni oleh berbagai Suku, Klan. dalam tatanan adat Minangkabau mengenal dua keselarasan utama (klan utama) yakni Bodhi Caniago dan Koto Piliang (dalam tambo dikatakan mereka berasal dari Tanah Besar yang berlayar Ke Pulau Perca). Selain itu ada pula suku-suku lain seperti Suku Dalimo, Guci, Sikumbang, Malayu ( Suku Malayu mayoritas menghuni Alam Surambi Sungai Pagu, Indrapura dan Pesisir Barat Sumbar. dalam Tambo Sungai Pagu menyebut mereka berasal Dari Jambi dan Palembang, Orang Malayu Pula yang membangun Kerajaan Malayupura di Dharmasraya serta Kerajaan Pagaruyung bersama-sama dengan orang Bodi Chaniago maupun Koto Piliang)

      3. Di Jambi dan Riau justru ada Suku Anak Dalam dan Talang Mamak yang mengaku berasal dari Pariangan Padang Panjang (kemudian hari berdiri Kerajaan Pagaruyung disana). Hemat saya mereka adalah suku asli yang menghuni sekitar gunung merapi yang terusir akibat invansi orang2 Malayu dari Selatan serta orang2 dari Koto Piliang dan Bodi Chaniago.

      Minangel,
      justru dari penjelasan sdr ini yg terdiri dari empat point makin menunjukkan bhw SUKU itu mempunyai potensi utk membingungkan, bukan? di satu aspek SUKU terambil dari nama yg mula2 mendiami suatu tempat – spt suku quraiys. pada aspek lain nama SUKU terambil dari tempat kediaman suku tsb – spt suku kerinci …. dan akhirnya, pada aspek lainnya lagi nama SUKU terambil dari kesamaan fisik dan budaya. jadi mana yg benar???

      hanya karena nama minang tidak ada dalam sejarah, bukan berarti masalah kesukuan minangkabau tidak memiliki signifikasni.

      dan satu hal lagi, saya baru dengar di sini bhw org2 di padang mengaku keturunan palembang ….. mgk suatu saat saya bisa kroscek kepada ybs di padang, indreapura dll ….. bgm?????

      dan pada akhirnya, ketika sdr katakan “yang kemudian hari berdiri Kerajaan Pagaruyung disana pendirinya malah dari Malayu Jambi”.

      ….. maka itu harus mendapat penekanan lagi di blogsite minangel ini, yaitu bhw malayu jambi itu sebenasrnya adl SUKU MINANG JUGA ….. , krn spt yg saya ajukan pada saat mula, bhw kala itu tidak dapat dibedakan mana suku a, b, c, dst ….. karena kala itu anak2 manusia masih menyatu …..

      bukan begitu?

    • Bagus sekali penguraiannya . Saya juga setuju dengan pendapat anda . Saya sepama 2 tahun ini sedang mencari relasi antara Pagaruyung dengan daerah sekitar dan mengapa suku pedalaman sumatera seperti Suku Anak Dalam , Sakai , Batin banyak yang mengaku sebagai keturunan pagaruyung . Dan nampaknya pagaruyung di anggap suci oleh orang-orang melayu zaman dulu . Saya membaca Buku Sejarah Melayu atau yang terkenal dengan nama Malay Annals karangan Tun Seri Lanang . Di situ di ceritakan kalau Sang Sapurba ( Nenek Moyang semua Raja Melayu ) turun dari langit di bukit siguntang dan berkawan atau bersekutu dengan Demang Lebar Daun untuk membuat kerajaan yg besar . Demang Lebar Daun mengatakan bahwa keturunanya selama lamanya akan taat setia kepada keturunan Sang Sapurba . Sang Sapurba sendiri punya 3 anak dalam Malay Annals ini . Anak pertama bernama Sang Nila Utama menjadi raja di Temasik , Anak lainya menjadi raja di Tanjung Pura dan Palembang sendiri . Namun yang menarik dalam “Sulalatussalatin atau The Malay Annals ” di sebutkan bahwa Sang Sapurba Pergi ke Minangkabau dan berhasil membunuh ular besar yang jahar dengan kerisnya dan ia di minta menjadi Yang Di Pertuan di Minangkabau . Namun karena penulisan buku Malay Annals ini lebih berfokus pada Melayu Johor maka titik berat cerita selanjutnya terletak pada keturunan Sang Nila Utama dan seterusnya hingga Raja Malaysia sekarang . Namun bagaimana cerita Pemerintahan Sang Sapurba sendiri di Minangkabau . Sang Sapurba sendiri menjadi “Kaisar” Minangkabau pertama ( menurut Malay Annals ) dan memiliki Hak Istimewa karena Ia merupakan bapak dari Raja2 Melayu lain . Dari Sang Sapurba ( Di sebut dalam Tambo Minangkabau sebagai Iskandar Zulkarnaen ) memulai pemerintahan Pagaruyung hingga kini . Itu mengapa seolah2 sepertinya Antara Raja-raja Melayu seperti Malaysia , Jambi , Kerinci , Pagaruyung terdapat hubungan satu sama lain

    • Minangel, isi dari pernyataan mambang rajo bisa diterima akal sehat konfrehensif dan jelas.. Meskipun masih banyak yg bisa di gali lg cukup membuAt anda kalah telak..,, sejarah itu sifat fleksibel butuh kajian lama tidak bisa lgsung mengklaim memvonis kerajaan jambi berplat minang kebau, minang keturunan yahudi, borobudur minang yg membuat.., apakah ada ditemukan candi diminAng selain di darmasraya yg notabene kelanjutan dr kerajaan melayu jambi..? dalam psikologi anda bersifa superior, apapun yg super itu diklaim org minang yg punya…., fanatisme pada suku dapat membuat kita berpikir di luar akal sehat????

      Minangel,
      ::: maaf, saya kalah telak thd @mambangrajo pada pasal yg mana???? tolong tunjukkan di sini.

      ::: kerajaan jambi ber-plat minangkabau >>> kalau sdr membantahnya, bisa tunjukkan ke sini dalil dan buktinya?? kalau sekedar klaim, maka saya pun juga berhak sekedar klaim,. bukan??

      ::: minang kebau minang keturunan yahudi >>> itu adl artikel yg saya kopas dr tempat lain, saya tidak merasa BERPIHAK kepada artikel tsb, saya hanya menayangkannya di blogsite saya ini.

      ::: borobudur minang yg membuat >>> kalau sdr keberatan dg kandungan artikel mengenai siapa yg membangun borobudur, maka seharusnya sdr memberikan argumentasinya, bhw borobudur nya bukan dibangun oleh suku minangel. apakah sdr bisa melakukannya??

      ::: dalam psikologi anda bersifa superior apapun yg super itu di klaim org minang yg punya.,, fanatisme pada suku dapat membuat kita berpikir di luar akal sehat >>> bukankah saya mengklaim hal tsb KARENA MEMANG ADA DASAR DAN DALIL nya??? coba sdr lihat tokoh2 nkri, kebanyakan memang berasal dari Minangel, bukan? raja2 di nkri, dan raja2 di asia tenggara banyak yg berasal dari minangel, bukan???

      bgm sdr bisa membantah hal tsb???

      justru saya membuat blogsite ini DIKARENAKAN ADA DASAR ARGUMENTASI utk menyatakan keunggulan dan superioritas suku Minangel.

      terima kasih, dan harap dicermati dg baik.

  4. padang tu terkenal laki lakinya takut sm wanita pdhl mayoritas islam
    satu satu nya orang paling pemberani di padang udah jd batu
    padang terkenal bedagang bukan beperang
    satu lagi fakta sejarah raja ngak pernah takut sm ratu , mungkin kah km keturunan penakut kayak anda minangel.

    • kalo soal keberanian mungkin bisa elu liat dari budaya rantaunya yang tercatat mulai abad 14…ke mindano filipina mendirikan kesultanan sulu, ke malaysia membentuk koloni salahsatunya negeri sembilan yang berperan besar membentuk negara malaysia, ke singapura yang salah satu tokohnya menjadi presiden dan pencipta lagu nasional yang bisa buat bangga orang melayu, ke brunei yang rajanya sekarang memiliki pertalian darah keturunan dengan orang melayu minang, ke bagian timur indonesia yang sebagian besar ulama dan pedagangnya berperan besar mengislamkan wilayah di timur indonesia (sulawesi, kalimantan dan nusatenggara), itu baru jauh-jauh diluar sumatera coba elu telusuri sejarah, sejarah riau dan minang, aceh dan minang, sejarah jambi dan minang, sejarah sumut dan minang, sejarah lampung dan minang pasti ada keterkaitan dalam sejarah. Bukti fakta setidaknya ada sekitar 75 kerajaan/kesultanan yang bertalian sejarah asal usulnya dengan minang, di indonesia kalo berdasarkan destinasi pahlawan nasional terbanyak ada di 3 suku yaitu: Jawa, Minang dan Sunda, kalo elu lihat sejarah asal-usul silat kemana para pendekar dunia persilatan merujuknya mengenai sumber asal-usulnya pertama kali, maling kundang mah aib bagi orang minang bentuk perangai takut istri yang sebenarnya sehingga berani mendurhakai seorang ibu. bisa jadi ente keturunan si maling kundang kali saking bangganya sama maling kundang.

  5. kalo masalah kebaranian jangan diragukan sumatra arah selatan sampai sekarang msih terkenal..silat pendekar berani mati tu sumatra bagian selatan dan .mana ada sriwijaya asal pagaruyung tentunya orang minang tolong jangan bersikap etnosntrisme egoisme merasa hebat…anda kan ingin berbaur ingin merasa suku kita paling hebat sekarang coba kamu jelaskan besar mana melayu sama orang minang….pengembara cina cuma menemukan orang moe-loe-yoe hanya itu peradaban yang ditemukan tidak ada minang lihat it-shing…saya perhatikan orang minang selalu mengklaim budaya nya di atas budaya lain kita ini sama,,,nanti akibat nya besar…mulut itu bisa menghancurkan kita…

    Minangel,
    dalam kata mo lo yeu terdapat berbagai suku2 melayu skg ini ….

    bukti bhw sriwijaya berasal dari minang itu ada tertulis pada prasasti kedukan bukti baris keempat. tidak bisa disangkal lagi.

    jangan membenturkan antara melayu-deli, melayu-aceh, melayu-jambi dsb, krn kesemua itu adl melayu juga. yg kita bahas di sini adl hubungan sejarah antara jambi dan minangkabau yg saling mengisi.

    terima kasih.

  6. yang punya situs minangel jangan merasa suku minang tu paling hebat…jambi sampe ke selatan nadak diragukan kberanian pendekar berani mati…..

    Minangel,
    kalo masalah keberanian, semua suku juga beranni. makasar bugis juga berani, ambon juga berani, suku bima juga berani …. suku sunda dan jawa juga berani, apalagi suku batak dan madura ….

    tapi di sini adl masalah asal usul ….. ribuan tahun yg lalu ….. bukan masalah keberanian. faham??

    • Saya cuma mengingatkan anda….,jangan memicu perselisihan…orang minang mayoritas perantauan akibat nila setitik rusak susu sebelanga…seharus nya anda membela minang bukan berarti menyinggung..,.seolah2 orang minang yang paling hebat menjadi raja dari suku laen tulisan anda membuat pandangan terhadap suku minang negatif padahal tidak semua orang minang begitu.,.,,komentar saya ini ditujukan untuk semua tulisan anda skali lagi saya himbau untuk tidak memecah belah dan memancing emosi suku manapun.,,

      Minangel,
      kenapa jadi emosi begini??

      kalo sdr berkata bhw seolah orang minang yang paling hebat menjadi raja dari suku laen, MAKA BUKANKAH ITU ADL FAKTA SEJARAH??? saya tdk pernah mengingkari sejarah. bgm dg sdr??

      saya org minang, dan apakah saya / kami sbg org minang tidak diperkenankan utk mengingat2 fakta sejarah mengenai suku kami sendiri??? dan apakah kami tidak diperkenankan BANGGA dengan sejarah suku kami sendiri??

      kalo sdr merasa tersinggung dg fakta sejarah minang pada masa lalu, maka itu adl masalah sdr sendiri, bukan masalah kami. apakah demi sdr sbg org non-minang tidak tersinggung, maka kami JADI TERLARANG UTK MENULIS2 fakta sejarah kaum kami??

      apakah sdr ingin mengingkari sejarah?? masalah sdr hanya di seputar isu tsb. renungkan.

      terima kasih.

  7. Saya hanya mengingatkan dan menghimbau anda….silakan anda tulis tidak ada yang melarang….tetapi tulisan anda bisa menimbulkan perpecahan…..anda termasuk orang fasik orang melampaui batas memuja-muji suku anda diluar batas,,,orang fasik itu akan mengalami kejatuhan terima kasih kembali…

    Minangel,
    saya tidk melebihi fakta. itu saja. kalo sdr tidak suka fakta, yahh silahkan …. tp jangan suruh saya / kami utk menolak fakta ….

    terima kasih.

    • Saya mengenal orang minang yang dalam sosiologi bersikap etnosentrisme,,,,,pada umumnya tapi tidak semuanya, apa lg minang jambi sudah tidak lg bahasa minang….saya lihat skrg ada perantau baru asal minang di jambi mereka menggunakan bahasa minang mungkin karna baru merantau…jadi tujuan saya hanya mengajak anda minangel sejati..agar menjaga kerukunan minang jambi perantauan…..sebenarnya saya hanya menghabiskan energi berkomentar tapi karna kepedulian saya,,,,!kata2 FAKTA dan KENYATAAN sering saya temukan dari tulisan anda dalam sejarah fakta itu belum otentik dan konkrit..karena kebanyakan Khayalan presepsi atau ilusi imaginasi yang butuh bukti yang lebih otentik lg…,,jika anda ingin lebih tau silakan turun kelapangan ambil data empiris,….ketimbang kita mrangkum dari tulisan ahli terima kasih.,,

      Minangel,
      kebalikannya, kalo sdr mempunyai FAKTA DAN KENYATAAN mengenai jambi yg LEBIH OTENTIK yg dpt membantah klaim / muatan dari artikel ini, kenapa tdk sdr share di sini??? bukankah itu lbh baik???

      saya fleksibel kok. saya tergantung bukti fakta dan kenyataan saja …… jadi kalo sdr tidk bisa menunjukkan bukti/ fakta / kenyataan yg mendukung argumen sdr, lbh baik sdr tdk usah berkeberatan thd artikle ini.

      terima kasih.

  8. emang susah ngadepin orang yg nggak punya rasa malu kek orang minang ini….. jadi sampah orang minang kalo sejarah dibuka dalam forum nasional dihadiri semua suku se indonesia, cara penjabaran suku minang kek artikel di atas…..

    Minangel,
    brrrrrrrrrrrrrrr ………. pispispispisssss ….

    • lo yg tolol apa yg bs lo bnggain.. jngn lo pakek kta minag klw komt anjing… cmn stu orng lo pukul rta orng minang smua.. #pulau emas lo anjiiirrr

  9. Silakan anda datang kejambi anda bisa lihat orang penghulu yaitu orang perantau yang sudah menjadi desa yang menggunakan dialek minang trmasuk mnurut bbrapa ahli suku kubu adalah keturunan minang yang menetap dijambi kalau saya tunjukan bukti anda the minangel sejati pasti membantah saya tunjukan bukti atau tidak sama saja karna fanatik anda kepada suku minang..,,suku minang merupakan suku perantau generasi orang minang yang merantau saat skrang ini 300 thun kemudian akan menjadi kelompok minang yg melebur mnjadi org daerah jmbi sekelompok org minang, singkat cerita anda terima atau tidak pernyataan org jmbi, orang minang itu adalah bahagian dari dari jambi termasuk budaya suku nya?jawab singkat terima atau tidak? Kalo anda jawab terima slsai sudah pmbahasan kita saudara the minangel sjati,termasuk suku melayu di minang adalah keturunan melayu jambi..,koto kaciak yg ada diminang merupakan induk dari bhsa melayu pengucapan dialek minang ketek dan kenek jarang menggunakan kata kaciak.,,basa brarti besak. Gde gdi bhsa jwa. Gadang bhsa minang….anda sering sekali mengatakan FAKTA DAN KENYATAAN dalam sejarah itu ada asumsi ilusinasi imaginasi dan khayalan pengembangan dari sebuah bukti kecil yang dikembangkan yg masih kebenarannya ug blum terungkap karna sedikitnya bukti arsip kemerdekaan kita bnyak yg tidak tersimpan apa lg arsip purbakala yg sudah menjadi artefak perlu terjemahan kata bahsa kuno yg menggunakan kode untuk membaca bahasa kuno kadang salah pemahaman jadi tidak semudah itu mencari fakta sejarah butuh waktu puluhan tahun rtusan thun mungkin sejarah firaun mesir smpai skrg msh di teliti,,,, suku di minang adalah suku melayu silakan anda tanyakan kepada orang minang yang tinggal diminang,,,,trimakasih the minangel sejati mhon maaf atas kslhan kta2

    Minangel – tidak ada relevansi nya utk saya bahas. sedihnya, sdrf tidak menunjukkan bukti atau apa pun utk menyanggah kandungan artikel ini.

    terima kasih.

    • Bukti nya ada dilapangan silakan anda datang ke jambi masyarakat jambi ini adalah kota paling aman di dunia paling tolerans bahkan masyarakat minang yg jumlah nya sedikit masih mendapatkan tempat di hati rakyat jambi..tak peduli org minang atau tidak,,,, krna memang masyarakat jbi begitu wataknya akhirnya ada yg jadi bmerang dan ada jga yg mnjaga amanah:..klo ada yg tidak nyaman djambi brarti dia ada yg salah dgn org itu, anda sering mengatakan bahwa jambi adalah kerajaan berpelat minang kebau.sedikit saja saya komentari bahwa kerajaan darmasraya itu merupakan kelanjutan dari kerajaan melayu jambi kerajaan pagaruyung merupakan kelanjutan dari kerajaan darmasraya siapa induknya brarti melayu jambi namun ini pun masih bisa dikaji,,,jadi penyataan anda seolah2 memastikan bahwa kerajaan jambi berpelat minang kebau yg berarti jambi ini tanah minang kebau..,betul tidaknya pernyataan saya silakan anda renungi lah…analisa secara akal sehat dan jernih karna fanatisme agama fanatisme budaya suku dan etnik itu melahirkan pemikiran yg di luar akal sehat…secara ilmu psikologi merasa anda lah yg paling superior,orang minang keturunan israel borobudur karya orang minang,,,hal yang dianggap super dan hebat diklaim sebagai org minang…akhirnya nanti bisa merusak kejiwaan anda!apa anda terima dgn segala akulturasi budaya bukti yg samar atau yg jelas bahwa saya klaim bahwa minang kabau adalah bahagian dari jambi atau berpelat jambi?

      Minangel,
      sdr Geni, spt nya netter atasnama @dwipa di atas, kloning dr sdr sendiri yaaa? terasa point nya sama, hanya beda redaksi saja.

      ::::::::::::::::::::::::::::::::

      ::: maaf, saya kalah telak thd @mambangrajo pada pasal yg mana???? tolong tunjukkan di sini.

      ::: kerajaan jambi ber-plat minangkabau >>> kalau sdr membantahnya, bisa tunjukkan ke sini dalil dan buktinya?? kalau sekedar klaim, maka saya pun juga berhak sekedar klaim,. bukan??

      ::: minang kebau minang keturunan yahudi >>> itu adl artikel yg saya kopas dr tempat lain, saya tidak merasa BERPIHAK kepada artikel tsb, saya hanya menayangkannya di blogsite saya ini.

      ::: borobudur minang yg membuat >>> kalau sdr keberatan dg kandungan artikel mengenai siapa yg membangun borobudur, maka seharusnya sdr memberikan argumentasinya, bhw borobudur nya bukan dibangun oleh suku minangel. apakah sdr bisa melakukannya??

      ::: dalam psikologi anda bersifa superior apapun yg super itu di klaim org minang yg punya.,, fanatisme pada suku dapat membuat kita berpikir di luar akal sehat >>> bukankah saya mengklaim hal tsb KARENA MEMANG ADA DASAR DAN DALIL nya??? coba sdr lihat tokoh2 nkri, kebanyakan memang berasal dari Minangel, bukan? raja2 di nkri, dan raja2 di asia tenggara banyak yg berasal dari minangel, bukan???

      bgm sdr bisa membantah hal tsb???

      justru saya membuat blogsite ini DIKARENAKAN ADA DASAR ARGUMENTASI utk menyatakan keunggulan dan superioritas suku Minangel.

      terima kasih, dan harap dicermati dg baik.

  10. Kalah analisa atau bukti atau kalah kecerdasan saudara memaksa mencari pembenaran sedangkan mambang rajo mencari kebenaran…jelaskan bagaimana menurut sdra atas urutan kerajaan melayu jambi menjadi malayapura darmasraya, dan darmasraya menjadi pagaruyung? Kemudian mudah sekali untuk mematahkan saudara mengklaim. Borobudur karya orang minang kebau ada berapa banyak candi di minang?, apa karya seni yg menonjol dr minang pertama rumah gadang karya paling spektakuler orang minang tenun kain pandai skek ,lalu masakan nya? anda bedakan dengan karya seni masyarakat jawa yg pandai dalam mengukir batu?karya seni yg paling tinggi banyak di temukan di daerah jawa …pertanyaan adakah candi candi yg megah di minang kebau?kalo tidak ada beratti jelas ini adalah khayalan ilusinasi dr saudara…

    Minangel,
    dibilangin berkali2 gak mudhenx!!! buat apa diladenin ….!!!!

  11. Mengenai bantahan jambi berpelat minang kabau bukankah sudah dibantah oleh mambang rajo…coba anda baca uraian saya dengan urutan kerajaan Awal kerajaaan darmasraya adalah melayu jambi awal dari krajaan pagaruyung adalah darmasraya maka jelas sumber pertama pagaruyung adalah kerajaan yg ada di hulu sungai btang hri?berawal dari melayu jambi atau begini saja minang merupakan bagian dari jambi apakah setuju dgn bukti sya?

    Minangel,
    dibilangin berkali2 gak mudhenx!!! buat apa diladenin ….!!!!

    • saya sependapat dg anda, buktinya peninggalan peradaban terbesar di sumatera ada di jambi, yaitu komplek candi muara jambi, komplek candi terluas di asia tenggara, saya yakin bahwa budaya melayu awalnya berkembang di muaro jambi, beberapa ahli mengatakan kerajaan melayu jambi sudah berdiri pada abad ke 3 M, terbukti usia candi muara jambi lebih tua daripada candi di darmasaraya, di mana candi darmasaraya didirikan abad 12, dari krunut waktunya adanya migrasi fari royal fammily dari hilir batanghari ke hulu batanghari(darmasaraya), kemunkin waktu itu muara jambi di serang okeh kerajaa dari luar, kmunkinan oleh colamandala atau kerajaan dari jawa. dan menurut saya bahasa/dialeg orang darmasaraya lebih mirip dialeg melayu jambi dibandingkan orang minang buikit atau pesisir, kalaupun ada yg berdialeg minang di darmasaraya itu hanyalah para pedagang minang perantau dari bukit/pesisir. di sumatera barat memang tidak ada candi selain di darmasaraya, padahal daerah minanfkabau yg bergunung itu menghasilkan batu gunung seperti batu yg membina borobudur dan prambanan di jawa, tapi kenyatan orang minang tidak memiliki kepandaian memahat batu seperti halnya orang jawa. klw mengukir kayu saya akui, terbukti relief rumah gadang,,,minang ahli ukir kayu, jawa ahli batu,,,jauh bangat ya orang minang mengklim borobudur buatan orang minang, kemaren di blog lokalgenius orang malaysia ngaku borobudur yang bikin orang semenanjubg malaysia, mungkin orang malaysia keturunang minang juga yang ngaku ngaku,,,bikin melu orang minang saja. setiap bangsa ada jatuh bangunnya, dulu diawal kemerdekaan banyak pejabat negara luar jawa dari suku minang, sekarang ekstensi suku batak yg lebih menonjol dari minang, dulu melayu jambi(melayu tua) mendirikan darmasara (melayu muda) kemudian darmasaraya mendirikan pagaruyung kemudian dari pagaruyung mendirikan kesultanan jambi,,,ternyata sejarah berputur2 di situ situ saja ya,,,keturunan raja di seluruh dunia ini tidak ada yg beras murni suatu suku, zaman dulu pernikahan politik dikalangan royal fammily adalah wajib,,,jadi jangan se enaknya bahwa kerajaan ini berplat minang, bahwa raja ini keturunan mibang, bukan hanya darah minang saja yg ada ditubuhnya,,banyak suku lainya. suku di minangpun banyak yang berasal dari luar ranah minang, seperti suku melayu, suku jambak berasal dari pelarian suku melayu champa dari daratan vietnam selatan,,,pantas harimau champa/champo yang merupakan simbol kerajaan dan kesultanan champa populer di sumatera barat,,,itu sudah menngindikasikan bahwa kita adalah campuran yg membentuk akultrasi dan asimilasi,,,jika si admin mengatan orang minang hebat, karena pendiri negara ini banyak dari ranah minang, artinya orang melayu dan royal fammiky dari muara jambi (K. melayu tua)yang bermigrasi ke darmasaraya mendirikan kerajaan darmasara (melayu muda) juga hebat karena menurunkan raja dan bangsawaan minang, dan para raja/sultan, bangsawaan inilah yg menurunkan orang seperti m.hatta, sutan syahri, agus salim dsb. orang champa dari vietnam selatan juga hebat karena menurunkan pendekar silat harimau minang, menurukan bangsawan aceh, menurunkan bangswan kelantan, menurunkan para wali di tanah jawa, menurunkan keturan raja jawa melalui putri champa yg kuburan masih ada di torowulan dsb

      Minangel,
      masih ngambang, broy ….

      pun sudah saya tegaskan sejak awal, bhw persukuan di sumatra kala itu masih belum mengkristal. jadi, bisa saja suku jambi menurunkan suku minang, dan sebaliknya. atau bisa jadi, kala itu, suku minang BELUM FIXED berdiam di jambi, shg pindah ke sumbar. masih banyak kemungkinan …

      padahal daerah minanfkabau yg bergunung itu menghasilkan batu gunung seperti batu yg membina borobudur dan prambanan di jawa, tapi kenyatan orang minang tidak memiliki kepandaian memahat batu seperti halnya orang jawa. klw mengukir kayu saya akui, terbukti relief rumah gadang,,,minang ahli ukir kayu, jawa ahli batu,,,jauh bangat ya orang minang mengklim borobudur buatan orang minang

      itu tidak masalah, krn bisa jadi orang minang lah yg memerintahkan para seniman utk memahat batu utk membangun borobudur …. mengapa itu dipersoalkan??

      intinya, sudah ada bukti bhw terdapat relief di borobuidur berupa image rumahgadang. itu membuktikan bhw borobudur dibangun oleh suku MK. begitu juga, ada prasasati kedukan bukit yg menyatakan bhw dapunta hyang pendiri kerajaan sriwijaya berasal dari MINANGA. kuat dugaan bhw MINANGA itu adl MK.

      sekarang ekstensi suku batak yg lebih menonjol dari minang

      tidak demikian, broy. menonjolnya orang batak bukan karena faktor tertentu spt halnya suku MK, melainkan dikarenakan SUKU BATAK MEMPUNYAI ETHOS KERJA yg lumayan tinggi. jadi pendongkrak suku batak adalah faktor ethos kerja.

      jika si admin mengatan orang minang hebat, karena pendiri negara ini banyak dari ranah minang, artinya orang melayu dan royal fammiky dari muara jambi (K. melayu tua)yang bermigrasi ke darmasaraya mendirikan kerajaan darmasara (melayu muda) juga hebat karena menurunkan raja dan bangsawaan minang,

      tapi faktanya, mana??? sejarah hanya memperlihatkan kehebatan pada suku Mk. lain tidak. cmiiw.

      terima kasih.

  12. alhamdulilah m hatta, sutan syahrir, agus salim dll keturunan royal melayu jambi yg bermigrasi ke damasaraya dan anak2 royal melayu jambi keturanannya jadi orang hebat di NKRI…..

    Minangel,
    wudih ngaku-ngaku ….

    intinya, melayu jambi itu adl keturunan suku Mk, hanya saja kemudian suku MK kemudian lebih memilih utk stay di sumbar sekarang.

    terima kasih.

  13. Ada 3 tujuan orang minang membuat tambo minsngkabaw. 1menutupi sejarah gelap sumatra barat minangkabaw. 2, menghubung hubungkan kebesaran sejarah dengan minang kabaw. 3, membuka lembaran sejarah baru yang gemilang untuk orang minang. Tambo itu bukanlah pakta sejarah. Tambo minang kabaw itu adalah dongeng sejarah, ceita dongeng yang dibungkus dengan sejarah.

    Seolah olah tambo minangkabaw sejarah padahal bukan. Orang minang dalam menulis sejarah selalu menyelipkan tambo minangkabaw. Mereka awalnya menulis sejarah memasukan pendapat ilmuan dan data sejarah lainnya, kemudian mereka selipkan tambo minang kabaw, sehingga seolah olah tambo minang itu adalah pakta sejarah padahal dongeng sejarah. Bahkan terkesan pakta sejarah harus sesuai dengan tambo minangkabaw. Yang jadi kesimpulan sejarah tambo minangkabaw. Seolah olah tambo minangkabau itulah yang benar. Yang lain salah semua sekalipun itu pakta sejarah. Dalam tambo minangkabaw sumatra barat jambi riau adalah minangkabaw. Paktanya bukan jambi adalahmelayu jambi riau adalah melayu bahkan sebenarnya sumatra barat itu juga melayu. Tapi tambo menegaskan semua minangkabaw. Sumatra barat jambi riau adalah minangkabaw. Bahkan melayu seolah olah hanya milik orang minang, bicara melayuartinya minangkabaw. Padahal paktanya melayu bukan hanya minang bicara sejarah kerajaan melayu , pakta sejarahnya adalah jambi, dengan wilayah kekuasaan meliputi jambi riau sumatra barat pesisir timur sumut.itu pakta sejarah, keterangan itsing mengatakan melayu terletak antara sriwijaya dan kedah.
    bicara oranng melayu bukan hanya orang minangkabaw. Tidak bisa melayu diklam hanya miluk orang minangkabaw. Dalam sejarah pakta sejarah adtya warman adalah campuran jawa dan melayu. Jangan lupa adityawarman itu orang jawa . Kerajaan melayu dharmasraya ituadalah kelanjutan dari sriwijaya yang ada dipalembang. Yang didirikan oleh orang orang sriwijaya dan jambi, bukan minangkabaw. Minang kabaw adalah kelanjutan dharmasraya bukan awal darmasraya. Itu adalah pakta sejarah. Gelar raja raja melayu darmasraya termasuk aditya warman adalah srimat merujuk kepada orang tamil cola india selatan, mauli merujuk pada mauliyu melayu warmadewa/ warman gelar raja raja sriwijaya berdasrkan pakta sejarah inilah kalau melayu darmasraya adalah perpaduan bangsa tamil melayu jambi sriwojaya palembang.dalam tambo minangkabaw itu tidak diungkap. Sedangkan adityawarman adalah keturunan jawa melayu. Kerajaan pagaruyung yang didirikan aditya warman itu artinya ada darah jawanya juga artinya kerajaan jawa juga.tapi dalam tambo minang itu tidak diungkap sebab jika diungkap akan membuka sisi gelap sejarah minangkabaw. Dalam tambo minangkabaw. Adityawarman adalah orang minangkabaw tulen . Aditya warman dalam tambo minangkabaw disebut minangkabaw majapahit tanpa menyebutjawa. Hal ini kelihatannya sepele sama saja padahal ini adalah prinsip tidak sama pengertiannya aditya warman dari majapahit dan aditya warman dari jawa. Sedikit saja bermain kata walauu kelihatan sama bisa bermakna bagaikan langit dan bumi. Itulah kecerdikan orang minang dalam menulis tambo minangkabaw.

    Minangel,
    saya / minangel tidak pernah bawa2 tambo ke sini.

    terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s